PENDIDKAN
SEBAGAI USAHA MEMBENTUK PERILAKU YANG MENCERMINKAN PENGAMALAN ASMAUL HUSNA AL-JAAMI’, AL-AKHIR, AL- ADL DALAM KEHIDUPAN
SEHARI-HARI
PADA SISWA DI SEKOLAH
BAB
I. Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Sebagai umat muslim
tentunya harus mengikuti semua perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan.
Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW, harus menjadi pedoman kehidupan bagi
Umat Muslim di belahan bumi manapun. Pada kenyataannya banyak umat muslim yang
mengaku berpedoman dengan Al-Qur’an dan Hadis, berperilaku terbalik dari isi
pedoman hidup muslim tersebut. Nama-nama Allah SWT atau Asmaul Husna yang
berjumlah 99, sudah mencerminkan betapa luhur dan agungnya Allah SWT. Asmaul
Husna sendiri telah termaktub di dalam Al-Qur’an dan Hadist. Asmaul Husna juga
merupakan esensi sangat penting untuk umat muslim dalam berperilaku dan wajib
berusaha untuk mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai
manusia yang berakhlak Mulia. Salah satu usaha agar umat muslim dapat
berperilaku baik sesuai Asmaul Husna adalah melalui pendidikan.
Undang-Undang Dasar
1945 Pasal 31, ayat 3 telah menyebutkan, “Pemerintah mengusahakan dan
menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan
dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
yang diatur dengan undang-undang.” Di samping itu pembetukan karakter dan
perilaku terpuji di perkuat dengan Undang
Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasla 3 berbunyi
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.”
Kedua landasan
konstitusi pendidikan ini berarti bahawa pendidikan adalah cara manusia belajar
untuk menjadi manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Instansi
pendidikan seperti Sekolah mengajarkan agar siswa selalu bertingkah laku yang
baik dan terpuji atau karakter mulia melalui mata pelajaran yang tercantum di
dalam kurikulum. Beberapa tingkah laku terpuji yang diajarkan di sekolah adalah
bagaimana berperilaku adil (Al-Adl), Selalu
Kompak dan bergaul dengan cara yang baik (Al-Jaami)
dan bijaksana dalam memutuskan sesuatu hal (Al-Hakiim)
baik itu berkomunikasi, dan sebagainya.
Berdasarkan
latar belakang yang telah dijabarkan maka makalah ini mengangkat masalah umum
tentang bagaimana aplikasi perilaku siswa yang sesuai
dengan 3 dari 99 Asmaul Husna yaitu Husna Al-Jaami’, Al-Akhir, Al- Adl?
B.
Rumusan Masalah
Untuk menghidari pembahasan yang meluas
maka masalah umum dari makalah ini dibagi menjadi beberapa masalah sebagai
berikut:
1.
Bagaimana aplikasi perilaku Asmaul Husna
“Al-Jaami’” siswa ?
2.
Bagaimana aplikasi perilaku Asmaul Husna
“Al-Akhir” siswa ?
3.
Bagaimana aplikasi perilaku Asmaul Husna
“Al- Adl ” siswa di ?
C.
Tujuan Makalah
1. Makalah ini bertujuan untuk membahas
tentang aplikasi perilaku siswa di SMAN 1 Pemangkat yang sesuai dengan 3 dari
99 Asmaul Husna yaitu Husna Al-Jaami’, Al-Akhir, Al- Adl.
2. Makalah ini sebagai bentuk pendalaman
materi pokok bahasan Asmaul Husna pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
3. Sebagai bentuk penyelesaian tugas dari
Mata Pelajaran Agama Islam .
D.
Manfaat Makalah
1.
Semoga
makalah ini bermanfaat sebagai referensi dalam berperilaku yang baik
2.
Semoga
Makalah ini dapat menjadi referensi tugas Pendidikan Agama Islam dengan Tema
yang sama bagi pembaca.
E.
Metode Penelitian
Metode
yang digunakan dalam mencari atau mengumpulkan data ini menggunakan metode
kepustakaan dan pengamatan. Dimana metode ini pengumpulan data dengan
medeskripsikan pengamatan serta dengan cara mengkaji dan menelaah data dari
buku dan internet.
BAB II. Kerangka Teori
A.
Asmaul Husna
1. Pengertian Asmaul Husna
Asmaul Husna adalah nama-nama yang baik bagi Allah
yang jumlahnya adalah 99 nama. Sebagai orang yang beriman, kita selalu
dianjurkan untuk menyebut-Nya. Hal ini tertera dalam hadis yang menyebutkan
tentang Asmaul Husna berbunyi sebagai berikut.
