RPP TEMATIK KELAS 1 SD SEMESTER 1 TEMA DIRIKU, SUB TEMA AKU AKU DAN TEMAN BARU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/ Semester           : 1/ 1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB    : Diriku/ Aku dan Teman Baru/ 1
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)

A.      Kompetensi Inti (KI)
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKN
Kompetensi Dasar :
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2       Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2       Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
4.2.1 Menjalankan peraturan pada permainan di Sekolah
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana persatuan serta sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2     Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
2.2   Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4   Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian..
Indikator :
3.4.1 Mengidentifikasi cara-cara mengenalkan diri.
3.4.2 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
4.4.1 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
4.4.2 Menyebutkan nama teman.
SBDP
Kompetensi Dasar :
1.1       Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1       Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan dlam mengolah karya seni.
3.1       Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1       Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi cara menghias kartu nama.
4.1.2 Memberi hiasan pada kartu nama.

PJOK
Kompetensi Dasar :
1.1       Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan sebagai anugerah Tuhan.
2.1       Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
3.3       Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3       Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator :
3.3.1 Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
3.3.2 Melakukan gerakan melempar bola
4.3.2 Melakukan gerakan menangkap bola
C.      Tujuan Pembelajaran
1.         Melalui permainan lempar bola, siswa dapat memeperkenalkan dir dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2.         Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.         Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
D.      Materi Pembelajaran
1.         Teman Baru.
2.         Menghias Kartu Nama
E.       Mertode Pembelajaran
1.         Metode : Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab.
2.         Pendekatan : saintifik (mengamati, menanya, menalar, dan mengkomunikasikan).


F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media dan Alat
-          Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
-          Karton/ kertas/ kardus bekas seukuran kartu nama.
-          Pensil warna/ spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
-          Tali/ peniti/ alat lain untuk memasang kartu nama.
2.    Sumber Belajar
Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 1 Tema 1 “Diriku” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.      Langkah-langkah Pembelajaran (Pertemuan 1, 3 x 35 Menit)
Kegiatan
Deskrispsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak siswa dengan berdinamika dengan menyanyikan lagu “Anak Baru”.
4.      Menginformasikan tema pembelajaran yaitu tentang “Diriku” dan Subtema “Aku dan Teman Baru”.
5 Menit
Kegiatan Inti
1.         Pada awal pembelajaran, guru mengucapkan selamat datang kepada siswa.
2.         Guru meminta siswa mengamati buku siswa dari hal 1-3.
3.         Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni dibuku siswa halaman 3.
4.         Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (Siswa diminta melingkar, boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola secara benar).
5.         Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak ..... kemudian, nama panjang ..... biasa dipanggil Ibu/ Bapak ..... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras).
6.         Siswa yang menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilannya. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan .
7.         Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memeperkanalkan diri.
8.         Setelah siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama temannya di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
9.         Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu  “ Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan temannya tersebut, menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
10.     Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
11.     Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
12.     Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama.
13.     Guru membagikan potongan-potongan karton seukuran kartu nama.
14.     Guru membagikan kertas bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh untuk menulis.
15.     Lalu, siswa diminta menuliskan namanya dikarton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka masing-masing.
16.     Setelah itu, guru menjelaskan bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di Sekolah atau dipajang di kelas.
15 menit
Penutup
1.         Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.         Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3.         Melakukan penilaian hasil belajar.
4.         Mengaja semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
a.         Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalnya, dsb).
b.        Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdo’a lebih disempurnakan.
15 Menit

H.  Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya sekitar.
-          Siswa saling memperkenalkan diri mereka
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Agus Handayani












2
Ni Putu Anom Widiantari












3
Sulina












4
Nur Syamsidah












5
Endang Sujaswati












6
Farida













b.    Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis.
Tes Tertulis (Skor 100)
1.        Hiaslah kartu nama dengan rapi!
2.        Sebutkan 3 aturan permainan!
3.        Apa manfaat berteman!

c.    Penilaian Keterampilan : Unjuk kerja
1.        Memperkenalakan diri
Penilaian : Unjuk Kerja



Rubrik Penilaian Perkenalan Dengan Teman di Kelas
No
Nama Siswa
Kriteria
Kemampuan Memperkenalkan Diri
Kemampuan Menjalankan Peraturan Pada Permainan
Kemampuan Melakukan Gerakan Melempar dan Menangkap
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Agus Handayani












2
Ni Putu Anom Widiantari












3
Sulina












4
Nur Syamsidah












5
Endang Sujaswati












6
Farida












2.        Kartu Nama
NO
Nama Siswa
Komponen Kartu Nama
Jumlah Warna yang Digunakan
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Agus Handayani








2
Ni Putu Anom Widiantari








3
Sulina








4
Nur Syamsidah








5
Endang Sujaswati








6
Farida








Tugas        : Belajar di rumah
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua meminta siswa menyebutkan nama-nama teman barunya di sekolah.

Pemangkat, 24 Juni 2014

Instruktur




IQBAL, S. Pd
NIP. 198001206 200502 1 004
Guru Kelas 1




SULINA

Refleksi :
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Siswa yang mendapat perhatian khusus
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Remedial :
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapakan
Pengayaan :

Memberikan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi
Poskan Komentar