RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas
/ semester : 1 / 2
Tema
/ topik :
Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan
ke : 1
Semester : 2 (dua)
Alokasi
waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
AGAMA
1.1 Berdoa sebelum dan sesudah
belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
2.1 Memiliki perilaku bersih badan,
pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
PPKn
1.2 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di
sekolah
BAHASA INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang
Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Menunjukkan
perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang
sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
2.4 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui
pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.3 Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita
yang dibacakan orang lain dengan penuh perhatian dan mengajukan
pertanyaan
4.3 Menyampaikan teks terima kasih
mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti dan perduli
dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun
datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu
dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam
belajar dan jam istirahat
3.2.. Mengenal bangun datar dan bangun ruang
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar ruah, sekolah,
atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan
menggunakan papan berpaku atau media lainnya
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2 Menunjukkan perilaku santun
kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas.
SENI, BUDAYA,
DAN PRAKARYA
1.1 Merasakan keindahan alam dan
karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2.1 Menunjukkan percaya diri untuk
mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu
untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya
seni
3.2 Mengenal pola irama lagu
bervariasi dengan alat musik ritmis
C. INDIKATOR
AGAMA
1. Mengulang
bacaan do’a sebelum belajar
2. Mengulang
bacaan do’a sesudah belajar
3. Menyatakan
dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4. Menunjukkan
perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1. Menunjukkan
perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang,
dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2. Memberikan
contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari – hari di rumah.
3. Memberikan
contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari – hari di sekolah.
4. Melaksanakan
tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1. Bersikap
khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2. Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4. Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
5. Melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6. Menyebutkan
kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7. Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
8. Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat
9. Menyebutkan
nama-nama tempat dalam cerita
10. Menyebutkan urutan peristiwa
11. Menyebutkan kebutuhan tubuh
agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan
bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
12. Membedakan lingkungan sehat dan
tidak sehat
13. Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14. Berposisi duduk secara benar
15. Meletakkan bacaan dengan jarak
mata yang benar
16. Memegang teks bacaan dengan
tepat
MATEMATIKA
1. Menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya
(warna atau lainnya)
2. Memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3. Menceritakan
bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN
KESEHATAN
1. Mempraktikan
gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1. Memiliki
kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Menjelaskan
keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3. memperhatikan
lingkungan sekitar secara seksama
4. merawat
lingkungan sekitar secara sadar
5. menunjukkan
kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Mengenal
judul lagu dan iringannya
D. TUJUAN
1. Berperilaku
baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan guru
2. Berperilaku
patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di
sekolah.
3. Melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4. Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
5. Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6. Menata
dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
9. Mempraktikan
gerak melangkah ke berbagai arah berirama
10. Menjelaskan keindahan-keindahan
alam tentang kebersihan lingkungan sebagai anugerah Tuhan
E. MATERI
AGAMA
1. Bacaan
do’a sebelum belajar
2. Bacaan
do’a sesudah belajar
3. Sikap
berdo’a sebelum belajar
4. Perilaku
patuh kepada orang tua
PPKn
1. Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat berperilaku baik (jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2. Dengan
mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam
kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
3. Contoh
sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari hari di sekolah.
4. Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib
di sekolah
BAHASA INDONESIA
1. Sikap
khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2. Sikap
duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4. Lafal
teks doa dengan jelas
5. Lafal
& kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6. Waktu
mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7. kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
8. lingkungan
sehat dan tidak sehat
9. Nama-nama
tempat dalam cerita
10. Urutan peristiwa
11. Kebutuhan tubuh agar tetap
sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi,
minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
12. Lingkungan sehat dan tidak
sehat
13. Kalimat
yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14. Posisi duduk secara benar
15. Letak bacaan dengan jarak mata
yang benar
16. Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1. Dengan
mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa dapat menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya
(warna atau lainnya)
2. Dengan
mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat memilih jenis tas,
wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda
sesuai dengan beratnya
3. Dengan
mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN
KESEHATAN
1. Praktik
gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1. Kepekaan
terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Keindahan-keindahan
alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3. Lingkungan
sekitar secara seksama
4. Cara
merawat lingkungan sekitar secara sadar
5. Kepedulian
pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Lagu
Lihat Kebunku
F. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi
: Cooperative Learning
Teknik
: Example Non Example
Metode
: Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak
4. Mengajak
Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
5. Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan
apa bedanya di kalau pagi
6. Meminta
informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada
pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan
kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7. Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
|
10 menit
|
Inti
|
1. Menayangkan
gambar tentang lingkungan bersih dan sehat dan lingkungan rumah
yangtidak bersih/tidak sehat. (eksplorasi,
mengamati,menyimak, mendengar)
Gambar rumah sehat mencakup ciri-ciri:
· Rumah
kecil dengan ventilasi cukup
· Ada
teras rumah
· Ada
halaman cukup
· Taman
mungil yang asri
· Tidak
ada sampah yang bertebaran
· Di
pojok halaman ada peralatan untuk membersihkan halaman (ember tempat air
untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri:
· Tidak
memiliki ventilasi yang cukup
· Tidak
memiliki teras/berbatasan langsung dengan jalan raya
· Tidak
memikliki taman atau tanaman hijau
· Tidak
terdapat alat-alat kebersihan
· Tidak
terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan
sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
2. Bertanya
jawab tentang ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat dan tidak
sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
· Mendengarkan
jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak
bersih dan tidak sehat.
· Memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
· Pemerataan
siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
· Memperhatikan
siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban.
· Mendorong
keberanian siswa dalammenjawab dan sikap siswa dalammemberikan
klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
||
3. Guru
menugaskan siswa untuk membaca TEKStentang RUMAHKU
(membaca, mendengar)
4. Diawali
dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya,
dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara
membaca dengan benar
5. Selanjutnya
menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS
· (penilaian
proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai
keberanian dan kebenaran dalam membaca)
· Jika
ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum
dilanjutkan kepada siswa yang lain
6. Bertanya
jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
7. Melalui
pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih
dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus
besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
|
||
8. Guru
mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32
siswa)dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan
penanda dari kelompok)
9. Siswa
berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.
10. Guru membagi gambar kepada
masing-masing kelompok
11. Masing-masing siswa
diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi
(benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang
bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
12. Siswa diminta untuk
menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
13. Setelah tercapai kesepakatan
dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan
yang lain (TPS)
|
||
Penilaian proses:
a. Guru berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b. Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
c. Menilai
dengan lembar pengamatan perilaku.
|
||
Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
· Gambar
kegiatan menyapu kelas
· Gambar
kegiatan membersihkan debu
· Gambar
kegiatan menata buku
· Membersihkan
jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan rumah
· Gambar
kegiatan menyapu rumah
· Gambar
kegiatan mengepel lantai
· Gambar
kegiatan menata tempat tidur
· Gambar
kegiatan membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja
bakti kampung
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan
kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada
kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan
dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
||
14. Semua kelompok mengamati,
memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang
dipelajari.
15. Guru memanggil salah satu
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
Memberi kesempatan kelompok lain untuk
mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
||
16. Mengajak semua siswa berdiri
dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku” untuk
mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
· Guru
mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
· Memberi
contoh sikap yang benar dalam menyanyi
· Menilai
siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap
menyanyi, semangatnya dsb)
· Menggunakan
format pengamatan
|
||
17. Guru mengajak bertanya jawab
tentang makna lagu. Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak
sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit.
Dsb
|
||
18. Menugaskan siswa untuk
bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
|
||
Guru
Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
|
||
19. Guru dan siswa bersama-sama
siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat
|
||
20. Hasil kegiatan dan pekerjaan
siswa ditempel di papan yang
|
||
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar
membiasakan hidup sehat
|
||
Penutup
|
1. Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3. Melakukan
penilaian hasil belajar
|
||
4. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
|
||
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
· Diri
anak
· Lingkungan
keluarga
· Lingkungan
sekolah
· Buku
Tematik Kelas I
· Buku
Pengembangan Diri Anak
· Video/slide/gambar
tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting,
lipat dan tempel
· Gambar/contoh
langsung karya cetak dengan berbagai bahan alam dan bentuk
· Gambar/contoh
langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan
alur sederhana
· Buku
kirigami (seni mengunting)
· Buku
Pengembangan Diri Anak
I. PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan
tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
b. Penilaian
Hasil Belajar
· Pilihan
ganda
· Isian
singkat
· Esai atau
uraian
Mengetahui
Guru Kelas 1
Kepala
Sekolah,
....................................................
...............................................
NIP .............................................
NIP ........................................
PENILAIAN NON TES:
A.
Penilaian Kinerja
1.
Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
Tanggung jawab
|
||||
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal=16
Skor
perolehan
Nilai
=
X 100
Skor Maksimal
2.
Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Komuni-kasi
|
Sistematika
penyampaian
|
Penguasaan
pengetahuan/Materi
|
Keberanian
|
Antusi-as
|
||||
Keterangan Skor :
Komunikasi:
Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak dapat
berkomunikasi
1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak
lancar, tetapi sulit
dimengerti
2 = Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi
lancar tetapi kurang jelas
dimengerti
3 = Sistematis, uraian cukup
4 =
Komunikasi sangat lancar, benar dan jelas
4 = Sistematis, uraian luas, jelas
Wawasan:
Keberanian:
1 = Tidak
menunjukkan pengetahuan/
materi
1 = Tidak ada keberanian
2 =
Sedikit memiliki
pengetahuan/materi
2 = Kurang berani
3 = Memiliki
pengetahuan/materi tetapi kurang
luas
3 = Berani
4 = Memeiliki
pengetahuan/materi yang luas
4 = Sangat berani
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi
kurang kontrol
4 = Antusias dan
terkontrol
Skor maksimal=20
Skor
perolehan
Nilai
=
X 100
Skor Maksimal
B.
Penilaian Produk
1.
PRODUK GAMBAR BANGUN
DATAR DAN BANGUN RUANG
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan menentu
kan benda dengan persegi
|
Ketepatan
menggam-bar persegi
|
Banyaknya benda
dan gambar yang dibuat
|
Kerapian
|
||||
Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan
ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
|
Aspek ke-3
1=Jika
mengidentifikasi 3 -4
2=Jika
mengidentifikasi ≥5
|
Skor maksimal=10
Skor
perolehan
Nilai
=
X 100
Skor Maksimal
MEDIA: LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT
(Benda Yang Terkait Dengan Lingkungan Bersih Dan Sehat seperti: Tempat Sampah,
Tempat Kapur, Tempat Pensil tempat penghapus, Papan Tulis dsb )