Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Membuat Artikel

Sabtu, 11 Mei 2013 | 16:15 WIB Last Updated 2014-05-22T17:13:34Z
Artikel merupakan hasil pemikiran atau konsep dan analisis data yang dituangkan kedalam tulisan yang memiliki topik dan tema tertentu.

Syarat Utama menulis sebuah Artikel
Mempunyai tema yang jelas 
Tulisan yang akan dibuat harus mempunyai tema sebagai batasan khusus atau fokus dari tulisan yang anda akan mulai.

Mempunyai masalah khusus
Setiap tulisan harus mempunyai tujuan dan konsep yang mudah dimengerti, salah satunya menentukan masalah yang bisa didapat dari tema atau topik tulisan, cukup permasalahan yang mudah anda bahas dan kuasai cukup 1 permasalahan saja.

Mempunyai data dan referensi
Data dan referensi sangat penting dalam membuat suatu tulisan atau artikel agar tulisan anda cukup berisi dan bermanfaat bagi orang lain, dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Data atau referensi membantu anda memperpanjang tulisan dan memudahkan anda dalam menulis. Data atau referensi dapat berbentuk sari pustaka (buku), majalah, koran, makalah, wawancara, observasi, atau penelitian, sesuai dengan yang kita butuhkan. Juga didukung dengan fakta-fakta pendukung gagasan-gagasan kita. 

Menggunakan bahasa yang komunikatif dan menarik
Gunakan bahasa sehari-hari anda dalam menulis, kemudian baru mengeditnya dengan bahasa santai Indonesia yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari.

Menghadirkan visual yang menarik.
Visual dapat berupa gambar atau video. Biasanya artikel hanya disertai gambar atau sebuah foto yang dapat mempresentatifkan (Mewakili atau Mendukung Tulisan) suatu tulisan. Foto yang baik adalah foto yang berbicara atau sebuah karikatur.

Membuat Kronologis Tulisan
Kronologis atau kerangka tulisan standar sebagai berikut:
Pendahuluan, Isi atau pembahasan dan Penutup





×
Artikel Terbaru Update