INFORMASI Dan TIPS SNMPTN


Kuliah memang sangat asyik bagi telah tahu seluk beluk dunia mahasiswa. Namun untuk masuk ke perguruan Tinggi seperti Universitas Tanjungpura merupakan hal yang sulit. Namun bisa diatasi dengan tips berikut:
  1. Mencari informasi Seputar Tes SNMPTN
  2. Bertanya Kepada Mahasiswa yang sudah terdaftar (Calon Senior), paling tidak teman yang sudah menjadi mahasiswa
  3. Pilihlah jurusan atau Prodi yang mempunyai ruang lebih atau kuota penerimaan paling banyak dan juga peminatnya kurang.
  4. Bentuk kelompok diskusi yang terdiri dari Mahasiswa dan Calon mahasiswa itu sendiri, bahaslah tentang SNMPTN.
  5. Carilah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Perguruan Tinggi yang akan dimasuki. Saran,carilah UKM Pers Mahasiswa (Lembaga Pers Mahasiswa).
  6. Carilah Kelompok Mahasiswa yang Siap membantu. Biasanya mahasiswa membuat suatu badan untuk membatu calon mahasiswa yang mendaftar dan berada di sekitar tempat pendaftaran misalnya Aliansi Mahasiswa Peduli SNMPTN.
  7. Saat Tes usahakan lihat waktu dan saat menentukan pilihan (option) jawaban, cari pilihan yang salah dulu, sehingga mudah menganalisisnya.
  8. Selalu Berdoa dan harus mantapkan keyakinan.
  9. Persiapkan peralatan dan selalu cek kembali peralatan seperti, kartu ujian, alat tulis dll, saat akan berangkat menuju tempat tes.
  10. Jangan terlalu banyak pertimbangan dalam menganilis jawaban dari tes, karena waktu cukup singkat. Calon mahasiswa banyak yang gagal karena kehabisan waktu.

Untuk info lebih lanjut tentang SNMPTN silahkan KLIK DISINI dan untuk mendaftar SNMPTN secara online AKSES INI
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan bahwa seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTN dan jika diterima di PTN akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal.

Info SBMPTN Universitas Tanjungpura
(Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013)

“Pendaftaran dilakukan secara online mulai 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB,”

Jadwal SBMPTN 2013:
10 Mei - 4 Juni 2013: Masa pembayaran biaya seleksi via Bank Mandiri.
13 Mei - 7 Juni 2013: Pendaftaran secara online.
18 - 19 Juni 2013: Ujian tertulis.
20 dan/atau 21 Juni 2013: Ujian keterampilan.
12 Juli 2013: Pengumuman hasil seleksi.


Terkait seleksi masuk PTN, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 dikhususkan hanya bagi siswa yang lulus Ujian Nasional (UN) 2013. Sedangkan lulusan 2011 dan 2012 dapat mengikuti SBMPTN 2013. Selain SNMPTN dan SBMPTN, lulusan SMA/sederajat juga dapat menjadi mahasiswa PTN melalui seleksi mandiri yang digelar masing-masing PTN
Mudah-mudahan Informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SNMPTN.

Posting Komentar
close