Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

RPP PAI SD KELAS IV SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

Jumat, 12 September 2014 | 21:22 WIB Last Updated 2023-03-30T13:36:53Z

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SDN ........................................
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester            : IV / 2
Materi Pokok               : Beriman Kepada Malaikat Allah SWT
Alokasi Waktu            : 3  x 4  = 12 Jam Pelajaran    @ 35 menit

A. Kompetensi Inti   

K-1.  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
K-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya Berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain .

B. Kompetensi Dasar dan Indikator          
1.5       Meyakini keberadaan Malaikat-malaikat Allah Swt.
3.2       Mengerti makna iman kepada Malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.2.1    Merngetahui makna beriman kepada malaikat Allah
3.2.2    Mengenal nama-nama dan tugas malaikat Allah
3.2.3    Menerima Keberadaan Malaikat Allah
3.2.4 Mengenal perilaku yang mencerminkan keimanan kepada malaikat Allah

C. Tujuan Pembelajaran     
a.  Memahami makna beriman kepada Malaikat Allah.
b.  Menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas Malaikat Allah.
c.  Menerima keberadaan malaikat.
d.  Menunjukkan sikap yang mencerminan keimanan kepada Malaikat Allah.

D. Materi Pembelajaran      
Makna beriman kepada malaikat Allah:
1.  Meyakini bahwa malaikat itu ada meskipun keberadaannya tidak bisa dilihat. 
2.  Meyakini bahwa malaikat itu makhluk ciptaan Allah dan tidak boleh disembah.
3.  Meyakini bahwa malaikat memiliki sifat-sifat khusus, seperti selalu patuh kepada perintah Allah, tidak mati, diciptakan dari cahaya (nur); tidak makan dan tidak minum, dan memiliki tugas-tugas tertentu.
Berikut ini adalah nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya yang harus diketahui oleh seorang muslim.
1.    Malaikat Jibril, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu.
2.    Malaikat Mikail, malaikat yang bertugas menyampaikan rezeki.
3.  Malaikat Raqib, malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan baik manusia.
4.  Malaikat 'Atid, malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan buruk manusia.
5.    Malaikat Ridwan, malaikat yang bertugas menjaga pintu surga.
6.    Malaikat Malik, malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka.
7.    Malaikat Izrail, malaikat yang bertugas mencabut nyawa.
8.    Malaikat Munkar dan Nakir, malaikat yang bertugas memberikan pertanyaan di alam kubur. 
9.    Malaikat Israfil, malaikat yang bertugas meniup sangkakala jika hari kiamat telah tiba.

Cara menerima keberadaan malaikat adalah dengan:
1.  Keyakinan yang pasti bahwa setiap saat kita takut dan ingat kepada Allah karena ada malaikat yang mencatat perbuatan kita dan Allah akan memberikan balasannya;
2.  Banyak mengingat kematian;
3. Gemar mengerjakan perbuatan yang pelakunya didoakan para malaikat Allah; Misalnya menuntut ilmu, mengunjungi karib dan kerabat, tidur dalam keadaan suci, dan memilih barisan paling depan dalam ¡alat berjamaah.

E. Metode Pembelajaran     
Ceramah, Diskusi, Problem Solving

F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Gambar, Poster tulisan, Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
2. Alat: Kertas Manila/plano, Slide Proyektor
3. Sumber: Buku PAI BSE Kelas IV
           
G. Langka-langkah Kegiatan Pembelajaran        
1. Pertemuan Kesatu           
a.   Pendahuluan / Kegiatan Awal
-        Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama.
-    Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
-        Menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
-        Meminta peserta didik untuk mengamati gambar
-        Menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.    Kegiatan Inti
Mengamati
-         Guru mengajak peserta didik untuk belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media pembelajaran lainnya yang relevan.
-    Guru meminta peserta didik untuk mengamati dan membaca terlebih dahulu surah al-Baqarah/2:285 berikut artinya.
Menanyai
-            Menanyakan kepada salah seorang peserta didik tentang apa yang dipahami dari surah al-Baqarah/2:285 tersebut.
Eksplorasi
-          Guru memberikan waktu minimal 5 s.d. 7 menit kepada peserta didik untuk mendiskusikan secara berkelompok arti ayat tersebut
-   Peserta didik diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya dan  guru memberikan penguatan berupa penjelasan singkat tentang arti  dan kandungan ayat tersebut.
Assosiasi.
-            Guru memberikan penguatan dengan membacakan surah al-Baqarah/2:285 yang kemudian diikuti oleh peserta didik secara bersama.
-   Guru meminta salah seorang peserta didik untuk membaca kembali arti surah al-Baqarah/2:285 dan peserta didik lainnya ikut menyimak arti tersebut
Komunikasi
-          Guru melakukan klarifikasi terhadap respon siswa bersama.
-          Guru mengapresiasi terhadap semua siswa

c.     Kegiatan Penutup
-    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
-       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan hormat pada orang tua;
-        Menyampaikan rencana pembelajaran pada per¬temuan berikutnya.
      