اِنَّ
لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ اِسْمَامَنْ حَفَظَهَادَخَلَ الْجَنَّةَ وَاِنَّ
اللهَ وِتْرٌ وَيُحِبُّ الْوِتْرَ
(رواه ابن ماجه)
Artinya:
Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barang siapa
menghapalnya (dengan meyakini kebenarannya) ia masuk surga. Sesungguhnya Allah
Maha ganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil." (HR
Ibnu Majah).
Surah
Al lkhlas merupakan sebuah surah dalam Al Quran yang berisi ketegasan dan
kesaksian tauhid kepada Allah swt. Di dalamnya sifat keesaan Allah dan beberapa
Asmaul Husna-Nya benar-benar menjadi titik sentral. Konsekuensinya adalah bahwa
Allah tidak akan menerima dosa yang bernama syirik atau menyekutukan-Nya dengan
sesuatu yang lain. Rasulullah Saw bersabda.
اِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً
وَتِسْعِيْنَ اِسْمَامَنْ حَفَظَهَادَخَلَ الْجَنَّةَ وَاِنَّ اللهَ وِتْرٌ
وَيُحِبُّ الْوِتْرَ (رواه ابن ماجه)
Artinya:
"Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barangsiapa
menghafalnya (dengan meyakini akan kebenarannya), is masuk surga. Sesungguhnya
Allah itu Mahaganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil."(HR
Ibnu Majah).
Adapun Asmaul Husna sebagaimana
difirmankan Allah swt. dalam Al Quran dan disabdakan oleh Rasullullah saw.
jumlahnya ada 99, yaitu sebagai berikut.
No
|
Asmaul
Husna
|
Artinya
|
Ayat
Rujukan
|
1
|
Ar
Rahman
|
Maha
Pemurah
|
(QS
Al Fatihah: 3)
|
2
|
Ar
Rahim
|
Maha
Pengasih
|
(QS
Al Fatihah: 3)
|
3
|
Al
Malik
|
Maharaja
|
(QS
Al Mu'minun: 116)
|
4
|
Al
Quddus
|
Mahasuci
|
(QS
Al Jumuah: 1)
|
5
|
As
Salam
|
Mahasejahtera
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
6
|
Al
Mu'min
|
Maha
Terpercaya
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
7
|
Al
Muhaimin
|
Maha
Memelihara
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
8
|
Al
`Aziz
|
Mahaperkasa
|
(QS
Ali Imran: 62)
|
9
|
Al
Jabbar
|
Kehendaknya
Tak Dapat Diingkari
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
10
|
Al
Mutakabbir
|
Memiliki
Kebesaran
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
11
|
Al
Khaliq
|
Maha
Pencipta
|
(QS
Ar Ra'd: 16)
|
12
|
Al
Bari'
|
Mengadakan
dari Tiada
|
(QS
Al Hasyr: 24)
|
13
|
Al
Musawwir
|
Membuat
Bentuk
|
(QS
Al Hasyr: 24)
|
14
|
Al
Gaffar
|
Maha
Pengampun
|
(QS
Al Baqarah: 235)
|
15
|
Al
Qahhar
|
Mahaperkasa
|
(QS
Ar Ra'd: 16)
|
16
|
Al
Wahhab
|
Maha
Pemberi
|
(QS
Ali Imran: 8)
|
17
|
Ar
Razzaq
|
Maha
Pemberi Rezeki
|
(QS
Az Zariyat: 58)
|
18
|
Al
Fattah
|
Maha
membuka (hati)
|
(QS
Saba: 26)
|
19
|
Al
'Alim
|
Maha
Mengetahui
|
(QS
Al Baqarah: 29)
|
20
|
Al
Qabid
|
Maha
Pengendali
|
(QS
Al Baqarah: 245)
|
21
|
Al
Basit
|
Maha
Melapangkan
|
(QS
Ar Ra'd: 35)
|
