Tips Kuliah Agar Tidak Membosankan Malah Untung


Dunia perkuliahan memang sangat kompleks bisa kita sebut dengan The miniature Of Country atau sebuah miniatur kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Setiap manusia ketika ingin sukses haruslah mempunyai sebuah tujuan, prinsip dan pastinya strategi. Seorang mahasiswa ketika menjalani kehidupan di dalam dunia kampus pasti mangalami namanya kejenuhan, tekanan, dan banyak rasa yang lainnya. Nah, di sini saya yang merupakan mantan mahasiswa, ingin sedikit berbagi tentang bagaimana menjalani kehidupan di dunia mahasiswa atau dunia kampus. Mahasiswa nantinya akan terjun ke dunia nyata yaitu dunia masyarakat yang jauh lebih berat. Berikut ini adalah tips untuk mempersiapkan sebuah tantangan di dunia kampus dan bekal untuk terjun ke dunia masyarakat.






1.       Jangan Pernah Melupakan Tujuan Awal Anda Kuliah.
Sebagus-bagus tawaran menggiurkan, jangan pernah lepaskan tujuan anda kuliah. Ingatlah selalu kedua Orang Tua (Your Parent). Seberat-berat apapun dalam menjalani kehidupan saat kuliah, jangan lalaikan tugas anda sebagai mahasiswa. Kuliah atau Belajar itu adalah salah satu jalan Jihad.

2.       Bersikap Santai Tapi Mau Belajar
Jangan terlalu memusingkan kekurangan yang ada pada diri anda, nilai yang di dapat, atau hal-hal yang belum pasti jawabannya. Terus belajar, karena belajar adalah tugas utama dari seorang mahasiswa. Selalu Positve Thingking!

3.       Masuklah Ke Organisasi Mahasiswa
Organisasi bukan hanya sebagai pengisi waktu luang tapi sebuah jalan menuju pendewasaan dan kesuksesan. Apapun organisasi bentukan mahasiswa yang tidak melanggar hukum ikuti saja. Akan banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman hebat di dalam beroganisasi. Organisasi sebagai wahana untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kehidupan mendatang. Saran, Bergabunglah dengan organisasi mahasiswa yang berbasis Pers.

4.       Bangunlah Jaringan
Sejalan dengan berorganisasi, mulai bangun relasi dan jaringan. Karena dengan jaringan akan memperkaya diri dengan informasi dan pengetahuan. Maka dengan itu potensi-potensi yang ada disekitar akan terlihat dengan sendirinya.

5.       Rajin-rajinlah Berdiskusi
Dengan berdiskusi dengan rekan-rekan akan melatih otak anda semakin menjadi encer. Berdiskusi dengan orang yang membaca habis sebuah buku maka kita juga akan mengetahui isi buku yang dibacanya.

6.       Sering-seringlah mencari Informasi
Selain berdiskusi dengan rutin kita harus sering searching, surfing internet melalui google. Carilah apa saja yang ingin anda ketahui, jangan kerdilkan keingintahuan anda.

7.       Selalu Intropeksi Diri
Jangan cepat merasa puas apa yang anda dapat, selalu setting kembali strategi anda dalam melakukan suatu aktivitas.

8.       Mengalah Demi Mendapatkan Manfaat.
Jika anda bertemu dengan seseorang yang lebih muda atau kurang dari anda, jangan pernah anda anggap remeh. Karena setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing.


Saya rasa sementara ini cukup sampai di sini saja saya berbagi kepada agan-agan tentang kehidupan kampus. Salam Mahasiswa Indonesia.
Posting Komentar
close