Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pengertian Physics Education Technology (Phet)

Senin, 25 Agustus 2014 | 03:30 WIB Last Updated 2014-09-10T08:26:37Z

Di dalam penyampaian materi pembelajaran, guru pastinya akan lebih terbantu dengan menggunakan media pembelajaran. Khusus untuk mata pelajaran Fisika, guru sudah terbantu dengan adanya media pembelajaran berupa animasi yang telah disediakan oleh web site khusus yaitu situs Phet atau Download Phet Animasi di SINI. Nah berikut adalah penjelesan singkat tentang apa itu media pembelajaran fisika Phet.

Physics Education Technology (Phet) merupakan simulasi interaktif fenomena-fenomena fisis, berbasis riset yang diberikan secara gratis. Dengan pendekatan berbasis-riset yang menggabungkan hasil penelitian sebelumnya memungkinkan para siswa untuk menghubungkan fenomena kehidupan nyata dan ilmu yang mendasarinya, pada akhirnya memperdalam pemahaman dan meningkatkan minat mereka terhadap ilmu fisika.

Phet digunakan untuk membantu siswa memahami konsep visual, simulasi PhET menganimasikan besaran-besaran dengan menggunakan grafis dan kontrol intuitif seperti klik-dan-tarik, penggaris dan tombol. Dan untuk lebih mendorong eksplorasi kuantitatif, simulasi juga menyediakan instrumen pengukuran seperti penggaris, stopwatch, voltmeter dan termometer. Pada saat alat-alat ukur digunakan secara interaktif, hasil pengukuran akan langsung ditampilkan atau dianimasikan, sehingga secara efektif akan menggambarkan hubungan sebab-akibat dan representasi terkait dari sejumlah parameter percobaan (seperti misalnya gerak benda, grafik, tampilan angka dan sebagainya

Semua simulasi PhET tersedia secara gratis dari situt PhET dan cukup mudah digunakan di dalam kelas. Simulasi-simulasi tersebut ditulis dengan JAVA dan FLASH , dan dapat dijalankan dengan web browser standar asalkan JAVA dan FLASH terpasang pada komputer yang digunakan. (http://phet.colorado.edu/in/simulations/category/physics: 20 Desember 2012)
×
Artikel Terbaru Update