Pengertian Pemahaman Konsep Matematika

a.         Pengertian Pemahaman
Pemahaman  konsep  terdiri  dari  dua  kata,  yaitu  pemahaman  dan  konsep. Pemahaman berasal dari kata paham yang artinya (1) pengertian; pengetahuan yang banyak, (2) pendapat, pikiran, (3) aliran; pandangan, (4) mengerti benar (akan); tahu benar (akan); (5) pandai dan mengerti benar, (Poerwadarminta, Pusat Bahasa Depdiknas, 2009: 821).  Sedangkan menurut Zahorik (dalam Rosalin 2008: 28) pemahaman pengetahuan (understanding knowlegde), artinya
“pengetahuan yang diperoleh bukan untuk dihapal,melainkan untuk diyakini dan dipahami,dengan cara (1) menyusun konsep sementara; (2) melakukan sharing kepda orang lain agar mendapat tanggapan; (3) merevisi konsep dari tanggapan tersebut dan kemudian dikembangkan”.

Berdasarkan pendapat-pendapat ahli di atas maka pemahaman adalah suatu proses, kemampuan memahami, kemampuan mempelajari baik-baik supaya paham dan memiliki pengetahuan yang banyak serta mampu menjelaskan suatu hal yang dipahaminya
b.      Pengertian Konsep
Menurut  Sumiati dan Asra (2009:  56)  konsep  adalah  hasil penyimpulan tentang suatu hal berdasarkan atas adanya ciri-ciri yang sama pada hal tersebut.  Sedangkan  Depdiknas  (dalam Kesumawati, 2008: 2), menyatakan bahwa konsep diartikan sebagai ide abstrak yang dapat digunakan untuk menggolongkan sekumpulan objek.
Berdasarkan pendapat ahli di atas dapat disimpulkan pengertian konsep adalah ide abstrak dari hasil penyimpulan tentang suatu hal sehingga dapat digunakan untuk menggolongkan sekumpulan objek.
c.       Pengertian Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Depdiknas menyatakan bahwa,
“pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah”. (dalam Kesumawati, 2008: 3).

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa adalah  kemampuan  siswa  dalam menemukan  dan  menjelaskan , menerjemahkan,  menafsirkan,  dan menyimpulkan suatu konsep matematika berdasarkan pembentukan pengetahuannya sendiri,  bukan  sekedar  menghafal
2.    Kriteria Pemahaman Konsep
Dalam KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) tahun  2006 kriteria siswa telah memahami konsep antara lain adalah:
a.       Menyatakan ulang sebuah konsep.
b.      Mengklasifikasi obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya).
c.       Memberi contoh dan non-contoh dari konsep.
d.      Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis.
e.       Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep.
f.       Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu.
g.      Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.

Berdasarkan uraian di atas maka kriteria pemahaman konsep dalam penelitian ini atau siswa dikatakan memahami suatu konsep apabila :
a.         Mampu menyatakan ulang konsep
b.         Mampu mengklasifikasikan objek-objek sesuai konsep
c.         Mampu memberikan contoh dari atau menurut konsep
d.        Mampu menyajikan konsep

e.         Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.
Poskan Komentar