22
|
Al
Khafid
|
Maha
Merendahkan
|
(HR
At Turmuzi)
|
23
|
Ar
Rafi'
|
Maha
Meninggikan
|
(QS
Al An'am: 83)
|
24
|
Al
Mu'iz
|
Maha
Terhormat
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
25
|
Al
Muzill
|
Maha
Menghinakan
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
26
|
As
Sami'
|
Maha
Mendengar
|
(QS
Al Isra: 1)
|
27
|
Al
Basir
|
Maha
Melihat
|
(QS
Al Hadid: 4)
|
28
|
Al
Hakam
|
Maha
Memutuskan Hukum
|
(QS
Al Mu'min: 48)
|
29
|
Al
`Adl
|
Maha
adil
|
(QS
AI An'am: 115)
|
30
|
Al
Latif
|
Maha
lembut
|
(QS
Al Mulk: 14)
|
30
|
Al
Khabir
|
Maha
Mengetahui
|
(QS
Al An'am: 18)
|
32
|
Al
Halim
|
Maha
Penyantun
|
(QS
Al Baqarah: 235)
|
33
|
Al
`Azim
|
Maha
agung
|
(QS
Asy Syura: 4)
|
34
|
Al
Gafur
|
Maha
Pengampun
|
(QS
Ali lmran: 89)
|
35
|
Asy
Syakur
|
Maha
Menerima Syukur
|
(QS
Fatir: 30)
|
36
|
Al
`Aliyy
|
Maha
tinggi
|
(QS
An Nisa: 34)
|
37
|
Al
Kabir
|
Maha
besar
|
(QS
Ar Ra'd: 9)
|
38
|
Al
Hafiz
|
Maha
Penjaga
|
(QS
Hud: 57)
|
39
|
Al
Mugit
|
Maha
Pemelihara
|
(QS
An Nisa: 85)
|
40
|
Al
Hasib
|
Maha
Pembuat Perhitungan
|
(QS
An Nisa: 6)
|
41
|
Al
Jalil
|
Maha
luhur
|
(QS
Ar Rahman: 27)
|
42
|
Al
Karim
|
Maha
mulia
|
(QS
An Naml: 40)
|
43
|
Ar
Raqib
|
Maha
Mengawasi
|
(QS
Al Ahzab: 52)
|
44
|
Al
Mujib
|
Maha
Mengabulkan
|
(QS
Hud: 61)
|
45
|
Al
Wasi'
|
Maha
luas
|
(QS
Al Baqarah: 268)
|
46
|
Al
Hakim
|
Maha
bijaksana
|
(QS
Al An'am: 18)
|
47
|
Al
Wadud
|
Maha
Mengasihi
|
(QS
Al Buruj: 14)
|
48
|
AI
Majid
|
Maha
mulia
|
(QS
Al Buruj: 15)
|
49
|
Al
Ba'is
|
Maha
Membangkitkan
|
(QS
Yasin: 52)
|
50
|
Asy
Syahid
|
Maha
Menyaksikan
|
(QS
Al Maidah: 117)
|
51
|
Al
Haqq
|
Maha
benar
|
(QS
Taha: 114)
|
52
|
Al
Wakil
|
Maha
Pemelihara
|
(QS
Al An'am: 102)
|
53
|
Al
Qawiyy
|
Maha
kuat
|
(QS
Al Anfal: 52)
|
54
|
Al
Matin
|
Maha
kokoh
|
(QS
Az Zariyat: 58)
|
55
|
Al
Waliyy
|
Maha
Melindungi
|
(QS
An Nisa: 45)
|
56
|
Al
Hamid
|
Maha
Terpuji
|
(QS
An Nisa: 31)
|
57
|
Al
Muhsi
|
Maha
Menghitung
|
(QS
Maryam: 94)
|
58
|
Al
Mubdi
|
Maha
Memulai
|
(QS
AI Buruj: 13)
|
59
|
Al
Mu'id
|
Maha
Mengembalikan
|
(QS
Ar Rum: 27)
|
60
|
Al
Muhyi
|
Maha
Menghidupkan
|
(QS
Ar Rum: 50)
|
61
|
Al
Mumit
|
Maha
Mematikan
|
(QS
Al Mu'min: 68)
|
62
|
Al
Hayy
|
Maha
hidup
|
(QS
Taha: 111)
|
63
|
Al
Qayyum
|
Maha
mandiri
|
(QS
Taha: 11)
|
64
|
Al
Wajid
|
Maha
Menemukan
|
(QS
Ad Duha: 6-8)
|
65
|
Al
Majid
|
Maha
Mulia
|
(QS
hud: 73)
|
66
|
Al
Ahad
|
Maha
Esa
|
(QS
Al lkhlas: 1)
|
67
|
Al
Wahid
|
Maha
Tunggal
|
(QS
Al Baqarah: 133)
|
68
|
As
Samad
|
Maha
Dibutuhkan
|
(QS
Al Ikhlas: 2)
|
69
|
Al
Qadir
|
Maha
kuat
|
(QS
Al Baqarah: 20)
|
70
|
Al
Muqtadir
|
Maha
Berkuasa
|
(QS
Al Qamar: 42)
|
71
|
Al
Mugaddim
|
Maha
Mendahulukan
|
(QS
Qaf: 28)
|
72
|
Al
Mu'akhkhir
