a.
Pengertian
Pemahaman
Pemahaman konsep
terdiri dari dua
kata, yaitu pemahaman
dan konsep. Pemahaman berasal
dari kata paham yang artinya (1) pengertian; pengetahuan yang banyak, (2)
pendapat, pikiran, (3) aliran; pandangan, (4) mengerti benar (akan); tahu benar
(akan); (5) pandai dan mengerti benar, (Poerwadarminta, Pusat Bahasa Depdiknas,
2009: 821). Sedangkan menurut Zahorik (dalam Rosalin 2008:
28) pemahaman pengetahuan (understanding
knowlegde), artinya
“pengetahuan yang diperoleh bukan untuk
dihapal,melainkan untuk diyakini dan dipahami,dengan cara (1) menyusun konsep
sementara; (2) melakukan sharing kepda
orang lain agar mendapat tanggapan; (3) merevisi konsep dari tanggapan tersebut
dan kemudian dikembangkan”.
Berdasarkan
pendapat-pendapat ahli di atas maka pemahaman adalah suatu proses, kemampuan
memahami, kemampuan mempelajari baik-baik supaya paham dan memiliki pengetahuan
yang banyak serta mampu menjelaskan suatu hal yang dipahaminya
b.
Pengertian
Konsep
Menurut Sumiati dan Asra (2009: 56)
konsep adalah hasil penyimpulan tentang suatu hal
berdasarkan atas adanya ciri-ciri yang sama pada hal tersebut. Sedangkan
Depdiknas (dalam Kesumawati,
2008: 2), menyatakan bahwa konsep diartikan sebagai ide abstrak yang dapat
digunakan untuk menggolongkan sekumpulan objek.
Berdasarkan pendapat ahli di atas
dapat disimpulkan pengertian konsep adalah ide abstrak dari hasil penyimpulan
tentang suatu hal sehingga dapat digunakan untuk menggolongkan sekumpulan
objek.
c.
Pengertian
Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Depdiknas
menyatakan bahwa,
“pemahaman
konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan
dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan pemahaman
konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan
mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat
dalam pemecahan masalah”. (dalam Kesumawati, 2008: 3).
Berdasarkan uraian di
atas dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa adalah kemampuan
siswa dalam menemukan dan
menjelaskan , menerjemahkan, menafsirkan,
dan menyimpulkan suatu konsep matematika berdasarkan pembentukan
pengetahuannya
sendiri, bukan sekedar
menghafal.
2.
Kriteria
Pemahaman Konsep
Dalam
KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) tahun 2006 kriteria siswa telah memahami konsep
antara lain adalah:
a. Menyatakan
ulang sebuah konsep.
b. Mengklasifikasi
obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya).
c. Memberi
contoh dan non-contoh dari konsep.
d. Menyajikan
konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis.
e. Mengembangkan
syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep.
f. Menggunakan,
memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu.
g. Mengaplikasikan
konsep atau algoritma pemecahan masalah.
Berdasarkan
uraian di atas maka kriteria pemahaman konsep dalam penelitian ini atau siswa
dikatakan memahami suatu konsep apabila :
a.
Mampu menyatakan ulang
konsep
b.
Mampu
mengklasifikasikan objek-objek sesuai konsep
c.
Mampu memberikan contoh
dari atau menurut konsep
d.
Mampu menyajikan konsep
e.
Mengaplikasikan konsep
atau algoritma pemecahan masalah.