Kalbar Review

Kalimantan adalah sebutan untuk daratan terbesar yang berbentuk  di nusantara yang sering disebut dengan nama Pulau Borneo. Pulau ini memilki banyak sungai, bukit dan hutan. Pulau borneo juga di kuasai oleh 3 negara besar di Asia Tenggara terutama Indonesia, Brunai Darussalam dan Malaysia. Kolonoial Belanda menyebut orang-orang yang tinggal di pulau Kalimantan ini dengan sebutan Orang Dayak. Akhirnya penggelaran oleh pemerintah kolonial Belanda tersebut mengakar di masyarakat bahkan ke seluruh dunia. Bukan hanya sebutan tersebut tapi kehidupan sosial budaya juga terkenal yaitu terkesan primitif dan buas, akan tetapi hal tersebut secara kenyataan tidaklah demikian. Di setiap masyarakat pasti ada yang buruk dan ada yang baik itulah kenyataannya.

Kalimantan Barat atau west borneo merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai wilayah cukup besar meliputi area seluas lebih dari 146,807 km persegi.  Sekarang wilayah hutan di kalimantan barat telah berkurang karena adanya perluasan lahan sawit yang dicanangkan pemerintah pusat untuk meningkatkan pendapatan negara. Program pemerintah ini banyak menuai konflik yang disebabkan tidak sinerginya pemerintah dengan masyarakat dan perusahaan serta Undang-Undang Agraria dan Undang-undang tentang Wilayah hutan masih tumpang tindih.

Kalimantan Barat memilki beragam kekayaan alam dan beragam kebudayaan.  Pada umumnya masyarakat Kalimantan Barat merupakan bangsa Melayu (Proto Melayu dan Deutro Melayu) yang terdiri dari berbagai suku seperti 2 suku besar yaitu suku melayu dan suku dayak serta selebihnya adalah Bangsa Tionghoa yang juga terbagi dalam beberapa suku seperti Kek dan Hoklo. Suku lain di Kalbar seperti Suku Jawa, Bugis, Batak, Madura, dan lain-lain.

Orang Dayak dengan tradisi dan keyakinan mereka disajikan dalam berbagai bentuk , seperti  baju khas manik-manik, mandau, telinga memanjang, tato, seni lukisan yang rumit penuh , ukiran desain d tarian serta bentuk rumah yang biasa disebut dengan Betang dan banyak lagi yang lainnya
Belum lagi dengan orang  Melayu Kalbar yang unik karena tariannya, syairnya, pantunnya, serta bentuk karya dan budaya yang lainnya.

Dari segi alam, Kalimantan Barat kaya mineral dan batu . Berbagai mineral berharga yang ditemukan di wilayah Kalbar seperti emas, merkuri ,mangan ,bauksit ,gipsum dan  kaolin . Dari sektor kehutanan, Bumi Khatulistiwa ini pada tahun 2005 menghasilkan kayu sebanyak 450,030 m³. Ini belum termasuk produksi non kayu yang juga melimpah ruah, meliputi: arang rimba campuran di atas tanah seluas 309.875 ha; damar batu sebanyak 78 ton; rotan lacak sebanyak 16 ton, rotan cacing mencapai 3.689 ton, rotan semambu dengan jumlah 348.800 batang, rotan manau sejumlah 49.000 batang, rotan getah sebanyak 258 ton, rotan segak seberat 231 ton, kulit kayu gembor seberat 128 ton dan 57 ton gaharu buaya.

Potensi dan lokasi pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat tersebar di beberapa kabupaten dan kota. Contohnya pulau-pulau di Kalbar juga memilki panorama yang tidak kalah menariknya dengan pulau-pulau yang ada di Nusantara maupun di seantero dunia.
Di Kabupaten Bengkayang, dapat ditemui  Pulau Randayan dan Air terjun Tikarang.
Ketika beranjak ke Kabupaten Sanggau, kita dapat menikmati indahnya air terjun Pancur Aji dan melihat secara dekat Pos Lintas Batas Entikong.

Kabupaten Sintang Objek wisatanya berupa Bukit Kelam dan Taman Nasional Bukit Baka/Raya.
Kabaupaten Kapuas Hulu Objek wisata adalah Betung Kerihun, Danau Sentarum. Kabupaten Ketapang Objek wisatanya berupa Pulau Karimata, Taman Nasional Gunung Palung, Suaka Alam Kendawangan Keraton Muhammad Saunan dan Makam raja-raja tanjung pura.

Di Kota Pontianak, terdapat Tugu Khatulistiwa, Sungai Kapuas, Kraton Kadriyah, Masjid Jami, griya Kerajinan, Duplikat Rumah Panjang dan Musium Negeri. 

Di Kabupaten Pontianak terdapat Objek wisata seperti Pantai Kijing, Pulau Tomajo, Kraton Amantubillah, Makam Juang Mandor, dan Rumah Panjang Kampung Saham. Objek wisata di Kabupaten Landak antara lain Air Terjun Mananggar, Air Terjun Malanggar.

Di Kabupaten Sambas, wisatawan dapat menikmati Pantai Sinam Tj. Batu Pemangkat. Di Kota Singkawang dapat menikmati Pantai Pasir Panjang dan Chinese Town.

Lain lagi dengan yang ada di Kabupaten Sintang selain bukit Kelam yang eksotik ada wisata alam lainya yang menarik seperti Hutan Wisata Baning yang menampilkan keberadaan hutannya, jalur wisata yang dibuat di bawah keteduhan tajuk pohon, serta ekosistem hutannya yang unik berupa hutan rawa gambut merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Di Kabupaten Landak tempat menark yang bisa dikunjungi seperti Wisata Air Terjun Banangar atau Manangar yang terletak di hulu Sungai Landak, Keraton Ismahayana, Rumah Betang Saham, dan Makam Juang Mandor. Selain itu, ada budaya upacara Naik Dago, Festival Budaya Binua Landak, Tumpang Negeri dan Ziarah Akbar, serta Robo-Robo.

Peran Industri dalam pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat dari tahun ke tahun semakin meningkat. Produk-produk unggulan Industri di Kalimantan Barat antara lain: Karet (Crumb Rubber); Kelapa Sawit (CPO); Kelapa (Kopra, Sabut, VCO, Arang Tempurung); Hasil Laut (Produk Cold Storage Ikan/Udang); Aloe Vera (Aneka Makanan & Minuman dari Lidah Buaya, Tepung Lidah Buaya) serta aneka kerajinan & Produk IKM Unggulan seperti Tenun Tradisional, Keramik Hias, Bidai, Anyaman, Tikar Limbah Kayu serta Aneka Produk Pangan Khas Kalimantan Barat.

 Masih banyak potensi daerah Kalimantan Barat yang belum di eksplor dan di kembangkan, perlu usaha keras untuk menjadikan Kalimantan Barat sesuai Keinginan kita bersama. Perlunya perhatian dan keseriusan pemerintah serta dukungan masyarakat untuk menggapai mimpi bersama.


Poskan Komentar