Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Objek Studi Geografi

Kamis, 20 November 2014 | 12:45 WIB Last Updated 2014-11-20T05:45:54Z
     Geografi adalah ilmu tentang lokasi serta persamaandan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu ‘ge’ (“bumi”) dan ‘graphein’ (“menulis” atau “menjelaskan”).

      Geografi lebih dari sekedar kartografi studi tentang peta. Geografi tidak hanya menjawab apa dan dimana di atas muka bumi, tetapi juga mengapa disitu dan ditempat lainnya, kadang di artikan dengan “lokasi pada ruang”. Geografi mempelajari hal ini, baik yang disebabkan oleh alam dan manusia. Juga mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.

      Objek studi geografi dapat dikelompokkan menjadi  dua, yaitu objek material dan objek formal.
1.      Objek Material
Objek material geografi adalah sasaran atau isi kajian geografi. Objek material yang umum dan luas adalah geosfer (lapisan bumi ) yang meliputi:

·         Litosfer (lapisan keras), merupakan lapisan luar dari bumi kita. Lapisan ini disebut kerak bumi dalam ilmu geologo.
·         Atmosfer (lapisan udara), terutama adalah lapisan atmosfer bawah yang dikenal sebagai troposfer.
·         Hidrosfer (lapisan air), bai yang berupa lautan, danau, sungai dan air tanah.
·         Biosfer (lapisan tempat hidup), yang terdiri atas hewan, tumbuhan, dan manusia sebagai suatu komunitas bukan individu.
·         Pedosfer (lapisan tanah), merupakan lapisan batuan yang telah mengalami pelapukan.

Jadi secara nyata objek material geografi meliputi gejala-gejala yang terdapat dan terjadi dimuka bumi, seperti aspek batuan, tanah, gempa bumi, cuaca, iklim, gunung api, udara, air, serta flora dan fauna yang terkait dengan kehidupan manusia.


2.      Objek Formal

      Objek formal adalah sudut pandang dan cara berpikir terhadap suatu gejala di muka bumi, baik yang sifatnya fisik maupun sosial yang di lihat dari sudut pandang keruangan. Dalam geografi selalu ditanyakan mengenai dimana gejala itu terjadi dan mengapa gejala itu terjadi ditempat tersebut. Disini ilmu geografi diharapkan mampu menjawab berbagai pertanyaan sebagai berikut :
ü  Apa (what), berkaitan dengan struktur, pola, fungsi, dan proses gejala atau kejadian dimuka bumi.
ü  Dimana (where), berkaitan dengan tempat atau letak suatu objek geografi dipermukaan bumi.
ü  Berapa (how many/ much)berkaitan dengan hal-hal yang menyatakan ukuran (jarak, luas, isi dan waktu)suatu objek geografi dalam bentuk angka-angka).
ü  Mengapa (why), berkaitan  dengan rangkaian waktu dan tempat , latar belakang, atau interaksi suatu gejala dan peristiwa.
ü  Bagaimana (how), berkaitan dengan pejabaran suatu pola, fungsi dan proses gejala dan peristiwa.
ü  Kapan (when), berkaitan dengan waktu kejadian yang berlangsung , baik waktu yang lampau, sekarang, maupun yang akan dating.

ü  Siapa (who), berkaitan dengan subjek atau pelaku dari suatu kejadian atau peristiwa.
×
Artikel Terbaru Update