|
Maha
Mengakhirkan
|
(QS
Ibrahim: 42)
|
73
|
Al
Awwal
|
Maha
Permulaan
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
74
|
Al
Akhir
|
Maha
akhir
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
75
|
Az
Zahir
|
Maha
nyata
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
76
|
Al
Batin
|
Maha
gaib
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
77
|
Al
Wali
|
Maha
Memerintah
|
(QS
Ar Ra'd: 11)
|
78
|
Al
Muta'ali
|
Maha
tinggi
|
(QS
Ar Ra'd: 9)
|
79
|
Al
Barr
|
Maha
dermawan
|
(QS
At Tur: 28)
|
80
|
At
Tawwab
|
Maha
Penerima Tobat
|
(QS
An Nisa: 16)
|
81
|
AI
Muntagim
|
Maha
Penyiksa
|
(QS
As Sajadah: 22)
|
82
|
Al
'Afuww
|
Maha
Pemaaf
|
(QS
An Nisa: 99)
|
83
|
Ar
Rauf
|
Maha
Pengasih
|
(QS
Al Baqarah: 207)
|
84
|
Malik
Al Mulk
|
Maha
Penguasa Kerajaan
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
85
|
Zul
Jalal wa Al Ikram
|
Maha
Pemilik Keagungan dan Kemuliaan
|
(QS
Ar Rahman: 27)
|
86
|
Al
Mugsit
|
Maha
adil
|
(QS
An Nur: 47)
|
87
|
Al
Jami'
|
Maha
Pengumpul
|
(QS
Saba: 26)
|
88
|
Al
Ganiyy
|
Maha
kaya
|
(QS
Al Baqarah: 267)
|
89
|
Al
Mugni
|
Maha
Mencukupi
|
(QS
An Najm: 48)
|
90
|
Al
Mani'
|
Maha
Mencegah
|
(HR
At Turmuzi)
|
91
|
Ad
Darr
|
Maha
Pemberi Derita
|
(QS
Al An'am: 17)
|
92
|
An
Nafi'
|
Maha
Pemberi Keman-faatan
|
(QS
Al Fath: 11)
|
93
|
An
Nur
|
Maha
Bercahaya
|
(QS
An Nu 35)
|
94
|
Al
Hadi
|
Maha
Pemberi Petunjuk
|
(QS
Al Hajj: 54)
|
95
|
Al
Badi'
|
Maha
Pencipta
|
(QS
AI Baqarah: 117)
|
96
|
Al
Baqi
|
Maha
kekal
|
(QS
Taha: 73)
|
97
|
Al
Waris
|
Maha
Mewarisi
|
(QS
Al Hijr: 23)
|
98
|
Ar
Rasyid
|
Maha
pandai
|
(QS
Al Jin: 10)
|
99
|
As
Sabur
|
Maha
sabar
|
(HR
At Turmuzi)
|
2. Pengertian Al-Jami’
Asma Allah Al-Jami’ berasal dari kata jama’a yang berarti
mengumpulkan segala sesuatu yang tersebar. Berdasarkan arti tersebut, Allah SWT
yang mempunyai asma Al-Jami’ yang berarti Maha Mengumpulkan mempunyai kemampuan
untuk mengumpulkan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Kemampuan
Allah SWT tersebut tentu tidak terbatas sehingga Allah mampu mengumpulkan
segala sesuatu baik yang serupa maupun yang berbeda, yang nyata maupun yang
ghaib, yang terjangkau oleh manusia maupun yang tidak bisa dijangkau oleh
manusia, dan lain sebagainya.
Kemampuan Allah SWT untuk mengumpulkan segala sesuatu tersebut
menandakan bahwa Allah adalah Dzat yang sangat luar biasa, yang tidak ada
tandingannya di dunia ini. Ini merupakan salah satu bukti bahwa kekuasaan Allah
SWT adalah mutlak. Karena Allah mempunyai asma Al-Jami’, isi alam semesta ini
yang berupa ruang angkasa, galaksi, gugusan bintang, bumi, lautan, tumbuhan,
hewan, manusia, dan makhluk lainnya dapat terkumpul dengan tertib dan rapi.
