POTENSI WISATA ALAM DI KABUPATEN BENGKAYANG, KALIMANTAN BARAT



Suara saut menyaut dari masyarakat adat dayak di Kabupaten Bengkayang menjadi pertanda di mulainya upacara adat Nyobeng yang dilaksanakan setiap tahunnya di Kabupaten Bengkayang. Hampir semua penduduk di kabupaten Bengkayang mengikuti upacara adat ini. Ritual suku dayak di Kabupaten Bengkayang ini menjadi daya tarik wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan asing untuk datang ke Kabupaten Bengkayang. Nyobeng merupakan ritual adat untuk menghormati nenek moyang dengan memberikan persembahan setiap tahunnya kepada roh-roh leluhur yang di yakini sampai saat ini masih menjaga mereka. Salah satu kegiatannya adalah mensucikan tengkorak nenek moyang dengan menggunakan darah dari binatang peliharaan. Berikut penuturan Frans wijaya.

Bukan hanya Budayanya, Kondisi alam yang beraneka ragam dan memilki pano-rama alam begitu indah membuat Kabupaten Bengkayang menjadi tempat tujuan wisata yang paling di gemari. Terutama objek wisata bahari di beberapa pulau/ yang dimilki oleh Kabupaten ini. Objek wisata alam di Kabupaten Bengkayang juga tidak kalah menarik dengan wisata Baharinya. Tidak jauh dari Ibukota kabupaten Bengkayang banyak terdapat air terjun, riam-riam yang indah, hutan adat dan cagar alam dengan pemandangan yang masih sangat asri. Selain itu wisatawan yang berkunjung dapat menyaksikan berbagai macam kegiatan kebudayaan asli masyarakat Suku dayak, Suku Melayu dan Suku Tionghoa  di Kabupaten Bengkayang.

Kabupaten Bengkayang ini masih dalam tahap pembangunan karena tergolong kabupaten muda di Provinsi Kalimantan Barat yang mekar pada tahun 1999. Di kabupaten ini memiliki berbagai objek wisata, baik objek wisata alam, objek wisata bahari, objek wisata budaya, objek Wisata Sejarah dan Objek wisata Kuliner. Frans Wijaya Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata Kabupaten Bengkayang menjelaskan Jumlah objek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bengkayang saat ini sudah terdata sebanyak 84 obejek wisata yang tersebar di beberapa Kecamatan. “Objek wisata unggulan di Kabupaten Bengkayang terbagi menjadi 3 kategori objek wisata seperti objek wisata Alam, Wisata Budaya dan objek wisata Bahari. Untuk wisata alam, Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkayang menerapkan sistem Green Tourism atau wisata hijau,” tambah Frans Wijaya.

WISATA ALAM

Objek wisata alam yang paling terkenal di Kabupaten Bengkayang adalah cagar alam Gunung Niut yang berada di Kecamatan Tujuh Belas di Gunung ini terdapat beranekaragam hayati serta kawasan hutan tropis yang masih sangat hijau dan asri. “Cagar Alam Gunung Niut sudah di lindungi sejak awal kemerdekaan dan memilki ekosistem yang masih terjaga,” Kata Frans Wijaya

Selain Cagar alam Gunung Niut, wisata alam hutan Adat Pengajit atau Hutan Pikol dengan luas 100 Ha juga memiliki ekosistem yang terjaga dan memilki keunikan tersendiri. “Hutan Adat yang berada di kecamatan seluas ini telah diresmikan pada tanggal 15 Oktober 2002 oleh Jacobus Luna, saat masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Bengkayang,” jelas Frans

Wisata alam lainnya yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah kawasan wisata Air Terjun Merasap yang terletak di Dusun Segonde, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas yang memiiki ketinggian 40 M dan air dibawahnya membentuk sebuah riam yang cukup deras. Lokasi ini sekitar 62 Km dari kota Bengkayang. Kawasan alam ini masih asri sehingga wisatawan yang beruntung akan menemukan beberapa hewan langka dan tumnuhan langka.

