Contoh Format LAPORAN GURU PENERIMA TUNJANGAN PROFESI






LAPORAN GURU PENERIMA TUNJANGAN PROFESI TAHUN 2014
BULAN          : NOVEMBER  2014

I.     IDENTITAS GURU
1.      Nama Sekolah                                     :  
2.      Nama Guru                                          : 
3.      NUPTK                                               :  
4.      NRG                                                    :  
5.      Alamat Sekolah                      
a.       Jalan                                             :  
b.      Kecamatan                                   :  
c.       Kabupaten                                    :  
d.      Telepon/E-mail                             : 
6.      Mengajar Mata Pelajaran                     :  
7.      SK Pengangkatan
I.    SK Pertama sebagai Guru

a.       Pejabat yang Mengangkat         :   Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Provinsi
b.      Nomor SK                                 :  
c.       Tanggal SK                               :  
II.  SK  Terakhir
a.       Pejabat yang Mengangkat         :  
b.      Nomor SK                                 :  
c.       Tanggal SK                               :       
8.      Alamat Rumah
a.       Jalan                                           :  
b.      Kecamatan                                 :  
c.       Kabupaten                                 :  
d.      Telepon/E-mail                          :  



LAPORAN SINGKAT KEMAJUAN YANG DIPEROLEH SEKOLAH DAN SISWA
BULAN          :  SEPTEMBER 2014

   I.       PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Indonesia adalah Negara yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dan Agama Islam adalah agama terbesar di negara ini. Sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlak mulia akan menentukan kemajuan suatu negara. Sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003, ditegaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,  mandiri dan menjadi  warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan harus lebih banyak dilakukan pengajar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. Salah satu upaya untuk peningkatan proses pembelajaran adalah penggunaan media secara efektif mempertinggi kualitas yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar.

B.     TUJUAN
Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah peserta didik mampu berperilaku sebagaimana berikut.
1.      Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat.
2.      Dari pemahaman makna hadis tentang kebersihan dan kesehatan. Siswa berakhlak mulia yang tercermin dalam perilaku sehari-hari dalam hubungannya dengan Allah, sesama manusia dan alam sekitar.

    II.       ISI
A.    Rincian Kegiatan
Kegiatan pembelajaran dilakukan selama 4 x 35 menit atau empat jam pembelajaran. Dimulai dengan berdoa sebelum memulai pelajaran,  guru melanjutkan dengan memberikan pertanyaan kepada siswa secara acak sebagai bahan apersepsi. Kemudian guru memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran hari ini sebagai berikut.
1.      Membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.
2.      Menyebutkan keterangan berdasarkan hadis tentang perilaku hidup bersih dan sehat.
3.      Menyebutkan cara hidup bersih dan sehat.
4.      Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat.



B.     Penjelasan Isi Materi
Nabi Muhammad saw. menyukai kebersihan. Kebersihan menjadi kebiasaan orang beriman. “Bersihkanlah dirimu, sesungguhnya Islam itu bersih”. Orang mukmin yang bersih akan sehat, sedangkan orang mukmin yang sehat akan kuat dan lebih dicintai oleh Allah Swt. Hidup bersih dengan cara membersihkan badan dan pakaian serta lingkungan  sekitar. Hidup sehat dengan cara makan dan minum yang teratur, istirahat cukup, olahraga ibadah dan lain-lain.

C.    Tindak Lanjut
Di akhir pembelajaran dilakukan tes akhir dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menyerap materi yang telah disampaikan. Selain itu peserta didik diharapkan bisa mengamalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam kehidupan sehari-hari bagi  siswa yang belum mencapai KKM yang diharapkan diberikan program remedial berupa tugas atau PR.

D.    Dampak
Dampak dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah peserta didik memahami dan mengerti apa itu perilaku serta cara hidup bersih dan sehat, dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.




Mengetahui,
Kepala Sekolah





 

Pemangkat,   November 2014
Guru PAI




 
 








Poskan Komentar