Wisata Alam Bahari Pulau Kabung Bengkayang

Foto: nikodemusoul.wordpress.com

Bagi masyarakat khususnya yang berada di Kalimantan Barat,tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos yang banyak untuk menikmati indahnya pemandangan di bawah laut. Di Pulau Kabung yang berada di Kabupaten Bengkayang, terumbu karangnya sangat indah dan didukung oleh panorama alam lainnya yag juga indah. Pulau ini sudah ditunjang fasilitas yang cukup lengkap dan bianyanya pun tidak mahal. Kalau dulu harus menginap di rumah warga atau di mendirikan tenda di tepi pantai, kini pulau kabung sudah memilki penginapan. Tempat penyewaan alat selam pun telah tersedia.

Pulau Kabung merupakan wisata alam bahari yang ada di Kabupaten Bengkayang. Saat berada di Objek Wisata bahari di Kabupaten Bengkayang, wisatawan dapat melakukan kegiatan menyenangkan yang berhubungan dengan laut. “ Di sana, di pulau-pulau yang ada di wilyah bengkayang wisatawab dapat melakukan kegiatan diving, Snorkling, traditional Fish Hunting, dan berbagai kegiatan lainnya,"jelas Frans Wijaya, Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata Kabupaten Bengkayang.

Frans mengatakan beberapa objek wista alam di Kabupaten Bengkayang sudah tertata rapi oleh pengelola wisata/ baik oleh investor maupun kelompok sadar wisata (KSW). "Terdapat 12 pulau kecil di Kabupaten Bengkayang, namun saat ini hanya empat pulau saja yang telah di kelola baik oleh investor, KSW, pemerintah desa, maupun dari dinas pariwisata sendiri dan salah satu pulau itu adalah Pulau Kabung," tambah Frans.

Seperti yang kitakan oleh Frans Wijaya, jika wisatawan ingin menikmati pemandangan indah bawah laut, bisa mengunjungi Pulau Kabung yang terletak di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Pulau kecil ini menyimpan berjuta keindahan di dalamnya. Air lautnya yang begitu jernih, membuat kita bisa melihat sampai ke dasar laut. Kegiatan menyelam dan snorkeling di pulau ini akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan. Pemandangan laut biru yang menyegarkan seakan membuat otak melepaskan pikiran-pikiran yang selama ini menjadi beban. Apalagi saat perjalan kita dapat melihat keunikan bagan-bagan milik para nelayan. Saat melihat bagan-bagan itu pasti kita berfikir, bagaimana bagan-bagan itu bisa berdiri di lautan atau bagaimana orang membuatnya.

Andi Kartini, salah satu Ketua RT di Pulau Kabung sedikit menceritakan keadaan di Pulau Kabung, bahwa di pulau ini kita bisa melihat matahari terbenam dan pulau ini sangat cocok untuk yang hobi memancing, karena banyak titik pemancingan yang berada di karang-karang di tepi pantai. “Wisata unggulannya, terumbu karang, matahari tenggelam, pemandangan lautnya indah dan pulaunya berdampingan dengan pulau lemukutan, Pulau Penata Kecil, Pulau Penata Besar dan Pulau Randayan, kata wanita berwajah manis ini.

Saat memulai perjalanan dari dermaga menunju pulau ini dengan motor air/ mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan laut yang dipenuhi dengan bagan-bagan berdiri kokoh di tengah lautan// Untuk menuju Pulau Kabung/ wisatawan bisa menggunakan perahu motor dengan harga 10 ribu per orang. “Kalau pulang pergi biaya penyeberangan harganya Rp. 20.000 tapi kalau cataran beda harganya, bisa lewat Pantai Samudera atau lewat Teluk Suak,” jelas Andi Kartini

Jangan khawatir untuk masalah penginapan, kini di pulau kabung telah memiliki penginapan yang di kelolah oleh Andi Kartini. Harganya murah, saat ini per kamar untuk satu malam hanya Rp. 50.000 dan katering untuk satu hari 3 kali makan juga Rp. 50.000 rupiah. “Saya juga baru buka penginapan di Pulau Kabung, jadi masih dalam rangka promosi” ungkap Andi Kartini.

Untuk Fasilitas di Pulau kabung, cukup lengkap. Selain penginapan, di Pulau kabung juga memiliki toilet umum dan penyewaan alat-alat selam atau snorkling. “Saya hanya mengurusi penginapan, konsumsi dan transportasi, kalau alat selam kami kerjasama dengan Jeni, jadi dia yang menguruskannya. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan tempat penginapan, konsumsi dan transportasi ke Pulau Kabung. 
Wisatawan yang berminat dapat menghubungi ibu Andi Kartini di nomor 0823 511 34 595. “Kalau kebetulan tidak aktif, sms aja, karena mungkin sinyal atau drop, soalnya disana masih pakai genset”, katanya.
Selain kegiatan selam atau snorkeling wisatawan akan ditawarkan keunikan kehidupan nelayan di Pulau Kabung dan perkebunan cengkeh di pegunungan. Wisatawan juga bisa membeli ikan teri, sotong, dan Ikan sebagai oleh-oleh.

Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkayang melalui Frans Wijaya, membuka pintu selebar-lebarnya bagi para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri yang ingin berkunjung untuk menikmati indahnya Objek wisata di Kabupaten Bengkayang. “ Kami sangat berterimakasih kepada wisatawan karena telah mau berkunjung ke objek wisata di daerah kami, dan kami mengajak wisatawan lainnya, agar bisa juga menikmati indahnya alam kami ini,” ucap Frans saat di temui di ruang kerjanya.

Frans Wijaya selaku Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata Kabupaten Bengkayang juga menghimbau agar masyarakat selalu menjaga keamanan serta bersikap ramah tamah kepada para wisatawan dan mau membantu jika mereka mengalami kesulitan atau membutukan informasi. Ia juga meminta kepada masyarakat dan para stake holder agar bisa bekerjasama merawat, melindungi dan mengembangkan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Tulisan ini adalah sebagian dari hasil liputan feature radio saya untuk pariwisata Kabupaten Bengkayang. Feature ini telah di putar di Radio Muare FM.

Posting Komentar
close