Benda-benda di langit dan di bumi mampu terkumpul dan beredar sesuai dengan
tugasnya masing-masing atas perintah Allah SWT. Manusia dikelompokkan dengan
suku-suku dan bangsa-bangsa tertentu, sedangkan tumbuhan dan hewan dikelompokkan
dari kingdom sampai spesies tertentu. Begitu juga dengan makhluk-makhluk lain
seperti jin, iblis, dan malaikat. Allah SWT yang mempunyai asma Al-Jami’ mampu
mengumpulkan jin-jin, para iblis, dan para malaikat sesuai dengan kelompoknya
masing-masing. Dia juga mampu mengumpulkan tulang, urat, keringat, darah, otot,
dan organ-organ lainnya hingga terhimpun menjadi makhluk yang sempurna seperti
manusia.
Hal lain yang sangat penting yang berkaitan dengan asma Allah
Al-Jami’ adalah Allah SWT akan mengumpulkan serta menghimpun segala amal
ibadah, pahala, maupun dosa setiap hamba-Nya. Allah SWT juga akan mengumpulkan
seluruh umat manusia di hari kiamat untuk dimintai pertanggungjawaban atas
hidupnya selama di dunia. Kekuasaan Allah SWT untuk mengumpulkan manusia di hari
akhir ini berarti juga bahwa Allah SWT sangat mampu mengumpulkan bagian-bagian
tubuh manusia sesudah ia bercerai-berai, dan Allah pula lah yang akan
membangkitkan mereka, kembali, serta menghimpun mereka di padang mahsyar. Hal
ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S. Saba’ (34) ayat 26 sebagai berikut.
Artinya: Katakanlah: “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia
memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia-lah Maha pemberi keputusan
lagi Maha Mengetahui”. (Q.S. Saba’ (34) : 26) Allah SWT juga berfirman dalam Q.S. Ali ‘Imran
(3) ayat 9 yang berbunyi : “Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya Engkau mengumpulkan
manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”.
Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.” (Q.S. Ali ‘Imran (3) : 9)
3. Pengertian Al-Adl (Maha Adil)
Asmaul Husna Al-Adl berarti Maha Adil. Keadilan Allah SWT bersifat
mutlak, tidak dipengaruhi apapun dan siapapun. Allah Mahaadil karena Allah
selalu menempatkan sesuatu pada tempat yang semestinya, sesuai dengan
keadilan-Nya yang Maha Sempurna. Dia bersih dari sifat aniaya, baik dalam
hukum-Nya maupun dalam perbuatan-Nya. Di antara hukum-Nya mengenai hak
hamba-hamba-Nya adalah bahwa tidak ada bagi manusia itu kecuali apa yang ia
usahakan, dan hasil dari segala usahanya itu akan dilihatnya. Secara normal,
orang-orang yang saleh akan ditempatkan di surga yang penuh dengan kenikmatan,
sedangkan orang-orang yang mengabaikan perintah Allah akan dimasukkan ke dalam
neraka yang penuh dengan penderitaan.
Keadilan Allah SWT juga didasari dengan ilmu Allah SWT yang Maha
Luas, sehingga tidak mungkin keputusan Allah SWT itu salah. Walaupun kalau
dilihat dari sudut pandang manusia hal itu rasanya kurang adil, namun bila
dipahami, direnungkan, dan dihayati dengan penuh rasa iman dan takwa, maka apa
yang diputuskan Allah itu merupakan keputusan yang sangat adil. Jadi, seorang
yang adl adalah berjalan lurus dan sikapnya selalu menggunakan ukuran
yang sama, bukan ukuran yang ganda. Dari sinilah kita mengetahui bahwa orang yang adil tidak
berpihak kepada salah seorang yang berselisih, dan seorang yang adil selalu
berpihak kepada yang benar, karena baik yang benar maupun yang salah sama-sama
harus memperoleh haknya. Maka orang yang adil akan melakukan sesuatu yang patut,
tidak sewenang-wenang dan berusaha memutuskan perkara secara adil sesuai hukum
yang berlaku, tidak memihak kepada siapapun dalam memutuskan suatu perkara,
membenarkan yang benar dan menyalahkan yang salah. Hal ini sesuai dengan firman
Allah dalam surat Fushshilat (41) ayat 46: Artinya :“Barangsiapa yang
mengerjakan amal yang saleh Maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan
Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, Maka (dosanya) untuk dirinya sendiri;
dan sekali-kali tidaklah Rabb-mu Menganiaya hamba-hambaNya.” (QS.
