Rahasia Mudah Menulis Artikel Ilmiah (Opini, Essai dan Makalah)


Perkara membuat suatu tulisan memang sering membuat pusing. Apalagi menulis sesuai aturan seperti tulisan karya ilmiah. Artikel ilmiah seperti opini, essai, skripsi ataupun tesis memang memiliki syarat yang cukup rumit yaitu sumber pendapat atau literatur yang jelas, kutipan dan tentu saja riset. Namun jika anda telah mengetahui poin-poin penting dari suatu artikel ilmiah maka artikel ilmiah itu terasa sedikit lebih mudah. Tentunya juga harus diringi dengan wawasan penulis dan mindset penulis. Orang-orang suka berdiskusi akan lebih mudah dalam membuat konsep tulisan. Berikut adalah Konsep atau langkah-langkah sederhana dalam menulis suatu artikel ilmiah.

  1. Menentukan Topik atau Tema. Sebelum anda membuat sebuah tulisan, terlebih dahulu tentukan apa yang akan anda tulis. Tujuannya agar anda bisa secara cepat memfokuskan kegiatan dalam menulis selanjutnya. Cara yang paling mudah dalam menentukan tema adalah dengan ISU yaitu wacana atau buah omongan orang-orang apa saja yang sedang berkembang di sekitar anda. Isu atau wacana itu harus anda sempitkan dengan menggunakan tempat, waktu, atau sub bidang.
  2. Mencari Literatur Atau Bahan. Setelah mendapat mendapatkan topik, anda sebaiknya mencari berbagai hal mengenai tema anda, dari suatu artikel, foto, video dan data lainnya. Proses pencarian literatur bisa anda mulai dengan searching di Internet, buku, majalah atau surat kabar, radio dan televisi.
  3. Menentukan Masalah dari Topik yang anda ajukan. Masalah adalah kesenjangan antara teori dan fakta. Menentukannya dengan cara membandingkan teori dan fakta yang terjadi di lapangan sesuai dengan topik yang akan anda tulis.
  4. Analisis: Sekarang bahwa Anda memiliki dasar pengetahuan yang baik, memulai menganalisis argumen atau pendapat dari sekian banyak artikel, foto, video dan data lainya. Bandingkan dengan teori yang ada, sehingga akan nampak kelemahan dan kelebihan dari suatu artikel baik itu opini, essay maupun penelitian ilmiah. Kemudian hubungkan dengan pendapat anda tentang topik yang anda ajukan sebelumnya.
  5. Tentukan Fokus atau segmentasi tulisan: Menentukan fokus sangat penting agar bahasan anda tidak melebar dan pekerjaan anda menjadi sia-sia. Tentukan sub bahasan atau teori yang mengenai topik anda. Misalnya berbicara tentang Air bersih maka fokusnya adalah Sumber Air, Pengguna Air, dan Pemanfaatan Air bersih.
  6. Tentukan Tubuh Tulisan: Membuat kerangka tulisan itu penting agar memudahkan anda dala menulis sekurang-kurang formatnya adalah Judul, Latar belakang atau pendahuluan, Rumusan Masalah, Kerangka Teori, pembahasan dan Kesimpulan atau saran.
  7. Mulailah menulis. Tulisankan apa saja dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah anda lakukan di atas. Kutip apa saja yang anda anggap penting dengan syarat mencantumkan sumber yang jelas.

Tips Sebelum Memulai Membuat Suatu Tulisan


1. Tulis saja apa yang ada dibenak anda sampai anda merasa sudah mentok, jangan di edit saat kata-kata ada yang kurang. Demikian seterusnya sampai anda merasa telah cukup.
2. Setelah selesai menuliskan apa yang anda pikirkan maka bacalah berulang kali untuk memperbaiki tulisanyang dirasakan ada kekurangan.
3. Diskusikan dengan teman anda tentang apa yang anda tulis. Manfaatnya adalah untuk mengetahui kekurangan dari tulisan anda dan membuatnya lebih padat dengan manfaat.

Catatan:
1. Untuk tulisan opini tidak perlu menuliskan kerangka tulisan dalam praktiknya. Tinggal bagaimana anda dapat membuat antar paragrap saling tersambung. Opini adalah tulisan pendapat yang didukung dengan teori para ahli dan data.
2. Untuk Tulisan Essai, mirip seperti opini namun teori dan data yang digunakan lebih banyak dari opini dan penjelasannya lebih ilmiah di banding opini.
3. Tulisan Makalah, hampir mirip dengan poin No 7 diatas. Kerangka tulisan harus masuk kedalam artikel anda.
4. Untuk Jurnal, Skripsi dan Tesis, adalah pengembangan dari kerangka atau langkah-langkah di atas, hanya saja masalah dibahas lebih diperdalam atau memiliki sub masalah yang banyak dan harus memiliki banyak literatur dari Ahli terutama yang sudah dibukukan.
Nah sekian penjelasan dari saya dalam cara sederhana menulis suatu artikel ilmiah. Untuk lebih mudah memahami, mohon dibaca secara perlahan dan langsung dipraktekkan. Semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya.
Posting Komentar
close