Contoh Format LAPORAN SINGKAT KEMAJUAN YANG DIPEROLEH SEKOLAH DAN SISWA



LAPORAN SINGKAT
KEMAJUAN YANG DIPEROLEH  SEKOLAH DAN SISWA
PERIODE JULI S/D SEPTEMBER 2014


I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Di dalam UU. No 12 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahawa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
B. Tujuan
Tujuan guru melakukan kegiatan pembelajaran adalah untuk menumbuhkan kembangkan akidah (Iman Kepada Rasul Allah) melalui pemberian, pemupukkan, dan pengembangan kemampuan, penghayatan, pengalaman, serta pembiasaan pengalaman, agar menjadi muslim yang berkembang keimanan, dan ketakwaannya serta berahklak mulia dan menghindari ahklak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial.

II. ISI

A. Uraian Rinci
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 3 x 35 menit pada hari...........tanggal...................., di kelas I SDN 26 Pemangkat sesuai materi pokok. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas tersebut pada pertemuan pertama sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu dilakukan dengan melafalkan dan mengartikan Surah Al-Fatihah secara klasikal, kelompok maupun individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar. Kemudian berlatih melafalkan Surah Al-Fatihah dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) menggunakan bantuan media pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya. Tujuannya adalah agar siswa mengerti dan mampu menerapkan arti/ isi kandungan Surah Al-Fatihah dan meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
B. Penjelasan Isi Materi
Pelajaran Al Qur’an terutama Surah Al-Fatihah dan menjelaskan pentingnya mengetahui, dan menerapkan isi arti/ isi kandungan Surah Al-Fatihah serta manfaatnya dalam meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
C. Tindak Lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran, bagi siswa yang tidak memenuhi syarat nilai KKM khusunya pada materi pelajaran Surah Al-Fatihah, maka dilakukan analisis, pemberian tugas tentang Surah Al-Fatihah serta dilakukan remedial.
F. Dampak
Dampak kegiatan pembelajran yang dilakukan adalah siswa mengalami perubahan seperti mengerti tata cara membaca Al-Qur’an dan mengerti isi atau kandungan dari Surah Al-Fatihah serta mampu meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang



Mengetahui
Kepala  Sekolah



Nama..........................
Nip...........................................
Pemangkat…………………………2014
Guru  PAI



Nama..........................
Nip...........................................
Posting Komentar
close