Fushshilat (41) : 46)
4. Pengetian Al-Aakhir
Asma Allah Al-Akhir berarti Dzat Yang Maha Akhir. Maha Akhir
disini dapat diartikan bahwa Allah SWT adalah Dzat yang paling kekal. Tidak ada
sesuatu pun setelah-Nya. Tatkala semua makhluk, bumi seisinya hancur lebur,
Allah SWT tetap ada dan kekal. Pemahaman tentang Allah SWT sebagai Dzat Yang
Maha Akhir ini tidak bisa disamakan dengan pengertian bahwa Allah adalah akhir
dari segala-galanya. Inilah yang membedakan antara Allah SWT sebagai Sang
Khalik (Sang Pencipta) dengan makhluk (yang diciptakan). Makhluk mempunyai awal
yang berupa penciptaannya dan mempunyai akhir pada saat dia sudah hancur atau
mati. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S. Ar-Rahman (55): 26-27
sebagai berikut. Artinya: “Semua yang ada
di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran
dan kemuliaan.” (Q.S. Ar-Rahman (55): 26-27)
Sebagai Dzat Yang Maha Akhir, Allah SWT akan tetap abadi dan
kekal. Keabadian dan kekekalan Allah SWT tersebut menunjukkan bahwa Dialah
satu-satunya tempat bergantung atas segala urusan kita, baik urusan di dunia
maupun urusan-urusan yang akan kita bawa sampai ke akhirat kelak. Sungguh
sangat merugi orang-orang yang menggantungkan hidupnya pada selain Allah.
Karena sesungguhnya setiap yang ada di langit dan bumi ini akan hancur. Akan
tetapi jika kita bersandar penuh pada Sang Maha Kekal, pastinya kita tidak akan
hancur dan terjerumus dalam kesesatan. Karena sandaran kita tidak akan pernah
hancur dan Maha Mengatur segala hal yang terjadi pada hidup kita. Dialah tujuan
dan tempat bergantung yang paling utama atas segala urusan makhluk-Nya, baik
berupa ibadah, harapan, rasa takut, harapan, keinginan, dan lain-lain. Allah
SWT berfirman dalam Q.S. Al-Hadid (57) ayat 3: Artinya: Dialah yang Awal dan yang akhir yang Zhahir dan yang Bathin
dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.” (Q.S. Al-Hadid (57) : 3)
Orang yang mengakui bahwa Allah adalah Al-Akhir akan menjadikan
Allah sebagai satu-satunya tujuan hidup yang tiada tujuan hidup selain-Nya,
tidak ada permintaan kepada selain-Nya, dan segala kesudahan tertuju hanya
kepada-Nya. Oleh karena itu, jadikanlah akhir kesudahan kita hanya kepada Allah
SWT. Karena sesungguhnya akhir kesudahan hanya kepada Rabb kita, seluruh sebab
dan tujuan jalan akan berujung kepada Allah semata.
B. Perilaku Terpuji
Perilaku terpuji adalah
segala sikap, ucapan dan perbuatan yang baik sesuai ajaran Islam. Kendatipun
manusia menilai baik, namun apabila tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka hal
itu tetap tidak baik. Sebailiknya, walaupun manusia menilai kurang baik,
apabila Islammeyatakan baik, maka hal itu tetap baik. Kita sebagai umatnya
tentunya ingin dapat mengikuti apa yang terjadi tuntutan rasulullah dalam
kehidupan sehari-hari sebagai suritauladan manusia. Orang yang baik akhlaknya
tentunya didalam pergaulan sehari-hari akan senantiasa dicintai oleh sesama,
dan tentunya mereka kelak dihari kiamat akan masuk surga bersama dengan nabi
saw. Sebagaimana beliau bersabda dalam hadisnya yang artinya sebagai berikut: “Sesungguhnya (orang) yang paling aku cintai
diantara kalian dan orang yang paling dekat tempatnya dariku pada hari kiamat
adalah oarang yang paling baik budi pekertinya diantara kalian”.
Harta yang banyak,
pangkat yang tinggi atau dimilikinya beberapa gelar kesarjanaan tak mampu
mengangkat derajat manusia tanpa dimilikinya akhlak terpuji. Islam hadir dimuka
bumi sebenarnya sangat mengedepankan akhlak terpuji, karena Rasulullah saw. Sendiri
diutus untuk menyempurnakan akhlak sebagaimana sabdanya sebagai berikut: اِنَّماَ
بُعِثْتُ لِؤُتَمِّمَ مَكَأرِمَ اْلأَخْلاَقْ . Artinya: “Sesungguhnya aku diutus
hanya untuk menyempurnakan akhlak”.
Alangkah indahnya
ajaran Islam yang memerintahkan untuk berakhlakul karimah. Jika hidup kita
dihiasi dengan ahklak terpuji tentunya akan dicintai oleh Allah awt dan
masyarakatnya akan menjadi baik, temteram dan damai. Sebagian manusia,
berbicara tentang akhlak terpuji dalam era globalisassi seperti ini dinilai
kuno dan kurang maju. Anggapan ini muncul karena sedah terpengaruh budaya barat
yang dinilai maju dan modern. Akhlak terpuji amat penting dalam kehidupan
manusia, termasuk dalam pergaulan remaja.
BAB III. Pembahasan
A. Perilaku Terpuji Asmaul Husna
“Al-Jami’” siswa
Silaturrahim
Sebagai
bentuk pemahaman dari nama Allah Al Jami yang berarti Allah Maha Mengumpulkan mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan
segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi seperti Manusia dikelompokkan dalam
suku-suku dan bangsa-bangsa tertentu, maka Silahturahmi adalah cara menjaga bentuk
dari asma Allah Al-Jami. Istilah
silaturrahim tersusun dari kata sillah (menyambung) dan rahimi (tali persaudaraan).
Adapun maksudnya adalah usaha untuk menyambung, mengikat, dan menjalin kasih
sayang atau tali persaudaraan antara sesama manusia, terutama dangan sanak
keluarga (kerabat). Manusia pertama di alam semeata ini adalah Nabi Adam As dan
Siti Hawa. Untuk itu semua manusia di muka bumi ini pada hakekatnya adalah
saudara.
Perilaku
Silaturrahim telah diterapkan oleh siswa-siswa di sekolah dalam bentuk
masa orientasi siswa, dengan siswa baru mengumpulkan tanda tangan kakak
kelasnya mereka telah menjalin silahturahim. Bentuk aplikasi lainnya adalah
kelompok belajar siswa baik saat sekolah maupun usai sekolah. Dengan belajar
kelompok dirumah salah satu anggota artinya tanpa disadari mereka telah menjaga
hubungan baik antar anggota kelompok dan keluarga dari anggota kelompok. Masih
banyak lagi bentuk-bentuk silahturahmi yang telah siswa terapkan. Dengan menjaga silahturahmi antara siswa dengan siswa, siswa dan guru,
serta siswa dan orang tua maka meraka talah menjaga keutuhan dari kekuasaan
Allah SWT atas Asma Al-Jami’. Maka dari itu kita sebagai umat islam, marilah
kita jalin silaturrahim agar terciptanya tali persaudaraan antar sesama muslim.
B. Perilaku Terpuji Asmaul Husna
“Al-Adl” siswa
Secara
umum adil adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan haknya atau semestinya
dengan tidak melanggar hak dan kewajiban lainya. Dalam bahasa yang lain Adil
adalah memutuskan perkara sesuai dengan ketentuan Allah Ta’ala dalam al-Quran
dan ketentuan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam as-Sunnah, bukan
hanya sekedar bergantung kepada akal manusia semata. Adil dapat diartikan
sebagai perbuatan yang sesuai dengan orma-norma atau aturan-aturan yang
berlaku. Contohnya, kalau datang terlambat untuk membeli tiket misalnya, maka
tidak lazim untuk langsung menerobos ke depan, hendaknya menempati posisi di
belakang, lalu mengikuti antrian untuk sampai ke loket. Secara
umumnya sesuai aqidah keadilan sebagai berikut:
- Yang pertama Adil terhadap Allah Ta’ala, yaitu dengan tidak berbuat syirik dalam beribadah kepadaNya, mengimani nama-namaNya dan sifat-sifat-Nya, menaatiNya dan tidak bermaksiat kepadaNya, senantiasa berdzikir dan tidak melupakanNya serta mensyukuri nikmat-nikmatNya dan tidak mengingkarinya.
- Yang kedua Adil terhadap sesama manusia, yaitu dengan memberikan hak-hak mereka dengan sempurna tanpa menzhaliminya, sesuai dengan apa yang menjadi haknya.
- Yang ketiga Adil terhadap keluarga (anak dan istri), yaitu dengan tidak melebihkan dan mengutamakan salah seorang di antara mereka atas yang lainnya atau kepada sebagian atas sebagian yang lainnya.
- Yang keempat Adil dalam perkataan, yaitu dengan berkata baik dan jujur tidak berdusta, berkata kasar, bersumpah palsu, mengghibah saudara seiman dan lain-lain.
