Tingkat Pengetahuan dan Keputusan


Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah pelbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal (id.wikipedia.org).

Pengetahuan yang dimaksud disini adalah pengetahuan mengenai bidang profesi akuntansi dan informasi mengenai kasus akuntansi yang menimpa Enron dan KAP Arthur Andersen yang diketahui oleh mahasiswa. Pengetahuan dan informasi yang dimiliki mahasiswa tersebut akan mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap skandal tersebut tergantung tingkat informasi yang mereka dapatkan. Semakin banyak informasi yang mereka ketahui maka akan membantu mereka untuk bisa memberikan persepsi maupun tanggapan terhadap krisis etis yang melibatkan profesi akuntan tersebut. Namun dengan banyaknya informasi yang diperoleh dari media dapat menimbulkan persepsi negatif dari mahasiswa terhadap profesi akuntansi.

Sedangkan mahasiswa yang kurang mendapat informasi mengenai skandal Enron akan berpersepsi biasa saja. Karena mereka tidak terlalu mengetahui duduk persoalannya maka mereka akan tetap memberikan opini positif terhadap bidang profesi akuntansi. 

Pada akhirnya tingkat pengetahuan dan informasi yang dimiliki oleh mahasiswa akan mempengaruhi keputusan mereka untuk berkarier di bidang akuntansi. Persepsi negatif yang dimiliki mahasiswa mengenai perilaku tidak etis yang dilakukan para akuntan ataupun auditor menyebabkan berkurangnya minat mereka untuk melanjutkan karier di bidang akuntansi. Sebaliknya bagi mahasiswa yang tetap beropini positif terhadap profesi akuntansi, skandal yang terjadi tidak mengurangi minat mereka untuk tetap berkarier di bidang akuntansi.
Posting Komentar
close