2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan / Kegiatan Awal
-     Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama.
Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
-     Menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
Meminta peserta didik untuk mengamati gambar
-     Menyampaikan tujuan pembelajaran.

b. Kegiatan Inti
Mengamati
Guru meminta peserta didik secara berkelompok mengamati  gambar yang ada di dalam buku teks dan meminta mereka mendiskusikan dan menghubungkandengan apa yang mereka lihat atau rasakan  secara nyata, contoh: hembusan angin yang menerpa tubuh mereka.
Menanyai
Peserta didik menanyakan materi yanng belum difahami
Eksplorasi
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain mengemukakan pertanyaan dan pernyataan.
Assosiasi
Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi peserta didik dan kemudian menjelaskan apa yang ada dalam buku teks tentang makna beriman kepada Malaikat Allah.
Komunikasi
-    Guru melakukan klarifikasi terhadap respon siswa bersama.
-    Guru mengapresiasi terhadap semua siswa

c. Kegiatan Penutup
-  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan hormat pada orang tua;
-     Menyampaikan rencana pembelajaran pada per¬temuan berikutnya

3. Pertemuan Ketiga       
a. Pendahuluan / Kegiatan Awal
-       Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama.
-    Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
-       Menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
-       Meminta peserta didik untuk mengamati gambar
-       Menyampaikan tujuan pembelajaran.

b. Kegiatan Inti
Mengamati
Guru meminta peserta didik secara individu untuk mengamati  gambar yang ada di dalam buku teks. Kemudian menunjuk beberapa peserta didik untuk menceritakan isi atau maksud dari gambar tersebut.
Menanyai
Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan keterkaitan gambar tersebut dengan materi yang akan dipelajari.
Eksplorasi
-       Guru kembali membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok secara bersama-sama mendiskusikan tentang peristiwa alam misalnya; hujan yang turun ke bumi, kehidupan dan kematian, dan sebagainya.
-       Setiap kelompok membuat pertanyaan sederhana tentang peristiwa alam yang dihubungan dengan nama-nama malaikat dan tugasnya.
Assosiasi
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain mencermati dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dipersiapkan atau pernyataan-pernyataan lain yang relevan.
Komunikasi
-       Guru melakukan klarifikasi terhadap respon siswa secara bersama.
-       Guru mengapresiasi terhadap semua siswa

c. Kegiatan Penutup
-        Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
-        Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melafalkan hormat pada orang tua;
-        Menyampaikan rencana pembelajaran pada per¬temuan berikutnya
                  
H    Penilaian         
       1. Jenis dan Teknik Penilaian 
           Jenis Penilaian Tes  dengan teknik Tes Lisan dan Tes Tulis          
       2. Bentuk Instrumen dan Instrumen  
       3. Pedoman Penskoran

MEMBACA SURAH AL-MAUN
Lancar      : Membaca lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendeknya benar.
Sedang     : Membaca lancar sebagian, panjang pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.
Kurang     :    Membaca tersendat-sendat, panjang pendeknya kurang sempurna.

Catatan:
• Perhatikan panjang dan pendeknya bacaan!

MENGHAFAL SURAH AL-MAUN
Lancar      : Hafalan lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendeknya benar.
Sedang     : Hafalan lancar sebagian, panjang pendek bacaannya benar tetapi pengucapan          hurufnya kurang sempurna.
Kurang     :  Hafalan tersendat-sendat, panjang pendeknya kurang sempurna

MENULIS SURAH AL-MA’UN
Lancar      :  Penulisan benar, peletakan huruf dan harakatnya tepat, tulisanya jelas.
Sedang     :  Penulisan benar sebagian, peletakan huruf dan harakatnya tepat tetapi
   tulisanya kurang jelas.
Kurang     :  Penulisan terpotong-potong, peletakan huruf dan harakatnya tidak tepat,
    tulisanya kurang jelas.
Catatan:
•  Perhatikan letak penulisan huruf!

Mengetahui,
Kepala SD Paguyangan 02



............................
NIP. .195..
Paguyangan,    Januari 2014
Guru Mata Pelajaran PAI



............................
NIP.197.................


×
Artikel Terbaru Update