- Yang kelima Adil dalam berkeyakinan, yaitu dengan meyakini perkara-perkara yang disebutkan dalam al-Qur’an dan as-Sunnah yang shahih dengan keyakinan yang pasti tanpa keraguan sedikitpun dan tidak meyakini hal-hal yang tidak benar yang menyelisihi keduanya.
- Yang keenam Adil dalam menetapkan hukum dan memutuskan perselisihan yang terjadi antara sesama manusia, yaitu dengan menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber hukum dan pemutus perkara tersebut.
Perilaku
terpuji siswa yang mencerminkan Asma Allah Al-Adl berupa salah satunya adalah belajar.
Dengan belajar siswa telah berperilaku adil terhadap dirinya sendiri karena
mendapatkan ilmu adalah hak dan kewajiban setiap orang. Belajar juga merupakan
suatu kebutuhan bagi siswa itu sendiri dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.
Manusia itu sendiri terdiri dari beberapa bagian atau organ yang senantiasa
harus terpenuhi haknya. Misalnya dengan tidur kita memberikan keadilan kepada
mata dan orang tubuh lainnya untuk berisitirahat. Jika tidak tidur maka tubuh
manusia tidak berfungsi dengan baik. Artinya Dengan belajar juga seorang siswa
mampu mempertimbangkan sesuatu sesuai kemampuannya untuk memutuskan suatu
perkara yang memerlukan keadilan. Cara supaya adil yaitu mempunyai iman yang
kukuh dan bertakwa kepada Allah SWT, menguasai ilmu syariat dan ilmu Aqidah,
melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab, ikhlas dan bertakwa kepada
Allah SWT, memiliki pribadi yang mulai (tidak mementingkan diri sendiri,
memiliki belas kasihan, bijak/tegas dan berani mengambil resiko).
Perilaku
siswa lainnya yang menunjukkan keadilan adalah menjalan ibadah sholat zuhur
bersama secara berjamaah di mushalla sekolah sesuai perintah Allah SWT. Artinya
para siswa telah belajar berlaku adil kepada pencipta-Nya. Contoh perilaku
lainnya adalah siswa yang menjadi seorang ketua kelas, keputusan yang diambil
sangat penting jika terjadi perkelahian antar teman di dalam kelas serta keadilan
dalam memberikan informasi kepada siswa lainnya.
C. Perilaku Terpuji Asmaul Husna
“Al-Aakhir” siswa
Sebagai Dzat Yang Maha Akhir, Allah SWT akan tetap abadi dan
kekal. Keabadian dan kekekalan Allah SWT tersebut menunjukkan bahwa Dialah
satu-satunya tempat bergantung atas segala urusan kita, baik urusan di dunia
maupun urusan-urusan yang akan kita bawa sampai ke akhirat kelak. Aplikasi dari
Asma Al-Aakhir dalam pebelajaran adalah berdoa sebelum dan setelah pembelajaran
di kelas. Siswa menunjukkan penyerahan diri kepada Allah SWT bahwa mereka akan
belajar dengan sungguh-sungguh dan mengharapkan sebuah kemudahan dalam menyerap
pengetahuan dari pembelajaran kepada Allah SWT. Selalu mengucapkan basmallah juga menunjukkan bahwa
siswa-siswa menggantungkan doa agar aktivitas mereka selalu berada dalam
lindungan Allah SWT dan berharap agar mendapatkan safaat dan manfaat dari
aktivitasnya.
BAB IV. Penutup
A. Kesimpulan
Ketiga
Asma Allah SWT tersebut telah diaplikasikan oleh siswa-siswa muslim terlepas dari kesadaran atau tanpa disadari. Sekolah merupakan
tempat untuk membentuk ahklak atau perilaku terpuji dari siswa. Meskipun
terkadang beberapa siswa masih belum menunjukkan perilaku yang kurang baik atau
telah khilaf. Dengan belajar sungguh-sungguh, melaksanakan ataupun belajar beribadah,
mengucapkan bismillah saat memulai aktivitas, membaca doa sebelum dan setelah
pembelajaran, berbuat keadilan serta menjalin silahturahmi adalah bentuk
siswa-siswa dalam mengamalkan Asma Allah SWT.
B. Saran
Saran
kami dalam makalah ini adalah agar kita senantiasa melakukan hal terpuji
lainnya baik di sekolah, keluarga maupun di masyarakat. Kemudian membiasakan
diri untuk mengamalkan hasil pembelajaran dengan baik dan mengaplikasikannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber:
Buku PAI SMA
http://kutbi.files.wordpress.com/2013/07/materi-pai-kelas-x-smk-kurikulum-2013.doc