PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN MODEL EKONOMI 4 SEKTOR


Faktor pendorong perdagangan internasional antara lain:

  1. Adanya perbedaan kondisi produksi antarnegara
  2. Adanya perbedaan selera dan preferensi konsumen antarnegara
  3. Adanya tendensi penghematan biaya produksi akibat produksi yang semakin besar
  4. Adanya peningkatan kemakmuran global akibat penggunaan SDE yang lebih efisien (absolute and comparative advantage)

Absolute Advantage →Adam Smith 
adalah keunggulan yang dimiliki sebuah negara tertentu dalam memproduksi/ menghasilkan suatu barang dengan cara yang lebih efisien dibandingkan dengan negara lain
Comparative Advantage →David Ricardo
adalah keunggulan yang dimiliki sebuah negara tertentu dalam memproduksi/ menghasilkan suatu barang dengan cara yang lebih efisien relatif dibandingkan barang lain
contoh
Jumlah jam kerja orang yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 unit pangan dan 1 unit sandang
di negara A dan B adalah:


negara A
negara A
pangan
1
3
sandang
2
4
DTN
1P=0,5S
1P=0,75S

Negara A memiliki keunggulan absolut untuk komoditi pangan maupun sandang sedang negara B sama sekali tidak memiliki keunggulan abolut baik untuk komiditi pangan maupun sandang.

Negara A memiliki keunggulan komparatif untuk komiditi pangan sedang negara B memiliki keunggulan komparatif untuk komiditi sandang.

penjelasan
I. Negara A memiliki AA pada komiditi sandang maupun pangan, karena untuk menghasilkan komiditi sandang dan pangan membutuhkan jam kerja orang yang lebih sedikit (lebih murah) daripada negara B → (1<3 2="" dan="" p="" pangan="" sandang="" untuk="">
II Di negara A
    1 unit sandang = 2 unit pangan atau
    1 unit pangan = 1/2 unit sandang
Di negara B
    1 unit sandang = 4/3 unit pangan atau
    1 unit pangan = 3/4 unit sandang

Jadi, pangan secara relatif lebih murah di negara A (1/2<3 b="" di="" lebih="" murah="" negara="" p="" relatif="" sandang="" secara="" sedang="">


Poskan Komentar