Konfigurasi Elektron

Kulitelektron atau tingkatenergi menurut Bohr

Percobaan-percobaan selanjutnya mengenai model atom bertujuan untuk mengetahui bagaimana partikel-partikel penyusun atom itu tersusun di dalam suatu atom. Niels Bohr melalui percobaannya tentang spektrum atom hidrogen berhasil memberikan gambaran keadaan elektron dalam menempati daerah di sekitar inti atom. Berdasarkan pengamatan terhadap spektrum atom hidrogen, Niels Bohr berhasil menyusun model atom yang dikenal sebagai model atom Bohr.

Menurut model atom Bohr, elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang
disebut kulit elektron atau tingkat energi. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, makin ke luar makin besar nomor kulitnya dan makin tinggi tingkat energinya.
Kulit elektron diberi simbol (lambang), untuk kulit pertama (paling dekat dengan inti) diberi lambang K, kulit kedua diberi lambang L, kulit ketiga M, dan seterusnya. Tiap kulit elektron hanya dapat ditempati elektron maksimum 2n2, dengan n adalah nomor kulit. Kulit dan jumlah elektron maksimum dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

TABEL 2.2 Kulit dan Jumlah Elektron Maksimum
Nomor Kulit
Nama Kulit
Jumlah elektron maksimum
1
2
3
4
5
6
K
L
M
N
O
P
2 elektron
8 elektron
18 elektron
32 elektron
50 elektron
72 elektron

Elektron-elektron akan menempati kulit elektron dimulai dari kulit K sampai terisi maksimum, kemudian kulit L sampai terisi maksimum, dan seterusnya. Penempatan elektron sampai penuh akan terjadi pada kulit K, L, dan M, sedangkan untuk kulit-kulit keempat (kulit N) sudah akan terisi bila kulit M sudah terisi 8 elektron.

Konfigurasi elektron seperti pada gambar di atas dapat ditulis dengan singkat sebagai berikut.
Contoh: Tuliskan konfigurasi elektron dari 12Mg dan 19K
Jawab: 12Mg = 2, 8, 2 19K = 2, 8, 8, 1
Pada atom K tidak membentuk konfigurasi 2, 8, 9 sebab mulai kulit ketiga dan seterusnya jika sisa dari kulit L lebih dari 8 tetapi kurang dari 18,maka diisikan 8 saja dan elektron berikutnya akan menempati kulit N. Jumlah elektron yang menempati kulit terluar disebut elektron valensi. Jadi, elektron valensi atom Mg adalah 2 dan elektron valensi atom K adalah 1. Konfigurasi elektron dari beberapa unsur dalam golongan Alkali dapat dilihat pada tabel disamping ini.

TABEL 2.3 Konfigurasi elektron golongan Alkali
Nama Unsur
Lambang
Jumlah elektron
Konfigurasi elektron
Hidrogen
Litium
Natrium
Kalium
Rubidium
Sesium
Fransium
H
Li
Na
K
Rb
Cs
Fr
1
3
11
19
37
55
87
1
2, 1
2, 8, 1
2, 8, 8, 1
2, 8, 18, 8, 1
2, 8, 18, 18, 8, 1
2, 8, 18, 32, 8, 8, 1


Poskan Komentar