Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TUGAS BIOMETRI PENDIDIKAN BIOLOGI

Rabu, 10 September 2014 | 15:20 WIB Last Updated 2014-09-10T08:20:57Z

1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan analisis deskriptif, parametric dan non parametric !
·         Statistika Deskriptif
Statistika deskriptif merupakan bagian dari statitika yang mempelajari alat, teknik, atau prosedur yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan kumpulan data atau hasil pengamatan.Statistik deskriptif merupakan metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna (Walpole, 1995).
Statistika deskriptif berkenaan dgn bagaimana data dapat digambarkan dideskripsikan) atau disimpulkan baik secara numerik (misal menghitung rata-rata dan deviasi standar) atau secara grafis (dalam bentuk tabel atau grafik) utk mendapatkan gambaran sekilas mengenai data tersebut sehingga lebih mudah dibaca dan bermakna.
Contoh statistika deskriptif yang sering muncul adalah, tabel, diagram, grafik, dan besaran-besaran lain di majalah dan koran-koran. Contoh : informasi yang diperlukan dalam sensus penduduk untuk menggambarkan karakteristik penduduk, diperlukan data sepert umur, jenis kelamin, status perkawinan, dsb.  Dengan Statistika deskriptif, kumpulan data yang diperoleh akan tersaji dengan ringkas dan rapi serta dapat memberikan informasi inti dari kumpulan data yang ada. Informasi yang dapat diperoleh dari statistika deskriptif ini antara lain ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, serta kecenderungan suatu gugus data.

·         Statistika parametric
Ilmu statistika yang mempertimbangkan jenis sebaran/distribusi data, yaitu apakah data menyebar normal atau tidak. Pada umumnya, Jika data tidak menyebar normal, maka data harus dikerjakan dengan metode Statistika non-parametrik, atau setidak2nya dilakukan transformasi agar data mengikuti sebaran normal, sehingga bisa dikerjakan dg statistika parametrik. Contoh metode statistika parametrik: uji-z (1 atau 2 sampel), uji-t (1 atau 2 sampel), korelasi pearson, Perancangan Percobaan (1 or 2-way ANOVA parametrik), dan lain-lain.

·         Statistika non-parametrik
Statistika non-parametrik adalah statistika bebas sebaran (tdk mensyaratkan bentuk sebaran parameter populasi, baik normal atau tidak). Statistika non-parametrik biasanya digunakan untuk melakukan analisis pada data berjenis  Nominal atau Ordinal. Data berjenis Nominal dan Ordinal tidak menyebar normal. Contoh metode Statistika non-parametrik:Binomial test, Chi-square test, Median test, Friedman Test, dan lain – lain. Statistika nonparametrik agak longgar asumsinya tentang distribusi populasi. Asumsi yang biasa digunakan hanyalah kemalaran (continuity) distribusi populasi. (biasa disebut statistika distribusi bebas).
Perbedaan statistic parametric dan non parametric
ü  Statistic parametric bergantung pada asumsi-asumsi atau anggapan mengenai populasi dimana kita telah menarik sampel dari populasi tersebut.
ü  Statistic non parametric tidak bergantung pada asumsi manapun. Asumsi-asumsi itu antara lain adalah normalitas dan homogenitas data.

2.  Mengapa statiska diperlukan dalam penelitian biologi ? Berikan contoh untuk kegunaannya!
Statistik dalam ilmu Biologi bermanfaat dalam analisis data kualitatif berupa norma-norma diinterpretasikan menjadi data kuantitatif. Interpretasi data kualitatif menjadi kuantitatif memudahkan dalam proses analisis sehingga perubahan-perubahan data dapat langsung dibandingkan dengan teori yang ada.

Misalnya data kualitatif berupa pertumbuhan tanaman setiap hari diubah menjadi data kuantitatif panjang tanaman setiap hari dalam besaran sentimeter sehingga perubahan pertumbuhan panjang mudah dilihat.

Nenda Yunida
Nur Fitrianto
Kristiani Sutaman
×
Artikel Terbaru Update