“Di hulu wilayah ini terdapat objek wisata religi yang cukup terkenal yaitu Goa Maria dan Patung Bunda Maria tempat beribadah Umat Katolik yang ramai dikunjungi setiap akhir bulan Mei dan akhir bulan Oktober. Tidak jauh dari Air terjun ini juga terdapat air terjun Pangar dan Air terjun Marun,” tutur Frans wijaya.

Jarak kawasan air terjun merasap ini dari kota Bengkayang sekitar +65 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau kendaraan roda 4, disambung dengan berjalan kaki selama +20 menit.

Air Terjun Merasap hanya salah satu dari Obyek Wisata air terjun yang ada di Kabupaten Bengkayang. Masih ada lagi air terjun yang sering dikunjungi wisatawan seperti  Air Terjun Seraung  yang terletak di Kecamatan Siding dan Air Terjun Berawant yang terletak di Kecamatan Seluas.

Selain Cagar alam, Hutan adat dan Air terjun, Kabupaten bengkayang memiliki objek wisata alam riam, dan sangat cocok untuk aktivitas olahraga alam arung jeram. Riam-riam yang terdapat di Kabupaten Bengkayang terletak di 4 kecamatan. Di kecamatan Seluas terdapat Riam Sangadum, Riam Bangaram, Riam Baro, Riam Pain’t Batah, Riam Erang, Riam Susok dan Riam Mangkamang. Kemudian Riam Pelayo di Kecamatan Sungai Betung yang memilki tempat luncuran dengan panjang 6 M. Lalu Riam Marumdi di Kecamatan Tujuhbelas dan Riam Jugan yang terletak di Kecamatan Sanggau Ledo.

Di Kecamatan Jagoi babang wisatawan dapat menyaksikan sembuaran mata air panas yang konon katanya airnya bisa digunakan untuk terapi kesehatan dan pengobatan reumatik. Di sekitar lokasi ini terdapat keindahan pesona alam yang cukup menjanjikan untuk pengembangannya. Selain itu di Kecamatan Menterado terdapat danau Taipi yang memilki panorama indah dan masih asri.

WISATA SEJARAH DAN BUDAYA

Kabupaten Bengkayang kental akan nilai sejarah terutama sejarah penjajahan kolonial belanda dan sejarah etnis tionghoa. Sejak tahun 1600 diperkirakan etnis Tinghoa sudah bermukim di daerah kabupaten bengkayang sehingga banyak jejak-jejak dan situs kebudayaan Tionghoa seperti Tiang Bendera Cina di Kecamatan Menterado. Benteng-benteng bekas kolonial belanda pun masih berdiri kokoh di lereng-lereng gunung dan bukit di kabupaten bengkayang sampai saat ini seperti benteng Belanda di gunung Vandering. Selain benteng, peninggalan belanda lainya adalah Salip Raksasa di tepi Danau Taipi di Kecematan Menterado.

“Banyak wisatawan asing telah berkunjung ke benteng di Vandering, diantara wisatawan tersebut ada yang merupakan keturunan belanda,” ungkap Frans

Frans Wijaya mengatakan mayoritas masyarakat di Kabupaten Bengkayang adalah Suku Dayak. “Sampai saat ini suku dayak di Kabupaten Bengkayang, masih memegang teguh tradisi nenek moyangnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri atau menjadi keunikan yang di cari-cari oleh wisatawan,” jelas Frans. Selain berkenaan dengan ritual adat dayak salah satu hasil kebudayaan masyarakat dayak di Kabupaten bengkayang adalah Rumah Adat Panjang Samalantan yang digunakan sebagai tempat ritual masyarakat dayak pada saat naik dango setiap tanggal 27 April tiap tahun. Kemudian Rumah Adat Baluk yang terletak di Kecamatan Siding dan digunakan oleh masyakat Suku Dayak Bidayuh dalam acara ritual tahunan (nibak’ng) yang dilaksanakan setiap tanggal 15 Juni, setelah usai musim menuai padi dan untuk menghadapi musim penggarapan ladang tahun berikutnya.

PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA

Pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang terus berusaha mengembangkan wilayah tujuan wisatanya, dengan membenahi objek-objek wisata yang ada. Dalam pengelolaan objek wisata di Kabupaten Bengkayang, Dinas Pariwisata memberikan hak pengelolaan kepada Pihak investor dan kepada masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata serta kepada Pemeriantahan Desa untuk Objek wisata yang belum memilki Kelompok Sadar Wisata.

Frans Wijaya menjelaskan dari 84 objek wisata di kabupaten bengkayang, masih banyak Objek wisata yang memerlukan bantuan modal dan bantuan pengelolaan. Hingga saat ini Investasi objek wisata masih terkonsentrasi di wisata bahari seperti Mimi Land dan Pulau Randayan.

WISATA PANTAI

Wisatawan dapat merasakan asyiknya berwisata di daerah pesisir Kabupaten Bengkayang yang terletak di Kecamatan Sungai raya kepulauan. Terdapat 3 objek wisata pantai unggulan yang dapat dikunjungi di wilayah pesisir kabupaten bengkayang ini.

PANTAI SAMUDERA INDAH

Salah satunya adalah kawasan objek wisata Pantai Samudera Indah yang Terletak di Desa Karimunting Dusun Tanjung Gundul Kecamatan Sei Raya Kepulauan. Jarak dari Pusat Kota Bengkayang ke objek wisata ini sekitar 95 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan baik menggunakan roda dua maupun kendaran roda empat.

Pantai ini memilki panorama laut yang cukup indah dengan taburan batu-batu besar yang cocok untuk kawasan pemancingan. Tidak jauh dari pantai terdapat sungai air tawar dan bukit untuk melihat pemandangan laut lebih luas. Syarif Yudi salah satu pemilik penginapan dan warung di Pantai Samudera Indah menceritakan.

Objek wisata pantai samudera ini dilengkapi dengan Fasilitas penginapan, sampan, WC umum, pemandian air tawar dan warung Tradisional. Harga penginapan yang di kelola oleh Yudi untuk satu malam berkisar antara 50 ribu sampai 75 ribu rupiah, dan sewa sampan di patok dari harga 50 ribu sampai 100ribu rupiah. Dari segi keamanan, saat ini Pantai Samudera indah terbilang aman. Yudi menuturkan.

Untuk pengelolaan, Pantai Samudera indah ini masih di kelola oleh masyarakat, namun pantai ini telah dibangun penginapan yang cukup mewah oleh investor. Sehingga kedepannya pengembangan Pantai Samudera indah berada ditangan investor  jelas Yudi.

PANTAI KURA-KURA

Tidak jauh dari pantai samudera indah terdapat objek wisata Pantai kura-kura sekitar 200 meter jaraknya. Pemandangan lautnya Tidak jauh berbeda dengan pantai samudera indah. Pantai ini juga memiliki sebuah bukit sebagai tempat yang pas untuk menikmati pemandangan indahnya kolaborasi pantai, bebatuan dan laut. Jika cuaca sedang bagus kita bisa melihat pulau kabung terdapat di seberang pantai dan pada sore harinya kita dapat melihat sunset pula. Pengunjung atau wisatawan yang datang ke pantai kura-kura ini jumlahnya tidak menentu seperti yang dijelaskan oleh Sisyanto Koordinator Kelompok Sadar Wisata Dusun Tanjung Gondol.

Pantai ini di kelola oleh Kelompok Sadar Wisata Dusun Tanjung Gondol yang di pimpin oleh Sisysnto. Sejak pembentukannya, hingga kini jumlah anggota Kelompok Sadar wisata tanjung gondol berjumlah 25 orang. Masyarakat, anggota dan pengurus Kelompok sadar wisata ini bahu membahu membangun objek wisata ini dan selalu mengutamakan keramahtamahan dalam segi pelayanan kepada wisatawan. Sisyanto menuturkan.

