Distribusi populasi (Penyebaran Populasi) Mahluk Hidup

Kemampuan untuk menyebar merupakan salah satu siklus hidup yang sangat penting dalam organisme, merupakan proses ekologis yang menghasilkan aliran gen (gen flow) diantara populasi lokal dan membantu untuk menghindari terjadinya inbreeding. Penyebaran individu dalam populasi dapat dibatasi oleh halangan geofrafis, dan berpengaruh terhadap komposisi komunitas.
Tiga pola penyebaran populasi
(a)    Emigrasi.
Suatu pergerakan individu ke luar dari tempat atau daerah populasinya ke tempat lainnya dan individu tersebut tinggal secara permanen di tempat beru tersebut.
(b)   Imigrasi.
Suatu pergerakan individu populasi ke dalam suatu daerah populasi dan individu tersebut meninggalkan daerah populasinya selanjutnya tinggal di tempat baru.
(c)    Migrasi.
Pergerakan dua arah, ke luar dan masuk populasi atau populasi pergi dan datang secara periodik selama kondisi lingkungan tidak menguntungkan maka individu-individu suatu populasi akan berpindah tempat, sedangkan kalau suadah menguntungkan kembali ke tempat asal.

¢   Penyebaran organisme2 kecil dan tunas anakan yang pasif pada umumnya berbentuk eksponensial: kepadatannya menurun dengan jumlah yang sama untuk kelipatan yang sam dari jarak dari sumbernya.

¢ Penyebaran binatang2 besar dan aktif  dapat berbentuk penyebaran set-distance : penyebaran yang terbagi secara normal atau bentuk2 lainnya.
Posting Komentar
close