Potensi Bisnis Rumah Kontrak dan Rumah Kost Di Pontianak


Dari tahun ke tahun penduduk kota Pontianak semakin bertambah. Baik dari kelahiran, urbanisasi, maupun dari pendatang dari luar Provinsi Kalimantan Barat (Migrasi). Untuk penduduk yang datang dari daerah dan dari luar pulau memiliki alasan masing-masing untuk menetap di Kota Pontianak ini. Seperti Anton, seorang mahasiswa asal Sintang. “ Aku ke Pontianak karena kuliah”. Ungkap Anton. Selain Anton, banyak lagi mahasiswa lain dari luar daerah yang mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.
Beda lagi dengan Indra, penjual Martabak asal Indramayu ini mengatakan bahwa ia datang ke Pontianak untuk mencoba peruntungan dengan menjadi penjual martabak. Penduduk lokal yang berasal dari kabupaten-kabupaten juga menambah jumlah penduduk Kota Pontianak. Bertambahnya Jumlah penduduk Kota Pontianak secara besar-besaran yaitu pada saat pembukaan pendaftaran mahasiswa baru (SMPMB/SMPTN) oleh perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di Pontianak. Masa itu berlangsung dari bulan Mei Sampai bulan Agustus setiap tahunnya. Calon mahasiswa dan mahasiswa baru akan serempak datang ke Pontianak sesuai jadwal yang ditentukan. Mereka akan berebutan mencari tempat tinggal yang berdekatan dengan kampus-kampus mereka. Baik tempat tinggal berupa rumah Kos ataupun rumah Kontrakan.
Pak Aji, pemilik beberapa rumah kost di Sepakat 2 Jl. A. Yani mengatakan bahwa pada sebulan sebelum mahasiswa baru masuk kuliah, banyak mahasiswa yang mencari rumah kost dan rumah kontrakan. “Saya memberikan harga rata-rata Rp. 2.000.000/kamar, itu belum masuk uang air dan listrik dalam setiap bulannya dan juga tergantung fasilitas yang diberikan atau fasilitas yang dibawa penghuni”. Ungkap bapak tiga anak ini. Untuk pembayaran kamar kost tidak semua dibayar langsung sekaligus satu tahun tetapi ada juga kost yang dibayar perbulan. Tidak hanya mahasiswa baru yang mencari kost, mahasiswa yang sudah lama juga mencari kost baru dengan alasan mencari suasana baru atau mencari kost/ kontrakan yang sesuai uang sakunya saat itu. Saat kost yang baru sudah dirasakan nyaman untuk ditinggali, biasanya penghuni betah tinggal bertahun-tahun. “ Saya sudah beberapa kali pindah kost dan ini yang terakhir dan sudah tiga tahun saya tinggal di kamar ini.” Ungkap Anton, mahasiswa semester sepuluh ini sambil menunjukkan kamarnya.
Tidak hanya mahasiswa, orang-orang yang sedang atau sudah bekerja tetapi tidak mempunyai rumah juga mencari kost atau rumah kontrakan. “ Lebih enak sih tinggal di rumah kost dari pada rumah kontrakan, karena di kost banyak teman jadi sepulang kerja bisa ngumpul bareng teman-teman kost”. Ucap Ririn, karyawati di salah satu perusahaan di Pontianak.
Untuk anda yang ingin menginvestasikan modal anda di bidang properti ini, bulan ini adalah waktu yang tepat untuk promosi. Usahakan rumah yang akan dikontrakkan atau rumah yang dikostkan sebaiknya dekat dengan lokasi Perguruan tinggi atau instansi pendidikan. Rumah itu juga sebaiknya dipermak sedemikian rupa agar kelihatan menarik dan disarankan memberikan potongan atau jaminan sebagai penarik perhatian. Tips lain juga bantu penghuni baru untuk mendaftar sebagai penghuni baru di wilayah RT tempat usaha properti anda.
Posting Komentar
close