Dengan konsep ramah tamah dalam pelayanan, pantai kura-kurang dari segi keamanan terbilang aman, dari sejak dibuka sampai sekarang, tidak ada komplain dari wisatawan yang berkunjung menikmati indahnya alam di pantai ini. Seperti yang dikatan oleh sisyanto tentang keamanan di pantai kura-kura.

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini hanya sebatas fasilitas standar untuk sebuah lokasi wisata, seperti surau, saung untuk bersantai, warung makan, toilet, dan beberapa vila yang merupakan milik dari sebuah perusahaan. Selain itu Di tempat ini juga terdapat sebuah tempat pembudidayaan udang.

Untuk masalah tiket masuk, pada hari-hari biasa tidak di pungut biaya. Tapi pada hari libur seperti minggu dan hari-hari besar lainnya, uang tiket untuk masuk ke Pantai Kura-kura seharga 10 ribu rupiah. Penghasilan dari tiket digunakan untuk akomodasi dan keperluan pengelolaan Pantai Kura-kura, seperti yang dikatakan oleh Sisyanto yang kerap disapa dengan panggilan bang yanto ini.

Untuk pengembangan kedepan pantai kura-kura ini, Kelompok Sadar Wisata dusun Tanjung Gondol akan bekerjasama dengan investor yang telah memiliki tanah di pantai kura-kura ini. Bang Yanto menjelaskan.

PANTAI BATU PAYUNG

Objek Wisata pantai yang paling diunggulkan di kabupaten ini adalah Objek wisata Batu payung. Batu payung merupakan salah satu lokasi pantai di Indonesia yang memiliki pasir putih dan bebatuan yang menjorok ke laut, pantai ini terletak di  Desa Karimunting Dusun Teluk Suak Kecamatan Sungai Raya Kepulauan yang berdekatan dengan pantai kura-kura. Di tengah laut dari pantai ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti payung. Pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai lainnya, anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang hijau dari kejauhan. Wisata pantai yang akan memberikan anda ketenangan dan kenyamanan setelah sepekan bekerja. Frans wijaya Usaha Jasa Pariwisata Kabupaten Bengkayang menuturkan.

Di Pantai Batu Payung juga memiliki beberapa fasilitas yang menunjang dan memanjakan pengunjung untuk berlama-lama dipantai ini. Di pantai ini ada fasilitas yang bernama Batu Payung Village, yang merupakan resort dengan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang masih belum terjamah oleh manusia, Di resort ini memiliki fasiltas yang lengkap layaknya sebuah apartemen di tengah kota.Fasilitasnya seperti restoran dengan pemandangan langsung ke arah laut dengan menu seafood, Tempat untuk pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan pantai Batu Payung, tempat bermain untuk anak-anak (Children Playground) seperti ayunan, seluncuran atau tempat bermain pasir yang menarik bagi anak-anak untuk bermain.Untuk dapat menikmati fasilitas yang terdapat di resort Batu Payung Village, tarifnya terjangkau yaitu mulai dari Rp 300.000, dan bila pengunjung datang secara kelompok atau rombongan harga untuk menikmati dan menginap di Batu Payung Village bisa lebih terjangkau.

Bila pengunjung ingin menikmati pulau-pulau kecil yang berada di dekat Pantai Batu Payung dengan keindahan yang masih alami, di pantai ini juga ada tempat untuk menyewakan sampan, harganya pun terbilang murah dan tentu dapat dinegosiakan sesuai dengan orang yang menyewakan ataupun resort yang menyewakan sampan. Beberapa area di pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat outbond. Selain itu Untuk pengunjung yang senang dengan memancing, di pantai ini pengunjung bisa memancing di area-area pemancingan yang berada di beberapa sudut pantai Batu Payung ini. Di lokasi ini juga disediakan peralatan untuk memancing dengan biaya sewa alat pemancingan yang terjangkau tiap orangnya.

Fasilitas lain di pantai ini adalah tempat penyewaan kuda, agar pengunjung bisa menikmati indahnya pantai dengan menunggang kuda. Tarif untuk menyewakan satu kuda bisa di negosiasikan dengan pemilik kuda.

