Pengertian Volume
Penjualan
Volume penjualan merupakan
hasil akhir yang dicapai perusahaan dari penjualan produk yang dilakukan oleh
salesman dan tenaga penjual lainnya. Volume penjualan dihitung berdasarkan
target yang diasumsikan dengan realisasi yang dicapai. Volume penjualan tidak
memisahkan secara tunai msupun kredit, tetapi dihitung secara keseluruhan dari
total yang dicapai. Maka kalau volume penjualan meningkat dan biaya distribusi menurun
maka tingkat pencapaian laba perusahaan meningkat. Tetapi sebaliknya bila
volume penjualan menurun maka pencapain laba perusahaan menurun.
Volume penjualan adalah
barang yang terjual dalam bentuk uang untuk jangka waktu tertentu yang
didalamnya mempunyai strategi pelayanan yang baik. (Philip Kotler, 2000 : 68)
Dari pengertian diatas
maka penulis dapat menyimpulkan bahwa volume penjualan merupakan suatu tingkatan
keberhasilan penjualan produk yang dinilai menurut satuan mata uang berdasarkan
hasil usaha yang dilaksanakan.
Tujuan Penjualan
Pengusaha atau penjual
bisa sukses apabila memilih satu tujuan, dan tujuan tersebut akan menjadi
kenyataan apabila dilaksanakan dengan kemampuan dan kemauan yang memadai pada
umumnya perusahaan mempunyai tujuan mendapatkan laba tertentu dan mempertahankan
atau bahkan berusaha meningkatkan unttuk jangka waktu lama. Tujuan tersebut terealisir
apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti yang direncanakan. Perusahaan
mempunyai tujuan utama dalam penjualan antara lain :
1) Mendapatkan volume atau
nilai penjualan
2) Mendapakan laba
3) Menunjang pertumbuhan
perusahaan
Faktor-Faktor Yamg
Mempengaruhi Penjualan
Besar kecilnya hasil penjualan
dipengaruhi oleh 2 (faktor) yaitu sebagai berikut (Munawir, 2002 : 217) :
ANALISA LAPORAN KEUANGAN
a) Perubahan harga jual
atau satuan produk
Perubahan harga jual ini
ditentukan oleh keadaan pasar yang sulit dikendalikan oleh perusahaan sehingga
akan mempengaruhi besar kecilnya penjualan.
b) Perubahan volume produk
yang dijual atau dihasilkan
Perubahan volume produk
yang dijual mempunyai hubungan langsung dengan kegiatan bagian penjualan. Adanya
kenaikkan volume yang dijual berarti bagian penjualan bekerja secara aktif
(dengan anggapan bahwa biaya pemasaran tetap, dengan naiknya volume penjualan
berarti perusahaan semakin efisien dalam opersinya).
Penjualan dipengaruhi oleh
beberapa faktor yaitu sebagai berikut (Basu Swastha, 2001 : 22) :
a. Produk
Salah satu tugas utama
dari manajemen penjualan adalah desain produk yaitu mereka diminta bertindak
sebagai “mata” dari perusahaan dan secara konstan memberikan saran perbaikan
yang diperlukan desain produk.
b. Harga
Merupakan jumlah uang yang
harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan suatu produk guna memenuhi
kebutuhannya. Penetapan suatu produk yang dihasilkan merupakan salah satu usaha
produsen untuk menarik para konsumen agar mau membeli dalam jumlah yang lebih
banyak.
c. Distribusi
Distribusi merupakan
pernyataan barang dari produsen ke konsumen. Semakin luas pendistribusian maka
akan mempengaruhi penjualan
d. Promosi
Merupakan kegiatan yang
dilakukan perusahaan dengan tujuan utama menginformasikan, membujuk,
mempengaruhi dan mengingatkan konsumen agar membeli produk yang dihasilkan.