Perencanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG)


Melalui program segala bentuk rencana akan mudah untuk dilaksanakan. Dalam Standar Pengembangan KKG/MGMP hal yang perlu dilakukan setelah organisasi terbentuk yaitu:
1.    Penyusunan program KKG/MGMP dimulai dari menyusun Visi, Misi, Tujuan, sampai kalender kegiatan;
2.    Program KKG/MGMP diketahui oleh Ketua KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah SD) atau Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) dan disyahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
3.    Program KKG/MGMP terdiri dari program rutin dan program pengembangan;
4.    Program rutin sekurang-kurangnya terdiri dari
a)    Diskusi permasalahan pembelajaran;
b)   Penyusunan silabus, program semester, dan Rencana Program Pembelajaran;
c)    Analisis kurikulum;
d)   Penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran.
5.    Program pengembangan dapat dipilih sekurang-kurangnya tiga dari kegiatan-kegiatan berikut:
a)    Penelitian;
b)   Penulisan Karya Tulis Ilmiah;
c)    Seminar, lokakarya, koloqium (paparan hasil penelitian), dan diskusi panel;
d)   Pendidikan dan Pelatihan berjenjang (diklat berjenjang);
e)    Penerbitan jurnal KKG/MGMP;
f)    Penyusunan website KKG/MGMP;
g)   Forum KKG/MGMP provinsi;
h)   Kompetisi kinerja guru;
i)     Peer Coaching (Pelatihan sesama guru menggunakan media ICT);
j)     Lesson Study (kerjasama antar guru untuk memecahkan masalah pembelajaran);
k)   Professional Learning Community (komunitas-belajar profesional);
l)  TIPD (Teachers International Professional Development)/ kerjasama MGMP   internasional;
m) Global Gateway (kemitraan lintas negara).

Suatu program KKG atau MGMP merupakan kegiatan utama dalam pelaksanaan aktivitas KKG atau MGMP. Program KKG tersebut berfokus pada usaha peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru. Pemberdayaan KKG dan MGMP, diharapkan dapat mendukung secara optimum peningkatan kemampuan profesional guru dalam pembelajaran di sekolah-sekolah terkait. Trimo (2007: 3) menyatakan, ”faktor-faktor yang turut menentukan keberhasilan aktivitas dalam KKG yaituprogram KKG, proses  pembelajaran  dalam  KKG, kedisiplinan  guru, kegiatan tutorial bermedia,dan interaksi dalam KKG.
 KKG Gugus (2010: 10) menyatakan, sebelum menentukan program kegiatan yang akan dijadikan menu didalam pelaksanaan kegiatan KKG atau MGMP diawali dengan hal-hal sebagai berikut:
1.  Analisis kebutuhan peningkatan kompetensi guru sebagai anggota KKG atau MGMP yang meliputi kompetensi profesional, pedagogis, kepribadian dan sosial;
2.  Hasil dari analisis kebutuhan ini disusun program prioritas yang dituangkan dalam jadwal kegiatan tahunnan dan semester;
3.  Ada tiga jenis program yang dapat dirancang untuk kegiatan di KKG dan MGMP, yaitu program umum, program inti (terdiri dari program rutin dan program pengembangan) dan program penunjang. Program tersebut memuat secara rinci sejumlah kegiatan untuk setiap pertemuan;
4.  Program hasil analisis kebutuhan dituangkan dalam jadwal pertemuan untuk satu tahun dan sekurang-kurangnya memuat 12 kegiatan yang dituangkan dalam 12 kali pertemuan dalam satu tahun;

5.   Program dan kegiatan dimaksud dimungkinkan disusun oleh Tim Khusus/pengurus, tetapi setelah program dan kegiatan terwujud, hal tersebut perlu dikomunikasikan oleh Tim Khusus/pengurus kepada seluruh anggota kelompok. 



No
Kegiatan Pelaksanaan
Uraian Kegiatan

1


Persiapan/koordinasi pengurus

a.     Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
b.     Persiapan awal
2
Curah Pendapat (Brainstorming) Pengurus dan Anggota
a.    Menentukan visi dan misi
b.    Mengidentifikasi permasalahan mutu guru sesuai kondisi daerah setempat
c.    Melakukan diskusi tentang penyebab masalah
d.   Menyusun alternatif pemecahan masalah
e.    Menentukan program yang diukur dengan indikator keberhasilan tingkat nasional pada masing-masing jenjang pendidikan seperti prestasi: siswa dan guru; serta dampak terhadap siswa
3
Membentuk penanggungjawab program pengurus membentuk tim yang bertugas menyusun program KKG dan MGMP

4
Penyusunan kerangka dasar dan konsep awal program Pengurus

a.    Menyusun kerangka konsep program.
b.    Menyusun konsep awal program.

5
Pembahasan program Pengurus, Anggota, dan Kepala Sekolah Inti KKG dan MGMP
a.    Menyimak paparan konsep awal program
b.    Memberi tanggapan
c.    Penyepakatan program
Tabel Bersambung
TABEL 2.1 Sambungan

Disetujui Pengurus, Anggota, dan Kepala Sekolah Inti KKG dan MGMP
a.    Bila konsep disetujui dalam rapat pleno, pengurus memutuskan bahwa konsep tersebut dapat difinalisasi.
b.    Bila konsep tidak disetujui dalam rapat pleno, konsep dibahas ulang dan dilakukan revisi sesuai
7
Finalisasi dan pengembangan program Penanggungjawab program
a.    Melakukan perbaikan akhir naskah program kegiatan KKG dan MGMP dan menyusun kerangka acuan kerja
b.    Pengesahan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota
8
Pelaksanaan Program Instruktur KKG/MGMP,
Nara sumber,
Pengurus dan Anggota
Melaksanakan program

-->
Posting Komentar
close