1.1 Definisi
Komputer
Komputer merupakan suatu perangkat
elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi,
menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara
otomatis dengan aturan tertentu.
1.2 Sistem Komputer
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang
dijalankan pada komputer
3. Brainware (SDM)
Perangkat Keras
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga
komponen utama, yaitu
1. Processor, merupakan bagian dari
perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta
pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua
bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya
ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor
memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu
instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x
10-8 detik.
2. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi
menjadi dua yaitu
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan
data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut
sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah
- Volatil (informasi ada selama komputer
bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
- kecepatan tinggi
- akses random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan
data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder
adalah
- non volatil atau persisten
- kecepatan relatif rendah (dibandingkan
memori primer)
- akses random atau sekuensial
Contoh memori sekunder : floppy, harddisk,
CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang
memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape
3. Input-Output Device, merupakan bagian
yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya.
Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
a. Input Device (Piranti Masukan), berfungsi
sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh
piranti masukan :
- keyboard
- mouse
- touch screen
- scanner
- camera
- modem
- network card
- dll
b. Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi
sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti
masukan :
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Plotter
- Modem
- network card
- dll
Perangkat Lunak
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak
yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak
lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan
berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX
(dengan berbagai distribusi), NetWare, dll
2. Program Utilitas, merupakan program khusus
yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus,
partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas :
Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll
3. Program Aplikasi, merupakan program yang
dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi
akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
4. Program Paket, merupakan program yang
dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
- pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS
Word, Word Perfect, AmiPro, dll
- pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS
Excell, QuattroPro, dll
- presentasi : MS PowerPoint, dll
- desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak
untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman
dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat
tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan
‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly)
merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer.
Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa
tingkat menengah: bahasa C.
Seperti perangkat lunak lain, bahasa
pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
SDM
Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam
bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah
1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis
terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam
bentuk program komputer.
2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan
yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan
oleh komputer
3. Operator, bertugas menjalankan komputer
berdasarkan instruksi yang diberikan
4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara
perangkat keran komputer
5. dll
1.3 Klasifikasi Komputer
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan
menjadi
1. Komputer Analog, menerima sinyal masukan
berupa data analog. Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, mernerima masukan digital,
merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal.
3. Komputer hibrid, menerima masukan analog dan
digital
Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat
diklasifikasikan menjadi
1. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya
dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll
2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa
digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer
Alfa, dll
3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja
amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar.
Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll
4. Mainframe
Berdasarkan Generasi
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat
diklasifikasikan menjadi
1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan
tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC
(Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan
VLSI (Very Large Scale IC)
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan
menjadi
1. General Purpose, merupakan komputer
yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll
2. Special Purpose, merupakan komputer
yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk
bermain catur