Contoh RPP : Akhlak Pertemuan Pertama kelas XI (Sebelas) Semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah              :     SMAN 6               
Mata Pelajaran             :     Pendidikan Agama Islam
Materi Pokok                :     Akhlak
Kelas / Semester           :     X1 ( Sebelas ) / 2 (Dua)
Pertemuan ke               :     1 (Satu)
Waktu                           :     2 x 45 Menit

Standar Kompetensi    :     Menghargai karya orang lain
Kompetensi Dasar        :     -     Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
-          Menampilkan contoh sikap dan prilaku menghargai karya orang lain

Indikator                       :     -     Siswa dapat  Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
                                             -     Siswa dapat Menampilkan contoh sikap dan prilaku menghargai karya orang lain


Tujuan Pembelajaran :     Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Smaal Group Discation ( Diskusi kelompok kecil ) diharapkan siswa mampu :  
                                             -     Siswa dapat Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain
                                             -     Siswa dapat  Menampilkan contoh sikap dan prilaku menghargai karya orang lain     



Model Pembelajaran    :     Smaal Group Discation ( Diskusi kelompok kecil )

Materi ajar                    :     Menghargai Karya Orang lain





Menghargai Karya Orang Lain
Islam sangat menganjurkan umatnya untuk berkarya untuk kemaslahatan umat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk itu, perlu dikembangkan sikap menghargai karya orang lain agar tercipta kompetisi dalam berkarya untuk kemaslahatan umat (Islam).

A. Pengertian dan Maksud Menghargai Karya Orang Lain
Setiap manusia yang terlahir ke dunia dikaruniai berbagai macam potensi. Salah satu potensi yang dikaruniakan kepada manusia adalah potensi berkarya. Potensi ini akan terus berkembang jika kita memupuk dan melatihnya. Itulah mengapa kemudian kita mengenyam pendidikan, mengikuti kursus-kursus atau pelatihan, dan sebagainya. Itu semua adalah upaya agar potensi tersebut dapat berkembang dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain (masyarakat).
Seseorang yang bersungguh-sungguh dalam belajar dan berlatih mengembangkan potensi, maka akan berhasil menghasilkan karya yang bermanfaat. Seseorang yang rajin berlatih menulis, sangat mungkin dikemudian hari berhasil menerbitkan karya tulisnya, yang kemudian dibaca oleh orang banyak. Dalam tataran yang lebih tinggi, seseorang yang tekun mempelajari teknologi, maka akan terbuka kemungkinan baginya untuk menghasilkan karya-karya teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti Pak Habibie yang berhasil membuat pesawat terbang, karena ketekunannya dalam belajar dan berlatih.
Dalam hal ini, sikap yang perlu dikembangkan adalah menghargai karya orang lain. Kita perlu menyadari bahwa keberhasilan seseorang dalam menghasilkan karya tidak dicapai dengan mudah, tetapi dengan ketekunan berlatih dan belajar. Meskipun mungkin menurut kita karya orang lain tersebut kurang bagus atau biasa saja, karena kita tidak tertarik dengan bidang tersebut. Tetapi mungkin bagi orang lain itu adalah karya yang bermanfaat dan bernilai.
Contohnya, Arif menyukai seni lukis. Setelah berlatih dan belajar dengan tekun, akhirnya Arif berhasil menghasilkan karya berbagai macam lukisan pemandangan alam yang indah.
Bagi orang yang tidak menyukai lukisan, mungkin karya Arif tersebut dianggap biasa saja dan kurang bermanfaat. Tapi bagi orang-orang yang menyukai lukisan, pengoleksi lukisan, atau pengamat seni, bisa jadi karya Arif tersebut sangat bernilai bagi dirinya, sehingga tidak segan-segan untuk mengeluarkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli sebuah lukisan.

