Pengertian Hasil Belajar dan Kompetensi yang Harus Dicapai Siswa


Menurut Saminanto (2010:100), “Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar yang diperoleh melalui usaha dalam menyelesaikan tugas belajar”. Adapun menurut Abdurrahman (dalam Florensiana, 2011:170) bahwa “Hasil belajar adalah kemampuan anak setelah melalui kegiatan belajar”.

Dalam setiap kegiatan belajar telah ditetapkan tujuan pembelajaran, sehingga siswa dikatakan berhasil dalam belajar bila tujuan tersebut dapat dicapai. Menurut Erman Suherman (dalam Saminanto, 2010:100), hasil belajar atau kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
a.       Menunjukkan permasalahan dan keterkaitan antara konsep matematika yang dipelajari serta mengaplikasikan konsep logaritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah;
b.      Memiliki kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, grafik atau diagram untuk menjelaskan keadaan masalah;
c.       Menggunakan pelaran pada pola, sifat atau melakukan manipulasi matematika dan membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan dan pertanyaan matematika;
d.      Kemampuan berpikir tinggi diperlukan agar siswa memiliki kemampuan untuk menemukan penyelesaian masalah matematika di setiap jenjang;
e.       Menunjukkan kemampuan strategi dalam membuat (merumuskan), menafsirkan dan menyelesaikan model matematika dalam pemecahan masalah;
f.       Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran. Kemampuan tersebut biasanya ditunjukkan dengan perolehan nilai setelah mengikuti tes pada akhir proses pembelajaran. Dalam penelitian hasil belajar dapat dikatakan meningkat jika nilai tes yang diperoleh siswa mengalami peningkatan pada setiap akhir proses pembelajaran dan akhir siklus penelitian.
Posting Komentar
close