PROGRAM TAHUNAN (PROTA) MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 1 dan 4 SD


PROGRAM  TAHUNAN (PROTA)  MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan    :   SDN 26 Pemangkat
Kelas                         :   I (satu)
Kompetensi Inti
KI 1     :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4   :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KETERANGAN
1.1  Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2  Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
1.3  Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4   Terbiasa bersuci sebelum beribadah
1.5   Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.1   Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW
2.2   Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14
2.3   Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.4   Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
2.5   Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas
2.6   Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83
2.7   Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq (96): 1-5
2.8   Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
1 x 4 jam pelajaran
3.3     Mengenal makna Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4.3   Melafalkan Asmaul Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik
4 x 4 jam pelajaran
4.2.1   Melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.2.2   Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.2  Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S al Fatihah, al-Ikhlas dan al ’Alaq (96): 1-5
9 x 4jam pelajaran

3.1  Mengetahui huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.1  Melafalkan huruf-huruf Hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
2 x 4jam pelajaran
3.6     Mengenal tata cara bersuci
4.6     Mempraktikkan tatacara bersuci
3 x 4 jam pelajaran
3.8  Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
4.8  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.10  Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.11  Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
1 x 4jam pelajaran
3.9    Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s
4.9    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
1 x 4jam pelajaran
4.5   Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas
3.5  Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah belajar
2 x 4 jam pelajaran
4.4  Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
3.4  Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
2 x 4 jam pelajaran
3.7     Memahami Č™holat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.1 Melaksanakan sholat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
4.7.2 Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
3 x 4 jam pelajaran
3.13  Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.4     Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
3 x 4 jam pelajaran
3.14   Memahami perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
4.5   Mencontohkan perilaku saling menghormati antarsesama anggota keluarga
3 x 4 jam pelajaran


Mengetahui
Kepala  Sekolah



Erwanto, S.Pd
Nip. 19711130 199312 1 001
Pemangkat…………………………2014
Guru  PAI



Ruslan. S, S.Pd.I
Nip. 19680707 198905 1 001




PROGRAM TAHUNAN (PROTA)  MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan    :   SDN 26 Pemangkat
Kelas                           :   IV (empat)
Kompetensi Inti
KI 1   :   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4   :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KETERANGAN
1.1   Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan besar
1.2   Menunaikan sholat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT
1.3   Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.4   Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah sholat
1.5    Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.6    Meyakini adanya rasul-rasul Allah SWT
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q. S At -Taubah (9): 119 Taubah (9): 119
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3   Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Hadiid (57): 9
2.4  Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.5  Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahama n Q.S. Al -‘Alaq (96): 1 -5
2.6   Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw
2.7  Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8   Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37
2.9   Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 27Isra
3.6    Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
4.6.1  Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil
4.6.2  Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar
4.6.3   Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.
3 x 4 jam pelajaran
3.1     Mengetahui Allah SWT itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
4.1     Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah SWT di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah SWT itu ada.
2 x 4 jam pelajaran
4.3     Membaca Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim dan maknanya
3.3     Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
4 x 4 jam pelajaran
3.15  Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
3.7     Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.15  Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw
4.7     Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
2 x 4 jam pelajaran
3.4     Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
4.4     Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam
3 x 4 jam pelajaran
3.10  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
3.11  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
3.13  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Musa a.s
4.10  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.11  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.13  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s

7 x 4 jam pelajaran

3.4     Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4.2     Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.2     Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4 x 4 jam pelajaran
3.8    Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
3.9    Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4.8   Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.9   Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27
4 x 4 jam pelajaran
3.5     Memahami makna ibadah sholat
4.5.1  Memberikan contoh-contoh makna ibadah sholat
4.5.2  Menceritakan pengalaman melaksanakan sholat di  rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
4 x 4 jam pelajaran
3.14    Mengetahui kisah keteladanan Wali Songo
4.14    Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo
2 x 4 jam pelajaran

Mengetahui
Kepala  Sekolah



Erwanto, S.Pd
Nip. 19711130 199312 1 001
Pemangkat…………………………2014
Guru  PAI



Lahmudin S.Pd.I
Nip. 1966112 198807 1 002


Posting Komentar
close