Oleh karena itu, sikap terbaik adalah menghargai setiap karya orang lain, baik karya itu kecil (sederhana), maupun karya besar (istimewa). Karena sejatinya, yang dilihat bukanlah semata karya itu kecil atau besar, sederhana atau spektakuler, tetapi upaya dan semangat untuk berkarya itulah yang harus kita lihat. Jadi, sekecil dan sesederhana apapun karya seseorang harus kita hargai.
Dari uraian di atas, kita bisa membuat definisi tentang menghargai karya orang lain. Yang dimaksud dengan menghargai karya orang lain adalah sikap mengakui dan menghormati karya orang lain sebagai hasil kreatifitasnya dengan cara memberikan apresiasi yang positif berupa kata-kata yang menyenangkan, pujian, dan memberikan semangat.

 B. Perilaku Menghargai Karya Orang Lain

Kita perlu menyadari bahwa keberhasilan seseorang dalam berkarya itu harus dihargai, karena hasil karya seseorang itu merupakan cerminan dari pribadinya yang patut dihargai sebagai manusia yang mempunyai jiwa semangat, kerja keras, ulet dan tekun, tidak kenal putus asa, disiplin, rajin dan optimis akan berhasil.
Semua sikap mental yang disebutkan di atas adalah sikap mental yang sangat dianjurkan oleh Islam. Sikap mental yang positif itulah yang akan melecut semangat seseorang untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain (masyarakat). Islam sangat menganjurkan umatnya agar berlomba-lomba menghasilkan karya yang bermanfaat.
Rasulullah saw. bersabda,
“Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.”
Hadis ini mestinya memotivasi kita, umat Islam, untuk bekerja keras dan beretos kerja tinggi untuk berkarya sesuai dengan bidang dan kemampuan kita masing-masing untuk kejayaan dan kemaslahatan umat (Islam). Dalam hal ini, perlu dikembangkan sikap dan perilaku menghargai karya orang lain. Hal ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi lahirnya karya-karya yang bermanfaat bagi umat (Islam).
Seseorang yang merasa karyanya dihargai, maka akan semakin termotivasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Tetapi sebaliknya, seseorang yang merasa karyanya tidak dihargai, kemungkinan ia bisa putus asa untuk berkarya lagi. Ia akan merasa tidak percaya diri untuk berkarya, apalagi jika karya yang tidak dihargai itu adalah karya perdananya. Respon posotif atau negatif dari orang lain terhadap hasil karyanya akan memberikan dampak yang besar bagi diri dan kreatifitasnya.

Karena itu, perlu kiranya kita merenungi firman Allah swt. berikut ini:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki memperolok-olok kumpulan yang lain, boleh jadi yang diperolok-olok itu lebih baik dari mereka (yang memperolok-olok). Dan jangan pula sekumpulan perempuan memperolok-olok kumpulan lainnya, boleh jadi yang diperolok-olok itu lebih baik dari mereka (yang memperolok-olok)….”. (QS Al Hujurat: 11)
Yang dimaksud dengan larangan mengejek atau memperolok-olok orang lain pada ayat di atas, termasuk juga larangan mengejek hasil karya dari orang lain. Hal ini berarti secara tidak langsung, kita diperintahkan untuk menghargai karya orang lain selama karya tersebut positif.
Beberapa sikap dan perilaku yang mencerminkan menghargai karya orang lain adalah sebagai berikut:

1.Mengakui dan menghormati kemampuan dan kreatifitas orang lain dalam berkarya.
Setiap orang memiliki kemampuan masing-masing sesuai bidangnya. Dengan kemampuannya itulah, kemudian ia berkreatifitas untuk menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat. Maka kita perlu mengakui dan menghormati kemampuan orang lain dalam menghasilkan karya di bidangnya, yang mungkin tidak kita miliki dalam bidang tersebut.

