Data Siswa
Nama :
Desty
Tempat Tanggal Lahir :
Agama :
Anak ke :
1 (satu)
Jumlah Saudara :
1 (satu)
Pekerjaan Orang Tua
* Ayah : Swasta
* Ibu : Swasta
Alamat Rumah :
1.
Melaksanakan Identifikasi Kasus
a)
Prestasi belajar standar
b)
Pemahaman terhadap teori kurang
2.
Melaksanakan Diagnosis
a) Tujuan
dilakukan diagnosis adalah untuk mengetahui secara tepat masalah apa yang
dihadapi oleh desty. Serta dapat menemukan penyebab atau latar belakang yang
menyebabkan prestasi belajarnya standar dibandingkan dengan teman-temannya yang
lain. Oleh karena itu apapun penyebab standarnya prestasi desty pasti ada jalan
keluar yang bisa dilakukan atau membantu desty memecahkan masalah yang sedang
dihadapinya.
b) Teknik
wawancara
Saya melakukan Observasi (pengamatan) terhadap prestasi belajar yang
standar dan juga pemahaman terhadap teori teori. Dengan melakukan observasi kepada
desty saya mengharapkan mendapat petunjuk yang pasti tentang masalah apa yang
sebenarnya dihadapi oleh desty sehingga prestasi belajarnya standar dan juga
pemahan terhadap teori kurang, dengan mengetahui masalah yang hadapi oleh desty
maka saya dapat membantu menyelesaikan ataupun membantu memberikan jalan keluar
dari masalah yang sekarang dihadapinya tersebut.
c)
Prosedur Belajar Desty
Melihat hasil dari setiap mata pelajaran. Dengan
begitu maka dapat di simpulkan pada mata pelajaran apa Desty mengalami
kesulitan dalam teori yangdi ajarkan di dalam kelas sehingga nilainya standar.
1. Melihat hasil belajar Desty
pada setiap mata pelajarannya.
2.
Melakukan observasi terhadap
proses pembelajaran yang di lakukan guru pada bidang studi yang nilainya Desty
sangat standar dari teman-temannya yang lain.
3.
Melakukan observasi kepada
Desty sendiri.
d)
Berusaha mengungkapkan latar
belakang
1.
Melakukan wawancara kepada
orang-orang yang dekat dengan Desty seperti orang tua, wali kelas, dan
teman-temannya. Dengan begitu maka akan lebih jelas lagi penyebab Desty kurang
pemahaman terhadap teori yang di jelaskan oleh guru di kelasnya.
3.
Melaksanakan Prognisis
a)
Tujuan dari prognosis ini
adalah untuk menetapkan macam dan teknik pemberian bantuan yang tepat kepada
Desty yang mengalami kesulitan dalam menerima teori-teori pelajaran yang di
ajarkan gurunya di kelas
b)
Teknik.
1.
Desty di pannggil untuk diajak
wawancara. Kemudian jelaskan maksud di panggilnya Desty ke BK dan tanyakan
kenapa prestasi belajarnya standar di bandingkan dengan teman-temannya yang
lain.
2.
maka kita akan mengetahui
penyebab dari prestasi standar yang di alami oleh Desty.
c)
Prosedur
Melihat latar belakang desty yang orientasi hidupnyua adalah
everything is fun, teman-teman adalah segala-galanya, dan senang bergaul dengan
teman-temannya menyebabkan prestasi belajarnya standar dari teman-teman. Maka
dari desty perlu diberikan bimbingan untuk dapat memperbaiki prestasi belajar.
4.
Melaksanakan langkah pemberian Bantuan
a) Tujuan
Tujuan melaksanakan lanngkah pemberian bantuan kepada Desty adalah
agar Desty mampu mengatasi masalahnya yaitu tentang prestasi belajarnya yang
standar. Dengan demikian maka di harapkan prestasi belajar dapat di perbaiki
dan berhasil mencapai hasil belajar yang optimal, meskipun Desty senang bergaul
dan teman-teman adalah segala-galanya serta orientasi hidupnya everything is
fun tidak mempengaruhi prestasi belajarnya.
b)
Teknik
Memilih salah satu teknik pemberian bantuan yang tepat untuk
membantu Desty dalam memecahkan masalahnya yaitu tentang prestasi belajar yang
standar, maka hal yang dapat saya lakukan yaitu adalah:
1.
Memberikan konseling kepada
Desty agar mengutamakan pelajaran supaya prestasi belajar dan minat belajar
Desty meningkat. Dengan begitu Desty yang orientasi hidupnya adalah everything
is fun tetap menomor satukan pendidikannya dan terus meningkatkan prestasi
belajarnya.
5.
Melaksanakan tindak lanjut
a)
Tujuan
Untuk mengetahui sejauh mana hasil pemberian bantuan yang dilakukan konselor
kepada Desty dapat berjalan lancar atau tidak. Maka perlu tindak lanjut dari
konselor yang telah dilakukan untuk dapat mengetahui hasil dari bimbinngan
tersebut dapat membantu Desty memperbaiki prestasi belajarnya atau tidak.
b)
Teknik
Setelah melakukan tidak lanjut terhadap pemberian bimbingan kepada Desty
maka perlu teknik untuk mengetahui hasilnya yaitu dengan melihat hasil tes belajar
Desty setelah beberapa waktu di berikan bimbingan, banyak hal yang dapat
dilakukan untuk mengetahui kemajuan yang di alami Desty yaitu dengan melakukan
pengamatan terhadap hasil tes Desty dan juga perubahan prestasi belajar yang di
alami Desty setela pemberian bimbingan.
c)
Prosedur
1.
Mewawancarai Desty tentang
perubahan prestasi belajar Desty dari waktu ke waktu. Dengan mewawancarai Desty
maka dapat di ketahui hal apa saja yang di dapat Desty tentang perubahan
prestasi belajarnya setelah di berikan bimbingan.
2.
Mewawancarai wali kelas Desty
untuk mengetahui perubahan yang di alami Desty selama ini. Dengan begitu dapat
di ketahui seberapa besar kemajuan belajar Desty setelah di lakukan bimbingan
terhadap Desty. Oleh karena itu orientasi hidup Desty yang everything is fun
tidak mempengaruhi prestasi belajar Desty di sekolah.
3.
Mengadakan pengamatan atau
observasi terhadap Desty. Hal ini di lakukan untuk mengetahui kemajuan apa saja
yang di dapatkan oleh Desty setelah di berikan bimbingan. Prestasi belajar yang
standar Desty dapat di ketahui ada perubahannya atau tidak.
6.
Melaksanakan Pendekatan
Pendekatan ini perlu di lakukan kepada Desty agar Desty dapat memprerbaiki
prestasi belajarnya. Dengan begitu prestasi belajarnya di sekolah akan
meningkat. Oleh karena itu pendekatan ini perlu dilakukan kepada Desty karena
dengan pendekatan kepada Desty maka akan memberikan motivasi atau dorongan
kepada Desty untuk terus memperbaiki prestasi belajarnya. Mativasi, dan
bimbinngan sangat perlu di berikan kepada Desty yang orientasi hidupnya adalah
everything is fun, teman-teman adalah segala-galanya serta bersenang-senang
denngan teman-temannya. Dengan motivasi dan bimbingnan yang di berikan kepada
Desty maka di harapkan Desty dapat memperbaiki prestasi belajarnya di sekolah,
serta dapat bersaing dengan teman-teman yang lain di sekolah tentang prestasi
belajar.