Pembelajaran berbasis Lingkungan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, lingkungan diartikan sebagai sebuah keadaan sekitar yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku manusia (Poerwadarminta, Pusat Bahasa Depdiknas, 2009: 526).
“Tempat atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku maka tempat itu dapat dikatagorikan sebagai tempat belajar yang berarti sumber belajar, misalnya perpustakaan, pasar, museum, sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan, dan sebagainya”. (Majid, 2009: 170).

Menurut  Mulyasa  (Wahyuni, 2009: 11)  pendekatan  lingkungan  merupakan
“pendekatan  pembelajaran  yang  berusaha  untuk  meningkatkan  keterlibatan siswa  melalui  pendayagunaan  lingkungan  sebagai  sumber  belajar.  Dalam pembelajaran  berbasis  lingkungan  ini,  akan  dibentuk  kelompok  kecil  yang akan digunakan untuk pelaksanaan penelitian”.

Karjiyadi (2012) mengatakan bahwa

 “Pembelajaran berbasis lingkungan mengarah pada pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajarnya. Lingkungan dapat diformat maupun digunakan sebagai sumber belajar. Dalam hal ini, guru dapat mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa sehingga dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari”. (http://smpn1karangmojo.sch.id)

Menurut  Mulyasa  (dalam Wahyuni,  2010: 12)  pembelajaran  berdasarkan  pendekatan  lingkungan  dapat dilakukan dengan dua cara:
1.      Membawa  peserta  didik  ke  lingkungan  untuk  kepentingan  pembelajaran. Hal  ini  bisa  dilakukan  dengan  metode  karyawisata,  metode  pemberian tugas, dan lain-lain.
2.      Membawa  sumber-sumber  dari  lingkungan  ke  sekolah  (kelas)  untuk  kepentingan pembelajaran. Sumber tersebut bisa  sumber asli, seperti narasumber, bisa juga sumber tiruan, seperti model dan gambar.


Berdasarkan pendapat-pendapat di atas pembelajaran berbasis lingkungan adalah pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang membimbing siswa untuk menghubungkan pengetahuannya dengan kehidupan sehari-hari.
Posting Komentar
close