Kiat Masuk ke Lingkungan Kampus

Mahasiswa baru (Maba) sebagai bagian dari pelaku pendidikan tentu memiliki berbagai kendala pada awalnya. Kamu tidak berani untuk berekspresi di kampus, faktornya karena malu, merasa takut dengan senior dan merasa asing dengan lingkungan baru. Kali ini ada sedikit tips untuk membantu kamu,  semoga dapat membantu kamu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus.


1. Belajar Buta Ramah
Jika kamu berada dikalangan mahasiswa. Itu awal bagimu untuk bisa bersosialisasi, dan kamu akan lebih disukai banyak teman baru karena ramah dan murah senyum. Tetapi kamu jangan senyum-senyum sendiri, nanti kamu dikira nggak waras.

2. Perbanyak Teman Dari Daerah
Bagi kamu yang berasal dari daerah, kamu akan merasa senasib seperjuangan, karena merasa sebagai pelajar perantau yang jauh dari keluarga. Nah jika punya teman yang sama-sama dari daerah, kamu bisa berbagi suka dukanya tinggal di daerah orang.

3. Kenali Kampusmu
Sebagai Mahasiswa baru kamu mesti kenali kampusmu terlebih dahulu. Biasanya dunia baru, akan terasa asing bagimu, nah agar lebih mudah dan kamu merasa lebih mudah mencari tempat-tempat penting seperti lab-lab, tempat fotokopi  dan kantin, bahkan ruang-ruang dosen yang nantinya akan kamu butuhkan saat perkuliahan.

4. Kunjungi Papan Pengumuman
Biar kamu tidak ketinggalan informasi seputar kampus, kunjungi papan pengumuman di fakultas. Selain itu, ikuti organisasi yang bermanfaat di kampus. Karena organisasi itu berguna untuk melatih kamu menjadi mahasiswa yang kritis, terampil dan independen.

5. Gunakanlah fasilitas Kampus
Gunakanlah fasilitas kampus yang sudah tersedia, agar kamu bisa mengirit uang saku dan bisa kamu tabung untuk hal-hal yang penting disaat kamu memerlukannya. Apalagi sebagai Mahasiswa baru yang berasal dari daerah. Bukan berarti Mahasiswa baru asal kota (tuan rumah) tidak bisa menggunakan fasilitas kampus untuk mengirit. Bahkan sebagai Mahasiswa baru asal kota, kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu juga bisa irit uang saku.

6. Cintailah Kampusmu
Sebagaimana kamu mencintai rumahmu, sayangi teman, hormati dosen dan rawatlah kampusmu seperti
kamu merawat diri kamu sendiri. Yakin dech kamu akan betah dikampus dan merasa kampus itu sebagai rumah keduamu.

Semoga tips ini bermanfaat buat Mahasiswa Baru. Dan yakinlah, Menjadi seorang sarjana yang berprestasi itu bukan karena latar belakang orang tuanya, tetapi kemauan dan niat dari mahasiswanya itu sendiri. Karena tanpa kemauan, harta tidak dapat berperan penting. apalagi di sejumlah Perguruan tinggi ada yang menawarkan beasiswa yang bisa membantu kamu untuk semakin giat belajar dan berprestasi.....SUKSES[*].
Posting Komentar
close