Konsep Pemasaran dan Tahapan Manajemen Pemasaran



Definisi Konsep Pemasaran :

Falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan salah satu syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Tahapan-tahapan dalam Manajemen Pemasaran :

· Tahap orientasi Produksi
  • Tujuan dan perencanaan perusahaan ditentukan oleh Bagian Produksi
  • Tugas Bagian Penjualan hanya menjual dan mengkoordinasikan tenaga penjual
  • Harga produk sudah ditentukan oleh Bagian Produksi dan Bagian Keuangan
  • Konsep yang dianut disebut Konsep Produksi

· Tahap orientasi Penjualan
  • Pengukuran keberhasilan perusahaan ditentukan oleh volume penjualan dan bukan laba perusahaan
  • Konsep yang dianut disebut Konsep Penjualan

· Tahap orientasi Pemasaran
  • Falsafah untuk berintegrasi dengan dan berorientasi pada konsumen untuk mendapatkan volume penjualan yang menguntungkan
  • Perhatian pada bidang pemasaran
  • Konsep yang dianut disebut Konsep Pemasaran

· Tahap tanggung jawab sosial dan orientasi kemanusiaan
  • Orientasi pada masyarakat dan faktor ekstern yang dapat mempengaruhi program Pemasaran antara lain :

Lingkungan, Ekologi, Politik, Hukum dsb.
  • Faktor-faktor tsb. tidak dapat dikendalikan oleh manajemen perusahaan, tetapi diusahakan untuk pencapaian tujuan dalam jangka panjang
  • Konsep yang dianut disebut Konsep Pemasaran Masyarakat ( Pengembangan Konsep Pemasaran )
  • Tahap ini disebut dengan Tahap Kelangsungan Hidup, dengan memilih dan mengalokasikan Sumber Daya maka perusahaan juga berorientasi pada Persediaan

Posting Komentar
close