Pengertian Penjualan



Pada umumnya perusahaan mempunyai tujuan antara lain untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, hal ini dapat dicapai dengan memaksimumkan penjualan sehingga tercipta omset penjualan yang baik. Pada saat perusahaan menjual barang dagangannya maka diperoleh pendapatan jumlah yang dibebankan kepada pembeli untu barang dagangan yang diserahkan merupakan pendapatan perusahaan yang bersangkutan.

Penjualan dapat dilakukan secara kredit maupun tunai. Sudah tentu perusahaan lebih menyukai jika transaksi penjualan dilakukan secara tunai karena akan segera menerima kas dan kas tersebut dapat segera digunakan untuk mendatangkan pendapatan selanjutnya. Pada waktu melakukan penjualan, kadang-kadang perusahaan harus menerima pegembalian barang atau memberi potongan harga. Hal ini terjadi jika barang yang dijual tidak sesuai dengan permintaan pembeli. Penerimaan kembali barang yang telah dijual disebut penjualan retur, sedangkan pemberian potongan harga disebut pengurangan harga.

Dengan demikian perlu kiranya pengertian penjualan itu sendiri agar memiliki pengertian yang lebih akurat dan dapat merupakan satu kesatuan pemahaman sebagai alternatif dalam meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Adapun beberapa pendapat mengenai pengertian penjualan dari berbagai sumber, antara lain adalah sebagai berikut :
Penjualan adalah menekankan kegiatan pada produk dan perusahaan mula-mula membuat produk kemudian berusaha menjualnya sehinga tercapai volume penjualan. (DR. Buchori Alma, 1998 : 92 )
Penjualan adalah suatu proses pertukaran barang atau jasa antara penjual dan pembeli. (Basu Swastha, 2001 : 9)
Penjualan adalah persetujuan untuk nenyerahkan barang kepada pihak lain dengan menerima pembayaran. (Marbun, 2003 : 255)
Penjualan adalah suatu kegiatan penjualan dalam rangka memperoleh keuntungan. (Sudarsono dan Edilius, 2001 : 234)

Dari keempat devinisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penjualan adalah suatu proses pertukaran barang atau jasa dengan pihak lain dan menerima pembayaran dalam rangka memperoleh keuntungan. 

Sumber:

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB ABDUL ROSID,SE,MM

Posting Komentar
close