1.
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Memahami sifat-sifat, bagian-bagian dari kubus dan balok serta menentukan ukurannya.
|
|
2.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi sifat-sifat kubus dan balok serta bagian-bagiannya.
|
|
3.
|
Materi
Pembelajaran
Sub Materi
|
:
:
|
Bangun Ruang
Sisi datar
Kubus dan
Balok
|
|
4.
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Pembelajaran Kontekstual
(CTL)
|
|
Aktivitas
Guru
|
Aktivitas
Siswa
|
Alokasi
Waktu (Menit)
|
Pendahuluan
1.
Appersepsi
2.
Memotivasi dengan cara mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang benda berbentuk balok dan kubus dalam kehidupan
sehari-hari, misalnya:
-
Apakah siswa mengetahui bahwa mainan rubrik itu
berbentuk balok .
-
Apakah siswa mengetahui bahwa papan itu berbentuk
balok .
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
Menyimak
dan memberikan respon terhadap informasi, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
oleh guru dengan menjawab, atau berargumentasi.
|
10
|
Eksplorasi
1.
Memberikan materi mengenai unsur-unsur titik
sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang
diagonal, tinggi, dari kubus dan balok
2.
Membagi siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari
teman sebangku.
3.
Meminta setiap kelompok untuk menggunakan ide dari
kelompoknya sendiri tentang unsur-unsur kubus dan balok menggunakan media
pembelajaran, dan sumber belajar yang berbasis lingkungan
|
a.
Menyimak dan bertanya atas penjelasan guru
b.
Siswa membentuk kelompok sesuai kesepakatan dengan
guru
c.
Siswa mencari media pembelajaran berbentuk balok
dan kubus disekitar lingkungan sekolah
d.
Siswa saling melakukan interaksi atau bertukar
pendapat dalam kelompok masing-masing, membahas tugas yang diberikan oleh
guru
|
25
|
Elaborasi
1.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa dan
aktivitas siswa
2.
Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
3.
Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja
individual maupun kelompok;
|
a.
Siswa bersaing dalam dalam mempertahankan pendapat
dalam kelompok berdasarkan pengetahuan masing-masing
b.
Siswa menuangkan hasil pekerjaan kelompok dalam
lembar tugas
c.
Siswa bersama kelompoknya masing-masing menyajikan
hasil pekerjaan kelompok sesuai intruksi dari guru
|
30
|
Konfirmasi
1.
Bersama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2.
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.
Memberikan penghargaan dan motivasi kepada siswa
|
a.
Bersama dengan guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran dan bertanya mengenai materi yang
belum dipahami
b.
Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh
guru
c.
Siswa mendapat inspirasi dan motivasi dari guru
|
15
|
Penutup
1.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan memberikan
tugas individual maupun tugas kelompok yang berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari sesuai dengan hasil belajar siswa.
2.
Bersama siswa menutup pembelajaran
|
a.
Siswa mendengarkan guru dan bertanya tentang
instruksi dari guru yang mennurutnya belum jelas
b.
Bersama guru menutup pembelajaran
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|