1. Memahami Materi
Materi
adalah bahan yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran,
tercapai atau tidak nya materi pembelajaran ini ditentukan oleh beberapa faktor
yang salah satu nya adalah adanya atensi
atau perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh
guru.menurut Cece Wijaya
(2001:35)” materi adalah pembaharuan isi pendidikan yang disajikan”. Menyampaikan maeri adalah
tugas dan tanggung jawab yang utama bagi seorang guru, karena sejak
dimulainya proses pembelajaran seorang guru harus menyampaikan materi pembelajarannya.
Menurut Mulyasaa (2010:38) bahwa “Sejak ada kehidupan, sejak itu pula guru
telah melaksanakan pembelajaran, dan hal tersebut merupakan tugas dan tanggung
jawabnya yang pertama dan utama”. Dalam tugasnya Guru membantu peserta didik
yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya,
membentuk kompetensi, dan memahami materi standar yang dipelajari.
Kemampuan
memahami materi setiap siswa adalah
berbeda mengingat tingkat kecerdasan mereka juga berbeda, untuk itu seorang
guru harus bisa mengkondisikan agar semua materi pembelajaran dapat dipahami
oleh setiap siswa secara menyeluruh. Menurut
Mulyasa (2010:39) ada
beberapa hal yang dapat dilakukan guru
agar siswa dapat memahami dengan baik, diantaranya : (a) membuat ilustrasi: pada dasarnya
ilustrasi menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari peserta didik dengan sesuatu
yang telah diketahuinya, dan pada waktu yang sama memberikan tambahan
pengalaman kepada mereka; (b) mendefinisikan: meletakan sesuatu yang dipelajari
secara jelas dan sederhana, dengan menggunakan latihan dan pengalaman serta
pengertian yang dimiliki oleh peserta didik; (c) menganalisis: membahas masalah
yang telah dipelajari bagian demi
bagian, sebagaimana orang mengatakan: “cuts the learning into chewable
bites”; (d) mensintesis: mengembalikan bagian-bagian yang telah dibahas kedalam suatu konsep yang utuh
sehingga memiliki arti, hubungan antara bagian yang satu dengan yang lain
nampak jelas, dan setiap masalah itu tetap berhubungan dengan keseluruhan yang
lebih besar; (e) bertanya: mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berarti dan
tajam agar apa yang dipelajari menjadi lebih jelas, seperti yang dilakukan
Socrates; (f) merespon: mereaksi atau menanggapi pertanyaan peserta didik.
Pembelajaran akan lebih efektif jika guru dapat merespon setiap pertanyaan
peserta didik; (g) mendengarkan: memahami peserta didik, dan berusaha
menyadarkan setiap masalah, serta membuat kesulitan nampak jelas baik bagi guru
maupun peserta didik; (h) menciptakan kepercayaan: peserta didik akan
memberikan kepercayaan terhadap keberhasilan guru dalam pembelajaran dan
pembentukan kompetensi dasar; (i) memberikan pandangan yang bervariasi: melihat
bahan yang dipelajari dari berbagai sudut pandang, dan melihat masalah dalam
kombinasi yang bervariasi; (j) menyediakan media untuk mengkaji materi standar:
memberikan pengalaman yang bervariasi melalui media pembelajaran, dan sumber
belajar yang berhubungan dengan materi standar; (k) menyesuaikan metode
pembelajaran: menyesuaikan metode pembelajaran dengan kemampuan dan tingkat
perkembangan peserta didik serta menghubungkan materi baru dengan sesuatu yang
telah dipelajari; (l) memberikan nada perasaan: membuat pembelajaran menjadi
lebih bermakna, dan hidup melalui antusias dan semangat.
Selain
berapa hal diatas, agar materi pembelajaran dapat di pahami dengan baik, ini
tergantung kepada metode yang dipakai oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran