Tips Agar Lulus SBMPTN

Keinginan kuliah memang menggebu-gebu, pasti pikiran pun langsung menghayal bagaimana kehidupan di dunia perkuliahan nanti. Akan tetapi, hayalan itu sedikit terganggu akan bayang-bayang SBMPTN. Jangan takut atau khawatir melalui postingan ini saya akan memberikan sedikit tips agar lulus di Perguran Tinggi Negeri yang kalian ikuti. Kalau saya dulu ikut di Universitas Tanjungpura, malahan 2 kali lulus,tahun 2005 di Fakultas Teknik dan Tahun 2007 di Fakultas KIP (FKIP) Untan. Semoga yang baca postingan ini juga lulus. Aaamin. Oke, berikut ini beberapa tips Lulus SBMPTN dari saya:


1. Pilih Jurusan yang Tepat Sasaran

Maksudnya jika ingin kuliah, pilihlah jurusan yang peminatnya kurang, walau kita sebenarnya tidak ingin. Insya Allah pasti lolos. Karena apapun jurusannya sama aja kuliahnya dan selesai kuliah pun belum tentu kita bekerja di bidang yang sama kita pilih. Yang terpenting Ijazah, pengalaman dan jaringan.

2. Mulai Dari Sekarang Cari Contoh Soal SBMPTN Tahun lalu.

Dengan mencoba menjawab soal tahun lalu, tentunya dapat memberikan gambaran mudah tidaknya soal tahun ini. Lebih baik soal-soal tersebut didiskusikan bersama teman. Kalau ujian praktek, disarankan untuk bertanya kepada kenalan yang perneh mengikutinya.

3. Harus Semangat dan Yakin

Walau belum mengetahui hasilnya, tetaplah semangat. Kejar informasi sebanyak mungkin dan yakinlah setiap usaha dan doa pasti akan membuahkan hasil yang baik.

4. Harus Sehat


Ini sangat penting, karena kesehatan adalah modal utama dalam berusaha, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, tentunya membuat pikiran atau otak kita menjadi lebih smart.

5. Fokus

Hilangkan semua beban yang ada, cari ketenangan, dan mulailah berpikir untuk mengisi soal dengan jawaban yang tepat. Jika kita fokus, maka akan lebih memudahkan kita untuk memilih pilihan yang membingungkan.

6. Berdoa

Berdoalah saat setiap habis beribadah, berdoa sebelum dan sesudah belajar. Karena berdoa akan menambah keyakinan kita di dalam hati sehingga lebih bersemangat. Ingat kawan tidak cukup belajar saja tetapi berdoa itu sangat penting dalam perjuangan dan menggapai cita-cita, manusia berencana tetapi Tuhan jualah yang menentukan.
Posting Komentar
close