GRAPHICAL USER INTERFACE ( GUI )


1.1.      Materi

Tidak ada multimedia interaktif tanpa GUI. GUI merupakan suatu komponen penting di dalam aplikasi komputer modern. GUI merupakan suatu perantara atau antar muka (interface) berbentuk grafis antara pengguna dengan komputer. GUI selain berfungsi untuk memudahkan pengguna ketika menggunakan aplikasi juga berfungsi untuk menambah nilai estetika suatu aplikasi. Hampir semua aplikasi komputer modern berbasis window[1] selalu memanfaatkan GUI. Aplikasi multimedia pembelajaran yang banyak menyertakan interaktivitas tentu saja banyak menggunakan GUI.

GUI memiliki banyak komponen seperti: button, radio button, check button, combo box, menu, tabbed panel, tree, dan sebagainya. Komponen-komponen ini sering disebut juga sebagai widget[2]. Sekarang mari kita lihat komponen-komponen tersebut berikut fungsinya ( tabel 1).


No
Nama widget
Tampilan
Fungsi
1
Button


Menjalankan suatu aksi. Karena itu teks pada button biasanya berisi kata perintah (kata kerja) seperti “Enter”, “Exit”, “Reset”, dsb

2
Radio Button
Memilih hanya satu pilihan diantara 2 atau lebih pilihan.

Jumlah pilihan pada radio button umumnya 3 atau 4 pilihan saja. Jika jumlah pilihan lebih dari 4 maka combo box merupakan widget yang lebih tepat digunakan.

3
Check Button


Memilih satu atau lebih diantara  banyak pilihan (terdiri dari 2 atau lebih pilihan).

Pemanfaatan check button memungkinkan untuk memilih semua pilihan.




4
Combo Box
Memilih salah satu diantara beberapa pilihan di mana jumlah pilihan cukup banyak sehingga tidak efisien bila diberikan dalam bentuk radio button.

5
Menu

Isi dari suatu aplikasi bisa ditampilkan dengan bantuan ikon, namun adakalanya isi terlalu banyak sehingga lebih efisien bila ditampilkan dengan bantuan menu. Umumnya letak menu ada pada bagian kiri atas dari suatu tampilan.

6
Toolbar




Toolbar sebenarnya berfungsi sebagai pelengkap dari menu. Isi dari suatu menu mungkin saja banyak akan tetapi tidak semuanya diperlukan setiap saat oleh pengguna. Untuk memudahkan pengguna mengakses menu-menu yang sering digunakan maka disediakan suatu toolbar yang umumnya memiliki suatu simbol yang melambangkan fungsi dari menu yang diwakilinya. Simbol ini sering kali disebut sebagai metafor.

7
Tabbed Panel


Adakalanya suatu menu memiliki sub-submenu yang saling berkaitan. Salah satu cara yang baik untuk menampilkan sub-submenu tersebut adalah dengan bantuan suatu tabbed panel. Disebut tabbed panel karena untuk mengaksesnya dapat digunakan tombol TAB

8
Tree

Mungkin saja isi suatu aplikasi sangat banyak sehingga tak dapat ditampilkan oleh  menu dengan efisien. Cara menampilkan isi semacam ini adalah dengan bantuan tree. Ensiklopedia adalah salah satu program yang banyak memanfaatkan tree.


Tabel 1. Berbagai widget dan fungsinya


1.2.  Kegiatan

Ajak peserta pelatihan untuk :
-          Berdiskusi mengenai peran GUI di dalam kemudahan menggunakan suatu aplikasi.
-          Memberikan berbagai contoh implementasi GUI yang tepat dan tidak tepat di dalam suatu aplikasi komputer.
-          Berdiskusi mengenai pentingnya suatu GUI di dalam menyampaikan materi pembelajaran



[1]   Kata window tidak hanya merujuk pada aplikasi yang berjalan di sistem operasi Windows saja tetapi juga pada sistem operasi lain yang menggunakan tampilan-tampilan window seperti halnya Mac , Unix , atau Linux.
[2]   Widget merupakan singkatan dari window gadget.
Posting Komentar
close