Kemampuan Memahami Materi Pembelajaran


1.    Memahami Materi
            Materi adalah bahan yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran, tercapai atau tidak nya materi pembelajaran ini ditentukan oleh beberapa faktor yang salah satu nya  adalah adanya atensi atau perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.menurut  Cece  Wijaya  (2001:35)” materi adalah pembaharuan isi pendidikan  yang disajikan”. Menyampaikan maeri adalah tugas  dan tanggung jawab yang  utama bagi seorang guru, karena sejak dimulainya proses pembelajaran seorang guru harus menyampaikan materi pembelajarannya. Menurut Mulyasaa (2010:38) bahwa “Sejak ada kehidupan, sejak itu pula guru telah melaksanakan pembelajaran, dan hal tersebut merupakan tugas dan tanggung jawabnya yang pertama dan utama”. Dalam tugasnya Guru membantu peserta didik yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk kompetensi, dan memahami materi standar yang dipelajari.
            Kemampuan memahami  materi setiap siswa adalah berbeda mengingat tingkat kecerdasan mereka juga berbeda, untuk itu seorang guru harus bisa mengkondisikan agar semua materi pembelajaran dapat dipahami oleh setiap siswa secara menyeluruh. Menurut  Mulyasa (2010:39)  ada beberapa  hal yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat memahami dengan baik, diantaranya  : (a) membuat ilustrasi: pada dasarnya ilustrasi menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari peserta didik dengan sesuatu yang telah diketahuinya, dan pada waktu yang sama memberikan tambahan pengalaman kepada mereka; (b) mendefinisikan: meletakan sesuatu yang dipelajari secara jelas dan sederhana, dengan menggunakan latihan dan pengalaman serta pengertian yang dimiliki oleh peserta didik; (c) menganalisis: membahas masalah yang telah  dipelajari bagian demi bagian, sebagaimana orang mengatakan: “cuts the learning into chewable bites”; (d) mensintesis: mengembalikan bagian-bagian yang  telah dibahas kedalam suatu konsep yang utuh sehingga memiliki arti, hubungan antara bagian yang satu dengan yang lain nampak jelas, dan setiap masalah itu tetap berhubungan dengan keseluruhan yang lebih besar; (e) bertanya: mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berarti dan tajam agar apa yang dipelajari menjadi lebih jelas, seperti yang dilakukan Socrates; (f) merespon: mereaksi atau menanggapi pertanyaan peserta didik. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru dapat merespon setiap pertanyaan peserta didik; (g) mendengarkan: memahami peserta didik, dan berusaha menyadarkan setiap masalah, serta membuat kesulitan nampak jelas baik bagi guru maupun peserta didik; (h) menciptakan kepercayaan: peserta didik akan memberikan kepercayaan terhadap keberhasilan guru dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi dasar; (i) memberikan pandangan yang bervariasi: melihat bahan yang dipelajari dari berbagai sudut pandang, dan melihat masalah dalam kombinasi yang bervariasi; (j) menyediakan media untuk mengkaji materi standar: memberikan pengalaman yang bervariasi melalui media pembelajaran, dan sumber belajar yang berhubungan dengan materi standar; (k) menyesuaikan metode pembelajaran: menyesuaikan metode pembelajaran dengan kemampuan dan tingkat perkembangan peserta didik serta menghubungkan materi baru dengan sesuatu yang telah dipelajari; (l) memberikan nada perasaan: membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna, dan hidup melalui antusias dan semangat.
            Selain berapa hal diatas, agar materi pembelajaran dapat di pahami dengan baik, ini tergantung kepada metode yang dipakai oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
Posting Komentar
close