Pembelajaran Kontekstual (CTL) yang Berbasis Lingkungan

Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran matematika yang menghubungkan materi pelajaran dengan konteks atau situasi nyata siswa seperti mengaitkan bentuk bangun ruang balok dengan bentuk ruangan kelas. Sedangkan pembelajaran berbasis lingkungan adalah pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar seperti lingkungan kelas, lingkungan sekolah, dan lingkungan kehidupan sehari-hari, serta memanfaatkan barang/ benda yang ada di lingkungan sebagai media pembelajaran.

Jadi yang dimaksud dengan pembelajaran kontekstual (CTL) yang berbasis lingkungan dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang mengaitkan pokok bahasan di dalam materi pelajaran dengan konteks atau situasi nyata siswa atau kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Skenario pembelajaran ini sebagai berikut:
  1. Mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata siswa menggunakan atau menghadirkan benda nyata dari kehidupan sehari-hari di dalam kelas baik melalui media visual (laptop dan infokus) atau benda nyata secara langsung seperti kotak kardus yang berbentuk balok dan mainan rubrik yang berbentuk balok.
  2. Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, membagikan lembar kerja siswa (LKS) khusus pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dan membimbing siswa mengerjakan LKS sebagai tindak lanjut.
  3. Memfasilitasi siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok 
  4. Membimbing siswa mengulas kembali tentang materi yang baru dipelajari dan memberikan umpan balik serta penguatan dalam bentuk lisan, isyarat ataupun hadiah.
  5. Memberikan soal latihan sebagai tindak lanjut dari pembelajaran
Posting Komentar
close