Contoh Format Pelaksanaan Identifikasi Kasus


Data Siswa
Nama                                       : Desty
Tempat Tanggal Lahir               : 
Agama                                     : 
Anak ke                                   : 1 (satu)
Jumlah Saudara                        : 1 (satu)
Pekerjaan Orang Tua              
            * Ayah                          : Swasta
            * Ibu                             : Swasta
Alamat Rumah                           : 

1.      Melaksanakan Identifikasi Kasus
a)      Prestasi belajar standar
b)      Pemahaman terhadap teori kurang

2.      Melaksanakan Diagnosis
a)   Tujuan dilakukan diagnosis adalah untuk mengetahui secara tepat masalah apa yang dihadapi oleh desty. Serta dapat menemukan penyebab atau latar belakang yang menyebabkan prestasi belajarnya standar dibandingkan dengan teman-temannya yang lain. Oleh karena itu apapun penyebab standarnya prestasi desty pasti ada jalan keluar yang bisa dilakukan atau membantu desty memecahkan masalah yang sedang dihadapinya.
b)   Teknik wawancara
Saya melakukan Observasi (pengamatan) terhadap prestasi belajar yang standar dan juga pemahaman terhadap teori teori. Dengan melakukan observasi kepada desty saya mengharapkan mendapat petunjuk yang pasti tentang masalah apa yang sebenarnya dihadapi oleh desty sehingga prestasi belajarnya standar dan juga pemahan terhadap teori kurang, dengan mengetahui masalah yang hadapi oleh desty maka saya dapat membantu menyelesaikan ataupun membantu memberikan jalan keluar dari masalah yang sekarang dihadapinya tersebut.
c)      Prosedur Belajar Desty
Melihat hasil dari setiap mata pelajaran. Dengan begitu maka dapat di simpulkan pada mata pelajaran apa Desty mengalami kesulitan dalam teori yangdi ajarkan di dalam kelas sehingga nilainya standar.  
1.       Melihat hasil belajar Desty pada setiap mata pelajarannya.
2.      Melakukan observasi terhadap proses pembelajaran yang di lakukan guru pada bidang studi yang nilainya Desty sangat standar dari teman-temannya yang lain.
3.      Melakukan observasi kepada Desty sendiri.
d)     Berusaha mengungkapkan latar belakang
1.      Melakukan wawancara kepada orang-orang yang dekat dengan Desty seperti orang tua, wali kelas, dan teman-temannya. Dengan begitu maka akan lebih jelas lagi penyebab Desty kurang pemahaman terhadap teori yang di jelaskan oleh guru di kelasnya.

3.   Melaksanakan Prognisis
a)      Tujuan dari prognosis ini adalah untuk menetapkan macam dan teknik pemberian bantuan yang tepat kepada Desty yang mengalami kesulitan dalam menerima teori-teori pelajaran yang di ajarkan gurunya di kelas
b)      Teknik.
1.      Desty di pannggil untuk diajak wawancara. Kemudian jelaskan maksud di panggilnya Desty ke BK dan tanyakan kenapa prestasi belajarnya standar di bandingkan dengan teman-temannya yang lain.
2.      maka kita akan mengetahui penyebab dari prestasi standar yang di alami oleh Desty.
c)      Prosedur
Melihat latar belakang desty yang orientasi hidupnyua adalah everything is fun, teman-teman adalah segala-galanya, dan senang bergaul dengan teman-temannya menyebabkan prestasi belajarnya standar dari teman-teman. Maka dari desty perlu diberikan bimbingan untuk dapat memperbaiki prestasi belajar.
     
4.   Melaksanakan langkah pemberian Bantuan
a)   Tujuan
Tujuan melaksanakan lanngkah pemberian bantuan kepada Desty adalah agar Desty mampu mengatasi masalahnya yaitu tentang prestasi belajarnya yang standar. Dengan demikian maka di harapkan prestasi belajar dapat di perbaiki dan berhasil mencapai hasil belajar yang optimal, meskipun Desty senang bergaul dan teman-teman adalah segala-galanya serta orientasi hidupnya everything is fun tidak mempengaruhi prestasi belajarnya.
b)      Teknik
Memilih salah satu teknik pemberian bantuan yang tepat untuk membantu Desty dalam memecahkan masalahnya yaitu tentang prestasi belajar yang standar, maka hal yang dapat saya lakukan yaitu adalah:
1.      Memberikan konseling kepada Desty agar mengutamakan  pelajaran  supaya prestasi belajar dan minat belajar Desty meningkat. Dengan begitu Desty yang orientasi hidupnya adalah everything is fun tetap menomor satukan pendidikannya dan terus meningkatkan prestasi belajarnya.

5.      Melaksanakan tindak lanjut
a)      Tujuan
Untuk mengetahui sejauh mana hasil pemberian bantuan yang dilakukan konselor kepada Desty dapat berjalan lancar atau tidak. Maka perlu tindak lanjut dari konselor yang telah dilakukan untuk dapat mengetahui hasil dari bimbinngan tersebut dapat membantu Desty memperbaiki prestasi belajarnya atau tidak.
b)      Teknik
Setelah melakukan tidak lanjut terhadap pemberian bimbingan kepada Desty maka perlu teknik untuk mengetahui hasilnya yaitu dengan melihat hasil tes belajar Desty setelah beberapa waktu di berikan bimbingan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengetahui kemajuan yang di alami Desty yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap hasil tes Desty dan juga perubahan prestasi belajar yang di alami Desty setela pemberian bimbingan.
c)      Prosedur
1.      Mewawancarai Desty tentang perubahan prestasi belajar Desty dari waktu ke waktu. Dengan mewawancarai Desty maka dapat di ketahui hal apa saja yang di dapat Desty tentang perubahan prestasi belajarnya setelah di berikan bimbingan.
2.      Mewawancarai wali kelas Desty untuk mengetahui perubahan yang di alami Desty selama ini. Dengan begitu dapat di ketahui seberapa besar kemajuan belajar Desty setelah di lakukan bimbingan terhadap Desty. Oleh karena itu orientasi hidup Desty yang everything is fun tidak mempengaruhi prestasi belajar Desty di sekolah.
3.      Mengadakan pengamatan atau observasi terhadap Desty. Hal ini di lakukan untuk mengetahui kemajuan apa saja yang di dapatkan oleh Desty setelah di berikan bimbingan. Prestasi belajar yang standar Desty dapat di ketahui ada perubahannya atau tidak.

6.      Melaksanakan Pendekatan

Pendekatan ini perlu di lakukan kepada Desty agar Desty dapat memprerbaiki prestasi belajarnya. Dengan begitu prestasi belajarnya di sekolah akan meningkat. Oleh karena itu pendekatan ini perlu dilakukan kepada Desty karena dengan pendekatan kepada Desty maka akan memberikan motivasi atau dorongan kepada Desty untuk terus memperbaiki prestasi belajarnya. Mativasi, dan bimbinngan sangat perlu di berikan kepada Desty yang orientasi hidupnya adalah everything is fun, teman-teman adalah segala-galanya serta bersenang-senang denngan teman-temannya. Dengan motivasi dan bimbingnan yang di berikan kepada Desty maka di harapkan Desty dapat memperbaiki prestasi belajarnya di sekolah, serta dapat bersaing dengan teman-teman yang lain di sekolah tentang prestasi belajar.
Posting Komentar
close