Pengertian Mortalitas

Mortalitas adalah jumlah individu dalam populasi yang mati selama periode waktu tertentu. Dalam studi populasi biologiwan lebih tertarik pada mengapa organisme mati pada usia tertentu. Mortalitas atau kebalikannya survival, bisa dilihat dari berbagai aspek. Sebgaian besar organisme yang hidup di alam jarang pada kondisi optimum, sebagian besar hewan atau tumbuhan mati karena penyakit, predator, atau ancaman alamiah lain. Laju kematian populasi adalah jumlah individu dari suatu populasi yang mati dalam periode waktu tertentu (jumlah yang mati per satuan waktu). Laju kematian populasi nilainya negatif, karena merupakan kebalikan dari angka kelahiran. Nisbah antara angka kelahiran dan kematian disebut vital indeks yang dirumuskan dalam bentuk persentase (%)

Ada 3 pengertian menyangkut mortalitas, sbb:
  1. Mortalitas Ekologi (Ecological of realized mortality), kematian yang terjadi kareba keadaan lingkungan tertentu akibat adanya faktor ekologi tertentu.
  2. Mortalitas Minimum Teoritis, kematian yang terjadi hanya karena faktor ketuaan dan bukan karena limiting factor.
  3. Mortalitas Khusus (Specific Mortality), prosentase (tingkat) kematian dari populasi semula untuk setiap priode waktu tertentu.

Posting Komentar
close