Di area Pantai Batu Payung juga terdapat beberapa spot area yang berdiri patung-patung zodiac ataupun patung-patung lainnya seperti bentuk patung manusia berbadan kuda, patung kuda ataupun tugu gembok. Patung-patung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk dinikmati ataupun diabadikan dengan camera.

Penduduk lokal yang bermukim di pantai ini turut serta menjaga agar pantai ini tetap bersih dan alami, hal itu membuat para pengunjung menjadi betah berlama-lama di pantai Batu Payung ini.Karena kepedulian dari penduduk lokal akan kebersihan dan keindahan pantai yang tetap terjaga membuat pantai batu Payung menjadi objek wisata yang tiap tahunnya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri dan khususnya bagi mereka yang hobi memancing.

WISATA BAHARI

Untuk wisata bahari di kabupaten bengkayang sebagian besar sudah tertata rapi oleh pengelola wisata baik oleh investor maupun kelompok sadar wisata. Saat berada di Objek Wisata bahari di Kabupaten Bengkayang wisatawan dapat melakukan kegiatan diving Snorkling traditional Fish Hunting dan berbagai kegiatan lainnya Terdapat 12 pulau kecil di kabupaten Bengkayang namun saat ini hanya empat pulau saja yang telah di kelola  Seperti yang di jelaskan oleh Frans Wijaya, Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata Kabupaten Bengkayang.

Andi Kartini, salah satu Ketua RT di Pulau Kabung sedikit menceritakan keadaan di Pulau Kabung, Jika wisatawan ingin menikmati pemandangan indah bawah laut bisa mengunjungi Pulau kabung yang terletak di Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan kabupaten Bengkayang Pulau kecil ini menyimpan berjuta keindahan didalamnya air lautnya yang begitu jernih membuat kita bisa melihat sampai ke dasar laut Kegiatan menyelam dan snorkeling di pulau ini akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatwan.

Saat memulai perjalanan dari dermaga menunju pulau ini dengan motor air mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan laut yang dipenuhi dengan bagan-bagan berdiri kokoh di tengah lautan. Untuk menuju Pulau Kabung wisatawan bisa menggunakan perahu motor dengan harga 10 ribu per orang/ seperti yang di jelaskan oleh Andi Kartini.

Jangan khawatir untuk masalah penginapan, kini di pulau kabung telah memiliki penginapan yang di kelolah oleh Andi Kartini. “Harganya murah, saat ini per kamar untuk satu malam hanya 50rb rupiah dan katering untuk satu hari 3 kali makan juga 50ribu rupiah” kata Andi Kartini.
Untuk Fasilitas di Pulau kabung, cukup lengkap. Selain penginapan, diPulau kabung juga memiliki toilet umum dan penyewaan alat-alat selam atau snorkling. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan tempat penginapan wisatawan yang berminat dapat menghubungi ibu Andi Kartini. Wisatawan juga bisa membeli ikan teri, sotong, dan Ikan sebagai oleh-oleh.

PULAU  RANDAYAN

Wisata Bahari unggulan Kabupaten bengkayang adalah Pulau Randayan. Frans Wijaya menjelaskan sedikit tentang pulau ini, Pulau eksotis ini, sangat digemari oleh turis mancanegara dan wisatawan domestik. Birunya permukaan air laut dan indahnya pemandangan di sekitar pulau ini membuat betah untuk beristirahat lebih lama. Pulau ini di kelola oleh Sukartadji yang tinggal Desa Pulau Lemukutan. Pulau ini lebih unggul di banding pulau lainnya dari segi fasilitas Fasilitasnya serupa dengan fasilitas-fasilitas objek wisata terkenal lainnya di Indonesia. Fasilitas yang dimilki oleh objek wisata ini adalah Penginapan, Ruang Pertemuan, WC umum, tempat peristirahatan dan banyak lagi. Dengan perusahaannya Sukartaji menyulap pulau ini menjadi lebih menawan tanpa merubah keaslian pulau  ini.

