a.
Teori
Dasar Mencongak
Mencongak adalah metode menghitung di
luar kepala, dengan ingatan saja dan siswa cukup menuliskan hasilnya (Isbah
Khoiri, http://
isbahkhoiri.blogspot.com/diakses pada 2/02/2013).
Menurut Alim,
(dalam Itroh Maesaroh, 2011;6 http://
auroralubna.files.wordpress.com/diakses
pada 2/02/2013), “Pengertian
mencongak dalam matematika adalah menghitung di luar kepala tanpa menggunakan
alat bantu dan langsung menuliskan hasilnya”. Materi yang digunakan untuk
kegiatan mencongak adalah materi yang telah dihafal oleh siswa, dan
pelaksanaannya dalam waktu yang relatif singkat.
Dengan pelaksanaan yang kontinu
(berkesinambungan, terus-menerus, dan berkelanjutan) di setiap pelajaran
matematika, maka hasil yang diharapkan adalah siswa akan lebih mudah mengingat
tentang perkalian dan lebih cepat dalam menghitung matematika. Tidak
sekedar ingat dan hafal, tetapi dapat melekat yang sangat rekat dipikiran
siswa, karena terbiasa. Selain
itu, Perkembangan lain yang diharapkan adalah siswa
tidak perlu membuka lagi tabel perkalian mereka, tidak tergantung pada kalkulator,
ataupun menggunakan jarimatika.
Pada awal pelaksanaan mungkin hasil
yang dicapai masih belum memuaskan, tetapi yang penting dari pelaksanaan
mencongak yang rutin adalah proses dan pengalaman belajar yang didapat siswa. Bagi
pengajar, hasil atau nilai yang didapat siswa dapat menjadi acuan untuk
mengetahui kemajuan keterampilan berhitung siswa, juga untuk menentukan
bimbingan khusus kepada siswa-siswa yang masih lemah kemampuan hitungnya.
Mengingat Karakteristik siswa di dalam kelas yang beranekaragam baik gaya
belajar dan kemampuannya.
b. Manfaat
Mencongak
Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari
mencongak, yaitu berkat keterampilan siswa melakukan perhitungan, maka daya pikir
siswa akan bertambah baik. Selain daya pikir, mencongak juga dapat mempertajam
daya ingat siswa (Itroh Maesaroh, 2011: 8). Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa kecepatan dan ketelitian yang diperoleh melalui mencongak akan sangat
bermanfaat bagi ketrampilan siswa di kelas menyelesaikan soal Matematika.