Pengertian Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen menurut Eeng Ahman (2007:29) adalah “aktivitas konsumen saat mendapatkan, , mengurangi dan menghilangkan nilai guna suatu barang atau jasa. Sedangkan Tim MGMP dan Kelompok Kerja Pengembangan Kurikulum Ekonomi SMA DKI Jakarta (2004:103), mendefinisikan perilaku konsumen sebagai “ Sikap konsumen dalam memenuhi kebutuhan yang disesuiakan dengan pendapatan”. Menurut Suharno dan Sutarso (2009:85), “terdapat empat empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam maelakukan pembelian yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi”.

Perilaku konsumen menitikberatkan pada aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi dari individu. Perilaku konsumen berhubungaerilaku konsumen selanjutnya dipengaruhi kepuasan konsumen atas produk. Menurut Kottler (1997), “apabila pelanggan merasa puas, maka dia akan menunjukkan besarnya kemungkinan untuk kembali membeli produk yang sama”.(Lupiyoadi dan Hamdani, 2006: 194).
n dengan alasan dan tekanan yang mempengaruhi pemilihan, pembelian, penggunaan, dan perilaku pasca pembelian barang dan jasa. P
Posting Komentar
close