Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia, lingkungan diartikan sebagai sebuah keadaan
sekitar yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku manusia (Poerwadarminta,
Pusat Bahasa Depdiknas, 2009:
526).
“Tempat
atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan
belajar atau proses perubahan tingkah laku maka tempat itu dapat dikatagorikan
sebagai tempat belajar yang berarti sumber belajar, misalnya perpustakaan,
pasar, museum, sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan, dan sebagainya”.
(Majid, 2009: 170).
Menurut Mulyasa
(Wahyuni, 2009: 11)
pendekatan lingkungan merupakan
“pendekatan pembelajaran
yang berusaha untuk
meningkatkan keterlibatan
siswa melalui pendayagunaan
lingkungan sebagai sumber
belajar. Dalam pembelajaran berbasis
lingkungan ini, akan
dibentuk kelompok kecil
yang akan digunakan untuk pelaksanaan penelitian”.
Karjiyadi (2012) mengatakan bahwa
“Pembelajaran berbasis lingkungan mengarah
pada pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajarnya.
Lingkungan dapat diformat maupun digunakan sebagai sumber belajar. Dalam hal
ini, guru dapat mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia
nyata siswa sehingga dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan
yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari”. (http://smpn1karangmojo.sch.id)
Menurut Mulyasa
(dalam Wahyuni, 2010: 12) pembelajaran
berdasarkan pendekatan lingkungan
dapat dilakukan dengan dua cara:
1. Membawa peserta
didik ke lingkungan
untuk kepentingan pembelajaran. Hal ini
bisa dilakukan dengan
metode karyawisata, metode
pemberian tugas, dan lain-lain.
2.
Membawa sumber-sumber
dari lingkungan ke
sekolah (kelas) untuk
kepentingan pembelajaran. Sumber tersebut bisa sumber asli, seperti narasumber, bisa juga
sumber tiruan, seperti model dan gambar.
Berdasarkan pendapat-pendapat di
atas pembelajaran berbasis lingkungan adalah pembelajaran yang memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar yang membimbing siswa untuk menghubungkan
pengetahuannya dengan kehidupan sehari-hari.