1. Pengertian aktivitas pendengaran
Secara garis besar proses
pembelajaran dapat diterima oleh siswa adalah lewat pendengaran yang baik.
Karena anak yang mampu mendengar dengan baik berarti dia mampu memahami materi
pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Menurut Slameto (2003:108) bahwa “
Mendengar dan mendengarkan merupakan dua hal yang berbeda. Mendengar merupakan
proses pasif yang terjadi, mendengar hanyalah satu tahap dari proses
mendengarkan yang kompeks”. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas pendengaran
adalah sebuah kegiatan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru agar
pembelajaran dapat diterima dengan baik. Untuk itu seorang pendidik atau guru
harus bisa dan mampu memahami karakteristik peserta didik dengan baik agar
semua siswa dapat mengikuti dan menerima materi dengan baik pula.
2. Syarat syarat
aktif mendengarkan dalam proses pembelajaran
Keaktifan siswa sangat diperlukan
dalam proses pembelajaran, bukan hanya aktif
memperhatikan tetapi siswa juga harus aktif dalam mendengarkan. agar
proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik maka dibutuhkan pendengaran
yang benar-benar akurat.untuk itu pendidik harus bisa memposisikan siswa nya
agar mereka dipastikan dapat mendengarkan dengan baik. Menurut Abu Ahmadi
(2008:80) bahwa “
Bagi anak yang kurang mendengar,
mereka ditempatkan pada deretan paling depan, agar suara guru masih keras
didengar, anak yang kurang pendengarannya disebelah kiri harus duduk di meja
sebelah kiri dan anak yang kurang pendengaran disebelah kanan harus duduk pada
meja sebelah kanan agar telinga mereka dapat berfungsi dengan baik”.
Jadi dapat disimpulkan bahwa posisi
duduk siswa juga berpengaruh terhadap pendengaran siswa. Untuk itu guru harus
bisa mengkondisikan siswa sesuai dengan karakteristik siswa nya masing-masing.
3. Unsur-unsur yang dibutuhkan dalam aktif mendengarkan
Mendengarkan adalah suatu proses
dalam pembelajaran karena dengan mendengarkan kita menjadi mengerti atau paham
apa yang disampaikan oleh orang lain,dalam hal ini adalah pendidik atau guru.
Menurut Slameto (2003:111) “agar siswa memusatkan perhatian dan pendengaran nya
kepada guru maka ada beberapa
unsur-unsur atau syarat diantaranya ialah :
a) memusatkan semua kekuatan fisik dan mental untuk mendengarkn; b) menahan
diri untuk tidak menyela pembicara; c) menunjukkan minat dan kesiapan; d)
mencari bidang-bidang yang bersamaan dengan pembicara; e) mencari arti dan
menghindari diri terpancang pada kata-kata tertentu; f) tunjukkan kesabaran,
karena mendengarkan lebih cepat dari berbicara; g) menahan diri untuk memberi
tanggapan emosional terhadap hal yang dibicarakan; h) bertanya jika tidak
mengerti; i) tidak membuat penilaian sebelum pembicara selesai menyajikan
uraiannya dan kita mengerti materi yang dibicarakan; j) berikan umpan balik
yang jelas dan tidak meragukan kepada pembicara.