PULAU LEMUKUTAN

Tempat tujuan wisata bahari lainnya adalah Pulau Lemukutan yang memiliki bermacam potensi objek wisata Diantaranya adalah keindahan alam pantai, keindahan bawah laut, budaya dan tradisi masyarakat setempat. Banyak hal yang dapat dinikmati di pulau ini, terutama bagi wisatwan yang hobi  diving dan Snorkling, banyak tempat (spot) terumbu karang yang bisa untuk dilakukan penyelaman dan menikmati indahnya ikan – ikan serta warna warni terumbu karang yang sangat eksotis. Jika wisatawan yang punya hoby fotografi rugi jika tidak ke pulau ini karena keindahan alamnya sangat menakjubkan terutama Sunrise dan Sunset.  Untuk menikmati panorama alamnya wisatawan dapat bersepeda mengelilingi pulau serta melihat aktifitas keseharian masyarakat bahkan jika beruntung wisatawan dapat menemukan penyu yang bertelur di Pantai.

Para wisatawan juga dapat memilih dengan bebas, untuk berwisata menggunakan fasilitas resort yang mengutamakan privasi, ataupun fasilitas homestay di rumah penduduk setempat/ agar wisatawan dapat berinteraksi dengan masyarakat serta mengetahui budaya dan tradisi masyarakat setempat, Untuk mencapai ke pulau tersebut dapat menggunakan kendaraan darat dari Pontianak menuju ke Teluk Suak, kemudian berangkat menuju Lemukutan dengan menggunakan motor air dengan cukup membayar 15.000 rupiah/ orang.

Frans wijaya Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata Kabupaten Bengkayang menuturkan, informasi lebih lanjut tentang objek wisata menarik lainnya di Kabupaten Bengkayang para wisatawan dapat berkunjung ke kantor dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkayang. Wisatawan juga bisa mengakses website pemerintahan kalimantan barat untuk mengetahui objek wisata yang ada di Kabupaten bengkayang atau melalui internet dengan keyword Objek wisata kabupaten Bengkayang.

Dengan mengunjungi Kota Kabupaten Bengkayang akan lebih mudah mengetahui mana objek wisata yang terbaik untuk di kunjungi. Perjalanan menuju Ibu kota Kabupaten bengkayang sangat mengasikkan. Jalannya yang berliku-liku, menanjak dan menurun sangat memacu adrenalin. Disamping itu,wisatwan akan disuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri. di sepanjang perjalanan, wisatawan dapat melihat perbukitan dan pohon-pohon besar. “Untuk masalah penginapan, wisatawan tidak perlu pusing karena di ibu kota kabupaten bengkayang memiliki hotel berkelas bintang dan motel-motel kata Frans Wijaya menjelaskan tentang fasilitas terutama penginapan di Kota Bengkayang.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan Khas Kabupaten Bengkayang yaitu Lempok atau dodol Durian, bisa membelinya di supermarket yang ade di Kota Kabupaten Bengkayang. Lempok juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga. “Wisatawan juga bisa membawa souvenir berbentuk kerajinan tangan seperti Tikar Bidai dan Miniatur Rumah Adat Baluk. Kerajinan-kerajinan tangan itu dapat di beli di Dekranasda Kabupaten Bengkayang tambah Frans Wijaya.

Dinas pariwisata Kabupaten bengkayang melalui Frans Wijaya membuka pintu selebar-lebarnya bagi para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri yang ingin berkunjung untuk menikmati indahnya Objek wisata di Kabupaten Bengkayang.
Frans Wijaya selaku Kepala Seksi Usaha Jasa Pariwisata Kabupaten Bengkayang juga menghimbau agar masyarakat selalu menjaga keamanan serta bersikap ramah tamah kepada para wisatawan dan mau membantu jika mereka mengalami kesulitan atau membutukan informasi.

Ia juga meminta kepada masyarakat dan para stake holder agar bisa bekerjasama merawat, melindungi dan mengembangkan objek-objek wisata yang ada di kabupaten Bengkayang.


Poskan Komentar