Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Skenario Pembelajaran CTL Pada Materi Kubus dan Balok

Jumat, 21 Juni 2013 | 13:17 WIB Last Updated 2014-09-10T08:30:18Z
Skenario Pembelajaran CTL Pada Materi Kubus dan Balok
Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 2 Jam Pertemuan (2 x 45 menit)
1.
Standar Kompetensi
:
Memahami sifat-sifat, bagian-bagian dari kubus dan balok serta menentukan ukurannya.

2.
Kompetensi Dasar
:
Mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan balok serta bagian-bagiannya.

3.
Materi Pembelajaran
Sub Materi
:
:
Bangun Ruang Sisi datar
Kubus dan Balok

4.
Metode Pembelajaran
:
Pembelajaran Kontekstual (CTL)



Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Alokasi Waktu (Menit)
Pendahuluan
1.    Appersepsi
2.    Memotivasi dengan cara mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang benda berbentuk balok dan kubus dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:
-          Apakah siswa mengetahui bahwa mainan rubrik itu berbentuk balok .
-          Apakah siswa mengetahui bahwa papan itu berbentuk balok .
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Menyimak dan memberikan respon terhadap informasi, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan menjawab, atau berargumentasi.
10
Eksplorasi
1.      Memberikan materi mengenai unsur-unsur titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal, tinggi, dari kubus dan balok
2.      Membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari teman sebangku.
3.      Meminta setiap kelompok untuk menggunakan ide dari kelompoknya sendiri tentang unsur-unsur kubus dan balok menggunakan media pembelajaran, dan sumber belajar yang berbasis lingkungan

a.       Menyimak dan bertanya atas penjelasan guru
b.      Siswa membentuk kelompok sesuai kesepakatan dengan guru
c.       Siswa mencari media pembelajaran berbentuk balok dan kubus disekitar lingkungan sekolah
d.      Siswa saling melakukan interaksi atau bertukar pendapat dalam kelompok masing-masing, membahas tugas yang diberikan oleh guru

25
Elaborasi
1.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa dan aktivitas siswa
2.      Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.      Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;


a.         Siswa bersaing dalam dalam mempertahankan pendapat dalam kelompok berdasarkan pengetahuan masing-masing
b.         Siswa menuangkan hasil pekerjaan kelompok dalam lembar tugas
c.         Siswa bersama kelompoknya masing-masing menyajikan hasil pekerjaan kelompok sesuai intruksi dari guru
30
Konfirmasi
1.      Bersama dengan siswa  membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.      Memberikan penghargaan dan motivasi kepada siswa

a.       Bersama dengan guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran dan bertanya mengenai materi yang belum dipahami
b.      Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru
c.       Siswa mendapat inspirasi dan motivasi dari guru

15
Penutup
1.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan tugas individual maupun tugas kelompok yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan hasil belajar siswa.
2.      Bersama siswa menutup pembelajaran

a.       Siswa mendengarkan guru dan bertanya tentang instruksi dari guru yang mennurutnya belum jelas
b.      Bersama guru menutup pembelajaran
10


×
Artikel Terbaru Update