Trik Untuk Mengusai Kelas

Dalam PPL (Praktek Pelatihan Lapangan)untuk calon guru harus mampu menguasai kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Trik untuk mengusai kelas yang saya peroleh dari pengalaman yaitu:
  1. Anda sebagai pengajar harus dapat mengusai materi ajar, agar dapat menyampaikan materitanpa canggung.
  2. Penampilan anda harus meyakinkan bahwa anda adalah seorang pengajar atau guru. Pemilihan pakaian juga harus dilihat, apakah memberi efek pada siswa atau tidak?. Kemudian pakailah farfum yang fresh, dan usahakan wajah anda selalu bersemangat atau ceria.
  3. Suara anda sebisa mungkin harus jelas kedengaran dan lafal ejaan huruf juga harus pas. Jadiusahakan latihan vokal sebelum anda mengajar.
  4. Gunakanlah kalimat-kalimat moitvasi pada siswa atau tindakan verbal dan non verbal.
  5. Usahakan dalam mengajar di selingi dengan cerita menarik baik dari pengalaman pribadimaupun orang lain, tentunya cerita yang ada manfaatnya.
  6. Sebisa mungkin apa yang anda ucapkan atau anda uraikan ada referensi yang jelas, sehingga saat ditanya siswa akan membuat siswa terkagum-kagum.
  7. Gunakan istilah-istilah yang terkenal tapi dengan syarat anda mengerti dengan istilah-istilahtersebut.
  8. Berdoalah sebelum anda mengajar. Fungsinya sebagai kekuatan spiritual anda dalammenghadapi kondisi yang tak disangka-sangka.
Sementara hanya ini trik yang saya peroleh saat saya PPL. Belajarlah dari pengalaman baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Analisalah keadaan sekitarmu maka kamu mendapat ilmu di sebaliknya. jadi, teruslah semangat untuk maju dan hargailah apa yang sudah kamu dapat.

Reactions:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment