Proses pembelajaran


Pada dasarnya proses pembelajaran merupakan kegiatan mental yang tidak dapat dilihat. Dalam arti, proses perubahan yang terjadi dalam diri seseorang yang belajar tidak dapat kita saksikan. Dalam peraturan pemerintah No. 19 Tahun 2005 pasal 19, ditegaskan bahwa “proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pendapat di atas menunjukkan bahwa mengajar  yang didesain guru harus berorientasi pada aktivitas siswa. Menurut Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M. Pd (2006:138) mengatakan bahwa “ Proses pembelajaran selama ini banyak diarahkan kepada proses menghafalkan informasi yang disajikan guru. Guru seharusnya mampu mengaplikasikan komponen-komponen pembelajaran tersebut sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran yang disertai dengan langkah-langkah penting dalam pengajaran”. Sedangkan menurut Abdul Majid (2008:92) bahwa “ada enam langkah guru dalam mengembangkan pembelajaran, yaitu:
1)    Mendiagnosa kebutuhan peserta didik, berarti guru harus menaruh perhatian khusus terhadap siswa di dalam kelas seperti memperhatikan bakat dan minat; 2) Memilih isi dan menentukan sasaran agar guru bisa membedakan perbedaan individu; 3)  Mengidentifikasi teknik-teknik pembelajaran; 4) Merencanakan aktivitas dalam unit-unit pembelajaran seperti arsip tentang teknik pembelajaran, dan arsip pekerjaan siswa; 5) Memberikan motivasi kepada siswa; 6) Melakukan evaluasi.”

Dari ke enam langkah tersebut konsep dasar dalam mengembangkan proses pembelajaran kepada siswa. Didalam proses pembelajaran, seorang guru hendaknya selalu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi  pada diri siswa. Perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa biasanya berupa motivasi belajar yang rendah, munculnya kejenuhan dalam belajar, dan kurang memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru. 
Posting Komentar
close