Kendala Pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG)


Menurut setandar pengembangan KKG/MGMP Direktorat Profesi Pendidik Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, kinerja KKG/MGMP disetiap daerah masih rendah. Di beberapa daerah menunjukkan peningkatan kinerja KKG/MGMP yang cukup menggembirakan, namun sebagian masih memprihatinkan.

Kendala atau hambatan merupakan hal-hal yang menghalangi atau yang menjadikan pelaksanaan program kegitan tidak terlaksana dengan baik dan pelaksanaan tidak maksimal. Menurut Ariswahyu (2011) berbagai kendala yang dihadapi oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas saat ini dalam usaha menciptakan kelompok kegiatan yang aktif dan efektif adalah sebagai berikut:
  1. Manajemen kelompok kerja masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya optimalisasi intensifikasi pembinaan kegiatan kelompok kerja.
  2. Program-program kegiatan kelompok kerja masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesionalitas guru, kepala sekolah, dan pengawas.
  3. Dana pendukung operasional belum memadai dan kurang dimanfaatkan secara maksimal.
  4. Bervariasinya perhatian dan kontribusi pemerintah daerah melalui dinas pendidikan terhadap program dan kegiatan kelompok kerja.
Posting Komentar
close