2.Mengucapkan kata-kata yang menyenangkan berupa pujian atau memotivasi terhadap karya yang dihasilkan oleh teman atau orang lain.
Kekuatan kata-kata sangat besar pengaruhnya terhadap sikap mental dan psikis seseorang. Kata-kata yang memberi semangat, pujian, atau memotivasi akan meresap dalam alam bawah sadar seseorang dan memberikan kekuatan untuk berkarya lebih baik lagi. Karena itu, bila kita melihat karya teman kita, maka ucapkanlah kata-kata yang menyenangkan hatinya, apalagi jika faktanya memang karya tersebut bagus.
3.Tidak mencaci atau mengejek bila ada karya teman atau orang lain yang menurut kita kurang bagus dan biasa saja.
Kurang bagus menurut kita belum tentu menurut orang lain. Setiap manusia memiliki pandangan masing-masing dalam menilai sebuah hasil karya. Boleh jadi kita menilai karya tersebut kurang bagus atau biasa saja karena tidak tertarik dengan bidang itu, sehingga mempengaruhi penilaian kita. Karena itu, sikap terbaik adalah jangan pernah menghina hasil karya seseorang. Selain hal tersebut tidak bermanfaat, dapat melukai perasaan orang lain, dan mematikan kreatifis seseorang, juga bertentangan dengan ajaran Islam.


4.Tidak merusak karya orang lain meskipun kita tidak menyukainya dan merasa kurang bermanfaat bagi kita.
Jika mengejek karya orang saja tidak boleh, apalagi jika sampai merusaknya. Kurang bermanfaat bagi kita belum tentu bagi orang lain. Contohnya, Pak Hasan adalah seorang pengrajin kompor minyak tanah. Dengan ketekunannya, ia bisa menghasilkan tiga buah kompor minyak tanah dalam sehari. Ini juga merupakan sebuah hasil karya.
Bagi orang yang tinggal di kota-kota besar yang terbiasa memakai kompor gas atau listrik, mungkin karya Pak Hasan tidak bermanfaat bagi mereka. Tetapi bagi orang-orang di pedesaan, justru karya Pak Hasan sangat bermanfaat bagi mereka. Jadi, kita sangat dilarang merusak hasil karya orang lain dalam bentuk apapun.
5.Menjauhkan sikap iri hati terhadap karya yang dihasilkan orang lain.
Tidak ada kebaikan sedikitpun pada sikap iri hati. Bila ada teman atau orang lain yang berhasil menghasilkan karya yang bagus dan mendapat pengharagaan, maka sikap kita mestinya menghargai karya tersebut dan termotivasi untuk menghasilkan karya yang sama baik nyaatau bahkan lebih baik lagi.
Itulah kelima perilaku yang mencerminkan sikap menghargai karya orang lain. Menghormati dan menghargai karya orang lain menunjukkan jati diri kita sebagai orang yang beragama (Islam) dan berakhlak. Menghargai karya orang lain adalah sikap terpuji yang perlu diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari lewat pembiasaan-pembiasaan.
Hal ini bisa dimulai dari diri sendiri dan di lingkungan keluarga. Kemudian berlanjut ke sekolah dan masyarakat. Inti atau kunci agar bisa bersikap menghargai karya orang lain adalah adanya kesadaran dalam diri bahwa setiap manusia dikaruniai kelebihan di bidangnya masing-masing yang membedakannya dengan orang lain. Tidak ada manusia yang mampu menguasai dan mahir semua bidang pengetahuan, keahlian, atau keterampilan. Kita mungkin mahir di bidang tertentu, tapi tidak menguasai bidang lainnya.
Jadi, menghargai karya orang lain sejatinya merupakan suatu keniscayaan dari diri manusia yang terbatas kemampuannya, yang tidak mungkin menguasai seluruh bidang pengetahuan, keahlian, dan keterampilan.






