Recana Pelaksanaan Pembelajaran PAI: Menghafal QS Al Kausar dengan lancar Kelas 1 Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SD/MI                           :    SD,Negeri 26 Pemangkat
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    6.   Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar      :    6.1 Menghafal QS Al Kausar dengan lancar
Alokasi Waktu             :   10 x 35 menit ( 5 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran** :
1.      Siswa dapat melafalkan surah Al Kausar dengan benar
2.      Siswa dapat menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
3.      Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Kausar

Karakter siswa yang diharapkan  : 
Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran  :   
1.      Surah Al Kausar .

Metode Pembelajaran     :   
1.      Siswa melafalkan surah Al Kausar secara klasikal dan berkelompok
2.      Siswa mehafalkan surah Al Kausar secara berkelompok dan individu
3.      Siswa membiasakan membaca surah Al Kausar dalam kesempatan-kesempatan lain

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
v  Apersepsi : menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar dan isi kandungannya serta keistimewaannya
v  Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
v  Siswa menghafal surah Al Kausar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
v  Siswa melafalkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
v  Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Kausar secara kelompok dan individu
v  Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
v  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
v  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
v  Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
v  Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal surah Al Kausar dalam buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal surah Al Kausar pada karton atau papan tulis
2.    Alquran (Juz Amma)
3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4.    Buku-buku lain yang relevan
5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.    Pengalaman guru
7.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Melafalkan Surah Al Kausar
Ø  Menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
Ø  Membiasakan membaca Surah Al Kausar
Tes lisan
Tes lisan


Tes lisan
Pelafalan
Hafalan


Hafalan

1.  Lafalkan Surah Al Kausar!
2.  Hafalkan Surah Al Kausar!
3.  Amalkan Surah Al Kausar secara rutin!

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1
SHALSABILLA





2
PRIYO SUCIPTO





3
WALY AHMAD HAYKAL





4
KEISYA NURULITA





5
NURCHOLIS TRISTAN DEFRIANTO





6
VICO FERDINAND





7
M.RYANDI ILFANSURI





8
DENIS JUSRAN





9
MUHAMMAD FATHIR





10
NUR AMEISY





11
MUHAMMAD ALIEF





12
SYARIFAH ZENI





13
AZRIEL ALFA ANANTA





14
MUHAMMAD AZRILSYAH





15
IRGI MUHAMMAD RIZKY





16
EZA AUDIVA





17
PUTRI FRIDINA ALMAVIRA





18
Much. Reevalizza Akhbar





19
HERDIANA RATU ISA





20
Wan Asadel Hakim Ramadhan





21
ABID MUSYAFA'





22
RACHMA FITRYANA





23
DIKHA RAMADHAN





24
RAFI TAUFIQ SINAGA





25
REYHAN SAVERNO





26
CLARISTA HONISTI OKTASIA





27
IMAM ALFATHIR





28
SALSA SHAFA YUMNA





29
KRIEA MADANI





30
SHMILY ISHARDI






JUMLAH






RATA - RATA






CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.




Mengetahui,
PLH Kepala SDN 26 Pemangkat




SYAHRIAN, S.Pd.SD
       NIP. 19561009 197910 1 002


Pemangkat, 05 Agustus 2015
Guru Pendidikan Agama Islam




RUSLAN.S, S.Pd.I
NIP . 19680707 198905 1 001


Posting Komentar
close