Aktivitas Pendengaran Peserta Didik Untuk Memahami Materi dalam Proses Pembelajran


1.    Pengertian aktivitas pendengaran
Secara garis besar proses pembelajaran dapat diterima oleh siswa adalah lewat pendengaran yang baik. Karena anak yang mampu mendengar dengan baik berarti dia mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Menurut Slameto (2003:108) bahwa “ Mendengar dan mendengarkan merupakan dua hal yang berbeda. Mendengar merupakan proses pasif yang terjadi, mendengar hanyalah satu tahap dari proses mendengarkan yang kompeks”. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas pendengaran adalah sebuah kegiatan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru agar pembelajaran dapat diterima dengan baik. Untuk itu seorang pendidik atau guru harus bisa dan mampu memahami karakteristik peserta didik dengan baik agar semua siswa dapat mengikuti dan menerima materi dengan baik pula.
2.  Syarat syarat aktif mendengarkan dalam proses pembelajaran
Keaktifan siswa sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, bukan hanya aktif  memperhatikan tetapi siswa juga harus aktif dalam mendengarkan. agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik maka dibutuhkan pendengaran yang benar-benar akurat.untuk itu pendidik harus bisa memposisikan siswa nya agar mereka dipastikan dapat mendengarkan dengan baik. Menurut Abu Ahmadi (2008:80) bahwa “
Bagi anak yang kurang mendengar, mereka ditempatkan pada deretan paling depan, agar suara guru masih keras didengar, anak yang kurang pendengarannya disebelah kiri harus duduk di meja sebelah kiri dan anak yang kurang pendengaran disebelah kanan harus duduk pada meja sebelah kanan agar telinga mereka dapat berfungsi dengan baik”.
Jadi dapat disimpulkan bahwa posisi duduk siswa juga berpengaruh terhadap pendengaran siswa. Untuk itu guru harus bisa mengkondisikan siswa sesuai dengan karakteristik siswa nya masing-masing.
3.  Unsur-unsur yang dibutuhkan dalam aktif mendengarkan
Mendengarkan adalah suatu proses dalam pembelajaran karena dengan mendengarkan kita menjadi mengerti atau paham apa yang disampaikan oleh orang lain,dalam hal ini adalah pendidik atau guru. Menurut Slameto (2003:111) “agar siswa memusatkan perhatian dan pendengaran nya kepada guru maka  ada beberapa unsur-unsur atau syarat diantaranya ialah :

a) memusatkan semua kekuatan fisik dan mental untuk mendengarkn; b) menahan diri untuk tidak menyela pembicara; c) menunjukkan minat dan kesiapan; d) mencari bidang-bidang yang bersamaan dengan pembicara; e) mencari arti dan menghindari diri terpancang pada kata-kata tertentu; f) tunjukkan kesabaran, karena mendengarkan lebih cepat dari berbicara; g) menahan diri untuk memberi tanggapan emosional terhadap hal yang dibicarakan; h) bertanya jika tidak mengerti; i) tidak membuat penilaian sebelum pembicara selesai menyajikan uraiannya dan kita mengerti materi yang dibicarakan; j) berikan umpan balik yang jelas dan tidak meragukan kepada pembicara.
Poskan Komentar