Metode Pembelajaran  :     -     Ceramah
                                             -     Tanya jawab
Langkah-Langkah Pembelajaran
a.   Kegiatan awal
      -     Guru dan siswa memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran ( menunjukan sikap religious dan ucapan syukur atas karunia-nya )
      -     Secara bersama membaca Al-Qur’an selama 5-10 menit
      -     Guru mengabsen siswa
      -     Guru memberikan motivasi kepada siswa
      -     Guru memberikan Pre test kepada siswa
     
b.   Kegiatan inti
      (i)   Eksplorasi
            -     Guru menjelaskan secara singkat materi yang di ajarkan dengan kopetensi yang akan di capai
            -     Guru menggali pengalaman siswa tentang menghargai karya orang lain (Mengembangkan Rasa Ingin tahu)
      (ii) Elaborasi
            -     Guru guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang
            -     Para siswa melakukan diskusi tentang menghargai karya orang lain ( siswa mendiskusikan, siswa melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab )
            -     Guru mengklarifikasikan
      (iii) Konfirmasi
            -     Guru menganjurkan kepada siswa untuk membiasakan menghargai karya orang lain
            -     Guru menganjurkan kepada siswa untuk membaca ” Basmallah” setiap kali kita akan memulai pekerjaan yang baik
            -     Guru menganjurkan kepada siswa agar mengucapkan ”Hamdallah” sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada Allah SWT
c.   Kegiatan Akhir
      -     Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari hasil belajar
      -     Guru memberikan post test kepada seluruh siswa,untuk mengetahui apakah yang di sampaikan sudah dapat dipahami oleh siswa
      -     Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca  hamdallah / do’a
      -     Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa mengucapkan salam juga



Alat / Sumber belajar
-     Mushaf AL-Qur’an dan terjemahan
-     Buku PAI kelas XI ( Sebelas )
-     Buku-buku yang relevan

Penilaian                       :     -     Tes lisan
                                             Setiap siswa di minta untuk mendefinisikan pengertian menghargai karya orang lain
-          Tes tulisan
Memberikan beberapa soal tertulis kepada siswa
-          Tes Perbuatan
Beberapa siswa di minta mendemostrasikan contoh menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari           


LEMBAR PENILAIAN


I.  Tes pengetahuan
No
Butir-Butir Soal
Junci Jawaban
Skor
1
Jelaskan pengertian menghargai karya orang lain !
-      Sikap mengakui dan menghormati karya orang lainsebagai hasil kreatifitasnya dengan cara memberikan apresiasi yang positif berupa kata-kata yang menyenangkan,pujian,dan memberikan semangat.
30
2.
Sebutkan contoh prilaku menghargain karya orang lain?
1.      Mengakui dan menghormati kemampuan dan kreatifitas orang lain dalam berkarya
2.      Mengucapkan kata-kata yang menyenangkan berupa pujian  atau memotivasi terhadap karya yang di hasilkan oleh teman atau orang lain
3.      Tidak mencaci atau mengejek  bila ada karya teman atau orang lain yang menurut kita kurang bagus dan biasa saja
4.      Tidak merusak karya orang lain meskipun kita tidak menyukainya dan merasa kurang bermanfaat bagi kita
5.      Menjauhkan sikap iri hati terhadap karya yang dihasilkan orang lain.
70

Jumlah
100


  
III. Tes Sikap
No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1
Agar dapat menghargai karya orang lain kita harus membaca materi secara berulang-ulang




2
Dalam kehidupan sehari-hari tujukanlah prilaku menghargai karya orang lain




3
Dapat membiasakan prilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari







Keterangan :                             skor tes sikap

SS        :     sangat setuju          :     50           
S          :     setuju                     :     40
TS        :     Tidak Setuju          :     10
STS     :     Sangat tidak setuju  :     0







                                                                                                Singkawang, 29 Oktober 2011
Dosen Pembimbing Lapangan                Guru Pamong                     Calon Guru PAI


         FATIMAH, S.Ag                                                                  .................................
NIP ………………………..       NIP ……………………..        

Mengetahui,
Kepala Sekolah


________________________

NIP. ……………………………
Posting Komentar
close